Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Master Data di Excel


 Data master adalah sebuah tempat yang dapat menampung informasi yang terkadang harus di ubah atau diperbarui, dengan adanya master data maka Anda dapat mengubah dan memperbarui data yang akan digunakan sehingga dapat mempercepat waktu pengerjaan dan mengurangi masalah yang tidak di inginkan pada saat bekerja. Misalnya kesalahan dalam mengisi data.

Jika Anda ingin mempelajari cara membuat master data di excel. Maka Anda bisa mengikuti tutorial yang saya berikan supaya bisa meringankan pekerjaan Anda dalam mengolah data di excel.


Saya sendiri sudah sering di suruh oleh bos saya di perusahaan agar membuat master data yang dapat menampung informasi penting dan tentu saja sering digunakan dalam mengerjakan tugas. Apalagi jika teman-teman Anda memiliki banyak tugas yang berbeda sehingga harus mengetahui data apa saja yang mereka butuhkan.

Cara Membuat Master Data di Excel

Dengan menggunakan master data maka Anda dan juga teman kantor lainnya dapat mengetahui format laporan misalnya format label. Jika Anda penasaran dengan proses pembuatan master data di Microsoft Excel maka silakan Anda lihat tutorial dibawah ini.

Cara Membuat Master Data di Excel

Untuk membuat master data sebaiknya sediakan file yang ingin diubah, sebagai contoh pada gambar dibawah ini yang menampilkan daftar pegawai yang menerima gaji dalam bentuk PDF yang sebelumnya di buat di Microsoft Excel.

Cara Membuat Master Data di Excel

Pada gambar tersebut terlihat tabel yang menampilkan kolom gaji pokok, tunjangan, transportasi, total gaji, pajak dan gaji bersih yang dibuat dengan bantuan rumus excel. Jadi, jika ingin membuat data perhitungan maka sebaiknya gunakan rumus excel yang tepat agar tidak salah pada saat melakukan perhitungan.


Terdapat juga dua sheet yang saling berkaitan seperti pada sheet pertama merupakan data yang sudah dimasukkan sedangkan sheet kedua merupakan detail gaji dan potongan pajak yang menjadi patokan dari gaji yang ingin di masukkan di sheet pertama.

Cara Membuat Master Data di Excel
sheet pertama

Untuk sheet kedua yaitu tabel gaji pegawai dan tabel potongan pajak yang memiliki informasi yang bisa diubah misalnya gaji pokok, tunjangan, maupun potongan pajak. Untuk sheet tabel gaji dan potongan pajak kita tidak memasukkan rumus karena hanya sebagai tempat mengambil dan melihat data yang ingin di masukkan kedalam daftar gaji pegawai (sheet pertama).

Cara Membuat Master Data di Excel
sheet kedua

Seperti yang sudah Anda lihat pada contoh gambar diatas terdapat dua tabel yaitu tabel gaji dan tabel potongan pajak yang disesuaikan dengan golongan pegawai mulai dari Gol 1A sampai 1D. Sehingga bisa diketahui kesimpulannya seperti pada tabel dibawah ini.

   
Golongan Pegawai   
   
Berada pada kolom A baris ke 3   sampai 6   
   
Gaji Pokok   
   
Berada pada Kolom B baris ke 3   sampai 6   
   
Tunjangan   
   
Berada pada kolom C baris ke 3   sampai 6   
   
Transportasi   
   
Berada pada kolom D baris ke 3   sampai 6   
   
Potongan Pajak   
   
Berada pada kolom G sampai J   

Kemudian perhatikan gambar selanjutnya yaitu daftar pegawai yang menerima gaji. Seperti yang Anda lihat terdapat kolom yang menampilkan daftar gaji pegawai yang dibagi dalam 3 jenis yaitu gaji pokok, tunjangan dan transportasi yang didapatkan dari data yang ada di sheet kedua.


Agar bisa menghubungkan dengan data yang ada pada sheet pertama, Anda harus memberikan nama tabel tersebut, untuk caranya adalah dengan menyeleksi semua data yang ada pada tabel gaji dan potongan pajak kecuali judul tabel.

Cara Membuat Master Data di Excel

Kemudian klik kanan > Define Name. Kemudian akan tampil jendela kecil dan silakan masukkan nama tabel yang Anda inginkan.

Jika sudah. Anda dapat menyesuaikan dengan data yang ada di sheet kedua seperti yang sudah saya lakukan, maka Anda bisa menggunakan rumus yang dibutuhkan. Misalnya rumus Vlookup dan Hlookup.

Cara Membuat Master Data di Excel

Sebagai contoh saya memasukkan rumus Vlookup yang menampilkan =VLOOKUP(B4;GAJI;2) yang artinya B4 (Nama Pegawai), Gaji (Nama Tabel) dan angka 2 (Kolom Gaji Pegawai Baris Kedua). Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar dibawah ini.

Sehingga jika ada data gaji pegawa yang ingi diubah, Anda cukup mengubah data yang ada di sheet kedua yaitu tabel gaji dan potongan pajak. Jadi Anda tidak usah mengubah data yang ada di sheet pertama karena data yang dimasukkan sudah disesuaikan dengan data yang ada di sheet kedua.

Kecuali jika Anda ingin mengubah data yang tidak memakai rumus, maka wajib Anda ubah di sheet pertama. Misalnya Nama Pegawai yang tidak memakai rumus excel.


Dengan mengikuti tutorial ini, maka Anda sudah bisa membuat master data di Microsoft Excel yang bisa membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan cepat.

Akhir Kata 
Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat master data di excel. Semoga dengan mengikuti tutorial yang saya berikan, Anda sudah bisa mahir membuat master data dan menggunakannya sesuai dengan keperluan kerja. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Membuat Master Data di Excel"