Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Rumus di Excel


 Menghilangkan rumus di Excel sering dilakukan pada saat ingin mengirimkan laporan kepada instansi, agar rumus yang digunakan tidak akan diedit. Hal ini juga harus Anda lakukan jika file laporan yang dikirim sangat penting, maka dari itu dengan menghapus rumus yang sudah digunakan maka dapat mengantisipasi adanya perubahan data yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Selain alasan diatas. Biasanya juga dilakukan oleh tim penguji yang akan melakukan ujian excel untuk pelajar dan pelamar kerja. Dengan menghilangkan rumus, maka mereka yang mengikuti ujian tidak dapat mengetahui rumus yang sedang digunakan.

Baik ujian maupun test lowongan pekerjaan selalunya memberikan ujian office yang berisikan soal excel yang harus dikerjakan. Jika Anda merupakan salah satu penguji maka mengetahui cara menghilangkan rumus di excel harus wajib Anda tahu.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah memberikan tutorial mengenai cara menambah kolom dan baris di excel. Nah pada pembahasan selanjutnya kita akan belajar cara menghapus atau menghilangkan rumus yang sudah digunakan. Untuk lebih jelasnya, silakan Anda simak pembahasan dibawah ini.

Cara Menghilangkan Rumus di Excel


Sebagai contoh, disini saya membuat tabel gaji pegawai yang berisikan rumus Vlookup dan Hlookup. Dengan menghilangkan rumus yang dibuat maka orang lain yang akan menerima data ini tidak dapat melakukan tindak kecurangan. Untuk menghapus rumus yang ada caranya cukup mudah yaitu seleksi semua data yang ada didalam tabel.

Cara Menghilangkan Rumus di Excel

Kemudian copy semua data yang ingin Anda hilangkan rumusnya dengan cara memakai tombol keyboard CTRL + C. Lalu buat lembaran baru atau Sheet baru. Setelah itu klik kanan > Paste Spesial > Values. Dengan memilih paste spesial jenis values maka rumus excel yang sudah Anda gunakan tidak akan ikut tercopy. Sehingga rumus dengan sendirinya akan hilang pada saat Anda pastekan ke halaman baru.

Cara Menghilangkan Rumus di Excel

Perlu Anda tahu, Anda juga bisa paste laporan kehalaman yang sama asalkan di tempat yang isinya masih kosong. Seperti yang sudah Anda lihat, rumus yang Ada di kolom gaji pokok sudah hilang.

Dengan mengikuti tutorial di atas, Anda dapat menghilangkan rumus di excel saat copy paste, menghilangkan rumus value, vlookup dan hlookup. Begitupun dengan rumus excel yang lainnya.

Adapun fungsi paste spesial yang harus Anda tahu:

  • Paste spesial All dapat digunakan jika ingin mengcopy semua isi tabel kecuali rumus, Anda dapat menyalin data yang ada ke lembar kerja lainnya
  • Paste sepesial Values berfungsi untuk menyalin atau mengcopy data tanpa menyertakan rumus yang sudah dibuat
  • Paste spesial Formulas bisa digunakan untuk menyalin dan menempelkan rumus dari data yang sudah disalin
  • Paste spesial Formats digunakan untuk menduplikat format cell tanpa rumus
  • Paste spesial Comment memiliki fungsi untuk mengcopy comment yang ada pada cell yang sudah disalin
  • Paste spesial Validation digunakan untuk menyalin validasi data yang diinginkan

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara menghilangkan rumus di excel. Semoga dengan mengikuti tutorial yang saya buat, Anda sudah bisa menghilangkan rumus yang ada di file laporan Anda. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Rumus di Excel"

close