Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Footnote di WPS Office Android

 


Cara Membuat Footnote di WPS Office Android

Cara membuat footnote di WPS Office memakai HP Android dan Iphone dapat dengan mudah dilakukan. Artikel kali ini akan membantu Anda membuat catatan kaki memakai aplikasi WPS Office.


Footnote atau biasa disebut catatan kaki merupakan sumber pendapat atau kutipan berupa teks yang diletakkan dibawah halaman. Bentuk dari catatan kaki berupa rujukan dari sebuah karya tulis maupun buku yang sudah dikutip.


Membuat footnote saat ini sudah bisa dilakukan melalui HP dengan memakai aplikasi bernama WPS Office. Jadi Anda tidak perlu repot-repot lagi membuka Microsoft Word di laptop. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengunduhnya di google play store.

Selain bisa membuat footnote, WPS Office juga bisa digunakan untuk mengetik dokumen Word, Excel, PowerPoint dan PDF. Bisa dibilang aplikasi ini hampir mirip dengan Microsoft Office yang cocok untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di kantor maupun tugas kuliah.

Tips Membuat Footnote yang Benar

Sebelum membuat footnote, ada baiknya jika mengetahui tips atau cara pembuatannya sehingga Anda tidak salah dalam penulisan nantinya. Berikut penulisan footnote yang benar:

  • Penulisan catatan kaki menggunakan spasi 1
  • Catatan kaki diberi nomor
  • Berada di bagian bawah halaman
  • Catatan kaki yang memiliki dua baris, maka kutipan dibawah ditulis dengan margin kiri
  • Memilih jenis font Times New Roman dengan ukuran 10
  • Jika lebih dari satu penulis, tambahkan kata dkk di akhir nama

Cara Membuat Footnote di WPS Office Android

Setelah mengetahui cara membuat footnote dan paham dengan fungsi aplikasi WPS Office yang memiliki segudang manfaat, sekarang kita masuk ketahap pembuatan catatan kaki di WPS Office Android. Namun ada baiknya jika memperbarui aplikasinya agar bisa mendapatan tampilan dan fitur terbaru.


Setelah selesai mengupdate WPS Office, maka Anda kini sudah siap mengikuti tutorialnya, silakan simak penjelasannya dibawah ini:

  • Silakan buka aplikasi WPS Office di HP Anda
  • Kemudian buat file dengan cara membuka dokumen baru, lalu memilih icon tanda tambah (+) > Dokumen > Halaman kosong
  • Namun jika sudah memiliki dokumen yang ingin dibuatkan footnote, maka Anda cukup memilih Menu Pengelola File > Dokumen > Silakan cari file yang ingin di masukkan
  • Setelah masuk ke tampilan halaman kerja, silakan letakkan kursor di area yang ingin dibuatkan footnote
  • Kemudian pilih icon alat di bawah sebelah kiri > Sisipkan > Scrol kebawah sampai menemukan pilihan Catatan Kaki
  • Pilih tool Catatan Kaki lalu silakan mulai membuat sumber rujukan
  • Jika ingin memberikan teks miring (italic) dan tebal (bold). Silakan seleksi kalimat yang ingin di edit lalu pilih icon alat > Depan > lalu pilih efek yang ingin digunakan
  • Setelah selesai membuat catatan kaki, silakan simpan dokumen dengan memilih Icon Save yang berada di atas sebelah kiri
  • Selesai

Dengan mengikuti tutorial di atas sampai selesai maka Anda sudah mahir membuat footnote atau catatan kaki menggunakan aplikasi WPS Office. Berbeda dengan Microsoft Word yang sering digunakan di PC dan laptop. WPS Office memudahkan kita dalam membuat catatan kaki melalui Smartphone Android.


Akhir Kata 

Sekian dulu pembahasan mengenai  cara membuat catatan kaki (footnote) di WPS Office Android. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda. Jika ada yang belum dipahami silakan berikan komentar sehingga saya bisa membantu Anda.

Untuk tutorial WPS Office lainnya, silakan lihat di situs sobat-tutorial yang sudah banyak memberikan tutorial menarik maupun informasi seputar teknologi lainnya. Sekian & Terimakasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Membuat Footnote di WPS Office Android"

close