Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word


 Terkadang ada kasus dimana dokumen word yang sudah dibuat menjadi tidak rapi, misalnya spasi yang sudah diatur menjadi berantakan. Bagi orang yang ingin mengerjakan tugas, tentu hal ini sangat merepotkan.

Penyebab spasi menjadi berantakan adalah karena mengambil dokumen yang ada di internet, sehingga spasi yang sebelumnya sudah di atur oleh pemilik dokumen tersebut menjadi berantakan saat dibuka di laptop kita.


Selain itu. Masalah lainnya terjadi pada saat membuka dokumen word di versi Microsoft Word yang berbeda. Misalnya mengerjakan tugas di word 2010 dan ingin membuka dokumen yang telah dibuat di word 2013, sehingga kadang akan membuat spasi yang sebelumnya rapi menjadi terlihat berantakan.

Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word


Namun Anda tidak usah khawatir karena saya sudah menemukan solusi agar spasi yang sudah diatur menjadi tidak berantakan. Jika penasaran dengan caranya, silakan Anda simak tutorial dibawah ini.

3 Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word

Ada 3 cara yang bisa Anda coba agar spasi yang berantakan menjadi rapi seperti semula. Adapun caranya yaitu menghilangkan format spasi, mengubah file dokumen menjadi 2003 dan memanfaatkan software bawaan Windows yaitu Notepad.

Menghilangkan Format Spasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu menghilangkan format spasi yang sebelumnya sudah diatur oleh pemilik dokumen tersebut. Cara ini biasa dilakukan jika Anda mengambil file word di internet namun pada saat dibuka ternyata spasinya menjadi tidak rapi.


  • Langkah pertama, buka dokumen word yang ingin Anda atur spasinya
  • Setelah itu, pilih menu Home > Styles. Disini Anda blok atau seleksi semua paragraf yang terlihat berantakan, lalu pilih Clear Formatting
Menghilangkan Format Spasi
  • Selanjutnya pilih menu Home > Paragraph. Pada tampilan jendela Paragraph, pilih bagian Spacing dan isikan angka nol kedalam kolom Before dan After
  • Kemudian pada bagian Line Spacing, Anda pilih 1,5 Lines. Tekan OK untuk menyimpan perubahan
  • Selesai, spasi yang awalnya berantakan kini sudah menjadi rapi

Mengubah File Dokumen Menjadi Word 2003

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah mengubah dokumen Anda menjadi format word 2003. Cara ini dilakukan agar dokumen yang sudah diketik bisa menjadi rapi pada saat dipindahkan ke laptop lain yang menggunakan Microsoft Word yang versinya berbeda dengan punya Anda. Dengan begitu maka spasi dan pengaturan lainnya tidak akan berantakan.

  • Pada tampilan Microsoft Word, pilih menu File > Save AS
  • Lalu pada opsi Save as Type, Anda ubah menjadi Word 97-2003 Document
Mengubah File Dokumen Menjadi Word 2003
  • Kemudian pilih lokasi file dimana akan tersimpan. Jika sudah, pilih tombol Save untuk menyimpan dokumen
  • Selesai

Mengatur Spasi Menggunakan Notepad

Notepad merupakan software editor teks milik sistem operasi Windows. Dengan menggunakan Notepad maka Anda bisa memperbaiki spasi yang berantakan akibat copy paste.


Berikut langkah-langkah dalam memperbaiki spasi dokumen menggunakan Notepad:

  • Pada tampilan Windows, pilih icon pencarian dibagian bawah sebelah kiri. Jika tidak menemukannya, silakan tekan icon Windows + S di keyboard laptop Anda
  • Kemudian ketikkan Notepad di kolom pencarian. Jika sudah muncul, silakan Anda klik
Mengatur Spasi Menggunakan Notepad
  • Langkah terakhir, Anda copy semua teks pada paragraf yang memiliki spasi yang berantakan, kemudian Anda paste kedalam Notepad. Jika sudah, Anda copy lagi teks kedalam dokumen Word. Maka secara otomatis spasi sudah menjadi rapi
  • Selesai

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara memperbaiki spasi yang berantakan di Microsoft Word. Semoga dengan mengikuti tutorial yang sudah saya bagikan dapat membuat spasi pada dokumen Anda menjadi rapi dan tidak berantakan lagi. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word"

close