Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs


 Google Docs merupakan platform yang memiliki fungsi yang mirip dengan Microsoft Word, dimana pengguna dapat membuat dan mengolah dokumen yang sedang dikerjakan. Dengan memiliki fitur yang hampir sama, maka Anda dapat membuat daftar pustaka di Google Docs.

Daftar pustaka sudah sering digunakan untuk menyusun daftar kutipan yang dibuat, misalnya pada saat mencantumkan sumber kutipan yang diambil dari buku, jurnal, website dan lainnya.


Tanpa adanya daftar pustaka dapat membuat laporan Anda dicap plagiat dan tidak dapat memberikan sumber rujukan yang relevan. Maka dari itu, pentingnya membuat daftar pustaka baik secara otomatis maupun manual.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs

Cara membuat daftar pustaka di Google Docs dapat dengan mudah dilakukan karena di platform ini sudah menyediakan fitur yang dapat membantu pengguna untuk membuat daftar pustaka otomatis dengan cara memasukkan sumber, pengarang, tahun terbit dan lainnya.

Jika Anda sedang membuat proposal, skripsi dan jenis laporan lainnya di Google Docs. Maka Anda wajib mengikuti tutorial yang akan saya berikan. Pada pembahasan kali ini saya sudah membuatkan tutorial mengenai cara membuat daftar pustaka di Google Docs.

Jadi jika ingin belajar membuatnya, luangkan waktu Anda sebentar untuk membaca artikel ini.

Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs


Untuk bisa mengakses Google Docs dibutuhkan browser seperti Google Chrome, Mozilla dan sejenisnya. Kemudian kunjungi halaman Google Docs. Jadi Anda yang ingin mengerjaka tugas di platform ini wajib memiliki koneksi jaringan yang baik agar tidak mengganggu pekerjaan Anda.

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat daftar pustaka di Google Docs:

  • Buka browser Google Chrome atau sejenisnya, lalu kunjungi halaman Google Docs.
  • Setelah masuk ke halaman Google Docs, klik icon garis tiga dibagian sebelah kiri. Lalu pilih menu Dokumen.
Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs
  • Jika Anda belum memiliki dokumen, maka silakan pilih halaman kosong. Namun bila Anda ingin memasukkan dokumen yang sudah dibuat, maka pilih ikon folder.
  • Jika dokumen Anda sudah masuk atau Anda telam masuk di halaman kerja. Silakan pilih Menu Alat > Kutipan. Jangan lupa letakkan kursor di halaman terakhir agar daftar pustaka bisa dibuat di akhir halaman.

  • Kemudian muncul jendela kutipan yang berada disamping kanan. Sebelum membuat daftar pustaka, tentukan dahulu style yang ingin digunakan. Ada tiga style yang bisa Anda pilih yaitu MLA (edisi ke 8), APA (edisi ke 7) dan Chicago Author-Date (Edisi ke 17).
  • Anda bisa memakai style APA (edisi ke 7) karena sudah sering digunakan oleh pengguna Google Docs lainnya. Kemudian pilih tombol Tambahkan Sumber Kutipan.

  • Langkah selanjutnya yaitu memilih sumber kutipan, misalnya buku, artikel, situs website, koran dan lainnya. Pada bagian menu Diakses oleh, pilih dalam bentuk cetak jika sumber yang dikutip didapat dalam media cetak. Untuk sumber lainnya yaitu situs dan database online.

  • Setelah selesai, akan muncul lagi kolom yang harus diisi. Seperti nama penulis yang diawali nama depan, tengah dan nama belakang penulis. Lalu mengisi referensi lainnya yaitu nama perusahaan, judul, penerbit, tahun terbit dan sebagainya. Jika sudah selesai diisi, klik tombol Tambah Sumber Kutipan.
  • Tunggu beberapa saat sampai Google Docs menampilkan daftar pustaka yang sudah dibuat. Seperti contoh pada gambar dibawah ini.

  • Langkah terakhir pilih tombol Sisipkan Referensi agar daftar pustaka masuk di dokumen Anda.

Dengan mengikuti tutorial di atas, maka Anda sudah tahu cara membuat daftar pustaka otomatis di Google Docs. Anda tidak perlu khawatir mengenai daftar pustaka yang dibuat karena telah diatur sesuai arahan dari Google Docs sendiri.


Selain membuat daftar pustaka. Anda juga bisa belajar membuat pangkat di Google Docs yang proses pembuatannya sangat mudan dan cepat.

Tips Membuat Daftar Pustaka di Google Docs

Berikut ini beberapa tips dalam membuat daftar pustaka di Google Docs yang dapat Anda pelajari:

  1. Cara mencantumkan sumber daftar pustaka disesuaikan dengan sumber rujukan, misalnya sumber kalimat atau paragraf yang diambil berasal dari buku, maka format penulisan daftar pustaka untuk buku harus dimasukkan sesuai kaidah penulisan.
  2. Sebelum membuat daftar pustaka. Sebaiknya buatlah terlebih dahulu dokumen atau jika sudah ada silakan Anda masukkan ke dalam halaman kerja Google Docs.
  3. Google Docs bisa digunakan di Smartphone Android, iOS dan perangkat lainnya seperti PC, Laptop dan Tablet. Jadi Anda dapat lebih mudah mengerjakan tugas dan membuat daftar pustaka dimanapun dan kapanpun.
  4. Pada saat membuat daftar pustaka di Google Docs, akan memerlukan jaringan internet. Usahakan jaringan yang digunakan stabil atau baik agar pekerjaan Anda tidak terhambar karena masalah jaringan yang kurang baik.

Manfaat Membuat Daftar Pustaka di Google Docs

Adapun manfaat dalam membuat daftar pustaka di Google Docs sebagai berikut:

  1. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa Google Docs memiliki fungsi yang mirip dengan Word. Seperti dapat memasukkan dokumen yang sudah dibuat di Microsoft Word ke dalam  Google Docs.
  2. Jika Anda sudah membuat dokumen di Word dan ingin membuat daftar pustaka melalui Google Docs, maka Anda dapat melakukannya sehingga mempermudah pekerjaan Anda.
  3. Jika Anda lupa membawa laptop dan sedang membutuhkan software atau platform yang dapat membuka file Word, maka Anda dapat menggunakan halaman Google Docs yang bisa diakses di internet.
  4. Membuat daftar pustaka di Google Docs tidak membutuhkan waktu lama karena sudah memiliki fitur sumber kutipan yang dapat digunakan secara gratis dan mudah dipahami.
  5. Manfaat lainnya yaitu tidak perlu khawatir mengenai penyimpanan memori Anda karena Google Docs bisa diakses tanpa perlu menginstal aplikasinya. Cukup kunjungi halamannya di internet dan mulailah mengerjakan tugas.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat daftar pustaka di Google Docs. Semoga dengan adanya tutorial ini dapat membantu Anda dalam mengerjakan daftar pustaka yang prosesnya memakan waktu lumayan lama. Namun dengan adanya Google Docs maka dapat mudah dikerjakan. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs"