Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Coreldraw Pemula Dari Nol

 


Tutorial Coreldraw Pemula Dari Nol Mahir Desain

Anda yang masih pemula dalam menggunakan aplikasi CorelDraw, pastinya sering mencari tutorial yang bisa memberikan Anda pelajaran mengenai cara memakai CorelDraw.

Artikel kali ini khusus akan membahas mengenai hal tersebut. Namun pada artikel ini, saya lebih fokus mengajar Anda untuk belajar memakai CorelDraw dalam pengenalan tool dan belajar mendesain. Harapan saya setelah Anda membaca artikel ini, nantinya sudah bisa  membuat jenis desain menggunakan CorelDraw.


Perlu Anda tahu, CorelDraw adalah salah satu aplikasi desain yang sudah dikenal banyak orang dan sering dipakai dalam dunia kerja maupun pendidikan. Itulah kenapa banyak orang ingin belajar CorelDraw.

Maka dari itu, silakan simak tutorial yang saya berikan dan semoga bermanfaat.

Tutorial Coreldraw Pemula Dari Nol

Hal pertama yang harus Anda ketahui dalam belajar CorelDraw adalah tampilan lembar kerja aplikasinya. Perhatikan gambar dibawah ini.

Tutorial Coreldraw Pemula Dari Nol

Pada gambar di atas terdapat berbagai macam tool yang nantinya akan dipakai bekerja, untuk fungsinya sebagai berikut:

Title Bar

Title Bar berfungsi untuk menampilkan informasi berupa nama dokumen yang sedang dikerjakan.

Menu Bar

Menu Bar pada CorelDraw berfungsi untuk menampilkan daftar menu utama yang bisa dipakai untuk mengatur tampilan CorelDraw dan memberikan efek pada gambar maupun objek yang akan di edit.

Tool Bar

Tool Bar berfungsi untuk membantu Anda menyimpan file yang dikerjakan dengan cepat dan mudah, selain itu dapat mempermudah Anda membatalkan perintah yang telah dikerjakan (Undo) dan mengulang sesuatu yang telah dibatalkan (Redo). 

Property Bar

Property Bar berfungsi menampilkan tool yang dapat membantu Anda bekerja, seperti mengatur ukuran kertas, jenis kertas dan bisa membantu membuka lembaran kerja baru.

Color Palette

Color Palette berfungsi menampilkan berbagai macam warna yang bisa digunakan untuk mendesain.

Docker

Docker merupakan kumpulan perintah yang ada di sebelah kanan yang dekat dari Color Palette, fungsi Docker adalah untuk menampilkan perintah tertentu saja seperti Object Manager, Object Properties dan sebagainya.

Toolbox

Tolbox berfungsi menampilkan kumpulan tool yang memiliki fungsi berbeda dan bisa dipakai untuk bekerja, jika ingin mengetahui setiap fungsi toolnya saya sudah membuatkan artikel khusus, silakan cek artikel Fungsi Toolbox Pada Coreldraw.

Cara Memulai Coreldraw X7

  • Untuk cara memulai CorelDraw X7 adalah menginstal terlebih dahulu aplikasinya, kemudian menjalankan aplikasi CorelDraw yang sudah terinstal pada laptop maupun komputer.
  • Untuk langkah awal memulai CorelDraw adalah membuka aplikasinya yang sudah terinstal dengan cara memilih icon aplikasi CorelDraw di dekstop. Silakan klik kiri 2 kali supaya bisa menjalankan aplikasinya.
  • Kegunaan CorelDraw X7 adalah untuk dipakai membuat berbagai macam desain vector yang terdiri dari pamlet, brosur, spanduk dan sebagainya.

Yang bisa dilakukan oleh aplikasi CorelDraw sebagai berikut:

  • Mengedit Foto
  • Membuat desain media promosi
  • Membuat Ilustrasi dan seni
  • Belajar menggambar vector

Contoh Desain Coreldraw dan Cara Membuatnya

Setelah mengetahui fungsi tool pada CorelDraw, saatnya kita belajar cara memakai tool tersebut dengan cara membuat desain ID Card yang terbilang mudah bagi seorang pemula.
  • Langkah pertama silakan buka aplikasi CorelDraw
  • Kemudian silakan pilih Rectangle Tool, yang akan digunakan untuk membuat ID Card
  • Jangan lupa atur unit ukuran yang akan digunakan, disini saya memakai centimeter.
Contoh Desain Coreldraw dan Cara Membuatnya

