Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Shape Transparan di PowerPoint


 Shape merupakan suatu objek yang memiliki bentuk beraneka ragam seperti kotak, lingkaran, segitiga dan lain sebagainya. Biasanya objek shape sering digunakan di Microsoft Word, Excel dan Powe Point.

Anda dapat mengedit warna dan bentuk shape sesuka hati. Misalnya membuat shape transparan di PowerPoint agar terlihat lebih menarik pada saat ditambahkan ke dalam slide presentasi. Adapun fungsi dari shape adalah untuk memasukkan gambar-gambar yang dibuat dalam bentuk beraneka ragam seperti lingkaran dan persegi.


Pada Microsoft PowerPoint terdapat tools yang bisa memasukkan dan membuat shape dengan mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai macam bentuk sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Shape Transparan di PowerPoint

Setela memasukkan shape. Anda juga bisa mengedit objek shape menjadi terlihat transparan. Jika penasaran dengan tutorialnya, maka silakan Anda simak pembahasan dibawah ini.

Fungsi Shape Pada PowerPoint

Sebelum masuk ke tutorial membuat shape, Ada baiknya jika Anda mengetahui jenis dan fungsi shape yang ada di PowerPoint.

  • Rectangles fungsi shape rectangles adalah membuat objek 2D seperti persegi, adapun jenis objek persegi yang ada cukup banyak, yang membedakan dengan objek lainnya yaitu ujung persegi yang berbeda seperti ada yang runcing, tumpul, terpotong dan sebagainya.
  • Lines digunakan pada saat Anda ingin membuat garis, arah panah bahkan tanda tangan digital bisa Anda buat dengan memakai shape yang ada di bagian Lines.
  • Basic Shape berfungsi untuk membantu Anda membuat objek bentuk bulat, awan, segitiga, wajah orang tersenyum dan sebagainya.
  • Block Arrow berfungsi untuk membuat tanda panah yang bisa digunakan sebagai arah penunjuk pada teks dan gambar. Untuk arah panah yang ada di Block Arrow memiliki bentuk lebih besar dan jelas sehingga bisa dimasukkan teks.
  • Equations Shape digunakan untuk membuat lambang perhitungan seperti tambah, kurang, kali dan lainnya. Jadi jika Anda sedang membuat slide presentasi perhitungan, maka dengan memakai Equations Shape bisa membantu Anda membuat lambang perhitungan dengan mudah.

  • Flowchart digunakan untuk membuat struktur organisasi dan bagan. Selain itu, untuk mahasiswa yang sedang menyusun proposal dan skripsi sering memakai flowchart jika ingin membuat sistem yang di usulkan dan langkah-langkah penelitian.
  • Stars and Banners sesuai dengan namanya, Anda dapat membuat shape dalam bentuk bintang dan banner yang bisa digunakan untuk memasukkan teks sebagai judul.
  • Callouts jenis shape yang terakhir yaitu Callouts yang dapat digunakan pada saat membuat objek awan yang terlihat berbentuk keterangan. Terkadang bentuk shape jenis ini sering dipakai untuk sebuah keterangan percakapan.
Bentuk shape yang ada di PowerPoint beraneka ragam sehingga bisa digunakan sesuai keinginan dan bisa dibuat jadi transparan.

Cara Membuat Shape Transparan di PowerPoint


Berikut ini langkah-langkah dalam membuat shape menjadi transparan di PPT:

  • Pertama, buka aplikasi PowerPoint yang sering Anda gunakan, bisa PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016 dan lainnya.
  • Kemudian buat slide baru atau bisa juga Anda masukkan slide yang sudah Anda siapkan
  • Selanjutnya pilih menu Insert > Shapes. Pada tool shapes, Anda bisa melihat kumpulan objek shape yang bisa dipilih sesuka hati. Misalnya disini saya ingin menyisipkan bentuk kotak ke dalam slide. Caranya yaitu klik shape lalu drag ke area slide yang sudah dibuat. Seperti pada contoh gambar dibawah ini
  • Setelah shape berhasil dimasukkan. Silakan Anda atur ukuran dan warna dari shape yang sudah ditambahkan.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat shape menjadi transparan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu klik kanan shape > Format Shape, lalu pilih menu Fill yang muncul disebelah kanan
  • Pada tampilan menu Fill. Perhatikan dibagian Transparency, untuk membuat shape transparan, Anda tarik garis Transparency ke arah kanan agar objek menjadi transparan

  • Selesai. Shape yang sudah ditambahkan sudah menjadi transparan

Membuat Gambar Transparan di PPT

Bagaimana cara membuat gambar transparan di PPT? Selain membuat shape transparan. Anda juga bisa membuat gambar menjadi transparan di PowerPoint. Untuk caranya hampir sama dengan tutorial di atas.

Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, masukkan gambar ke dalam slide PowerPoint. Dengan cara memilih menu Insert > Picture
  • Selanjutnya, atur posisi dan ukuran gambar sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Lalu klik kanan gambar dan pilih Format Picture
  • Pada tampilan panel format Picture, Anda pilih menu yang ada dibagian paling kanan, lalu klik panah sebelum Picture Transparency
  • Lalu masukkan angka presentase dari capasitas gambar agar gambar menjadi transparan

Dengan mengikuti tutorial di atas, maka Anda dapat mengetahui cara membuat shape dan gambar menjadi terlihat transparan di PowerPoint. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan video di PowerPoint. Sehingga shape, gambar dan video bisa Anda masukkan ke dalam slide.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat shape transparan di PowerPoint. Semoga dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memahami bagaimana menampilkan objek shape menjadi terlihat transparan. Sekian dan terima kasih.

Artikel PowerPoint Lainnya:

Post a Comment for "Cara Membuat Shape Transparan di PowerPoint"

close