  • Pilih lagi rectangle tool untuk membuat desain ID Card kemudian klik kanan lalu pilih Convert To Curves agar bisa di tarik sisinya.
Tutorial Coreldraw Pemula

  • Gunakan Shape Tool untuk menarik sudut objek shape

  • Kemudian berikan warna
  • Ulangi lagi untuk desain yang lainnya.
  • Untuk mengatur supaya objek baru bisa dibawah objek lama, silakan klik kanan objek yang kecil kemudian pilih Order > Back On (Ctrl + Pgdn)


  • Pilih Polygon Tool untuk membuat objek Polygon



  • Untuk memasukkan foto ke polygon, klik kanan dan tahan foto lalu drag kedalam objek polygon > Power Clip Inside.

  • Silakan atur foto yang sudah masuk dengan memilih Select Power Clip Contents.


  • Untuk menampilkan garis luar polygon, Anda bisa memakai Polygon Tool kemudian memberikan warna lalu menimpa objek tersebut dibawah foto.
  • Silakan masukkan nama dan data lainnya kedalam Id Card.

Jika masih belum paham cara membuat ID Card, silakan kunjungi Chanel Youtube Saya yaitu MD Desain. Saya sudah membuatkan tutorial desain yang bisa Anda gunakan untuk belajar CorelDraw.

10 Teknik Dasar Coreldraw

Untuk bisa mahir CorelDraw, ada 10 teknik dasar yang bisa Anda pelajari:

1. Drawing Tool

Untuk membuat desain vector, Anda harus menguasai Drawing Tool yang terdiri dari Freehand, 2-Point Line, Bezier, Pen, B-Spline, Polyline, 3-Point Curve dan Smart Drawing.

Diantara beberapa Drawing Tool tersebut, yang sering digunakan banyak orang ialah Pen tool dan Bezier Tool yang penggunaannya sangat mudah dan bisa menghasilkan vector dengan baik.

2. Menambahkan Objek

Menambahkan objek sangat penting dalam pekerjaan desain, misalnya jika ingin membuat kotak dan lingkaran dengan mudah, Anda bisa memakai Tool Rectangle yang khusus disiapkan untuk menambahkan objek tersebut.

3. Memasukkan Text

Desain tidak pernah lepas dari adanya text berupa huruf maupun kalimat. Untuk menambahkan text, Anda akan memakai Text Tool.

4. Mengedit Objek

Untuk mengedit sebuah objek, Anda akan memakai Shape Tool, untuk mengaktifkan tool ini, Anda terlebih dahulu meng klik kanan objek kemudian memilih pilihan Convert To Curve.

5. Menggunakan Garis Luar

Garis luar atau biasa disebut outline, merupakan garis pembatas sebuah objek yang sering digunakan oleh seorang desain grafis.

6. Memasukkan Gambar Kedalam Shape

Untuk memasukkan gambar kedalam objek shape, cara yang sering digunakan yaitu memakai fitur Power Clip Inside dengan melakukan klik kanan pada objek gambar kemudian men drag kedalam objek shape.

7. Memberikan Efek Transparan Objek

Cara ini sering disebut dengan istilah transparency, Anda bisa memakai transparency tool yang memiliki fungsi membuat objek transparan.

8. Membuat Warna Gradiasi

Memberikan gradiasi warna sangat penting dalam dunia desain, maka dari itu pelajari cara membuat gradiasi warna.

9. Save Projek jadi Format Gambar

Biasanya seorang pemula merasa bingung cara mengeksport hasil desain mereka di CorelDraw karena tidak ada format gambar seperti Jpeg dan Png yang didapat pada saat save projek.

Untuk cara mengeksport gambar, silakan pilih menu file kemudian pilih eksport nantinya projek Anda bisa tersimpan dalam bentuk format gambar.

10. Memotong Gambar

Untuk memotong gambar, Anda bisa memakai Crop Tool dan Intersect Tool.

Penutup

Demikianlah tutorial belajar CorelDraw x7 untuk pemula, jika masih belum paham silakan rajin belajar dan perbanyak latihan. Sekian & Terimakasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Tutorial Coreldraw Pemula Dari Nol"