Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Suara Video di Kinemaster

 

Cara Menghilangkan Suara Video di Kinemaster

Menghilangkan suara pada video sering dilakukan agar suara yang bising dan mengganggu tidak akan ditampilkan pada saat proses mengedit video maupun pemutaran video. Pada perangkat Smartphone ada banyak aplikasi edit video yang dapat menghilangkan suara, salah satunya adalah Kinemaster.


Cara menghilangkan suara di Kinemaster cukup mudah dilakukan, Anda hanya perlu memasukkan video ke dalam aplikasi lalu mengatur volume suara menjadi nol dengan menggunakan tool yang sudah disediakan oleh Kinemaster.

Lebih bagusnya lagi tool dan tampilan interface dari Kinemaster sangat mudah dimengerti, jadi jika Anda masih pemula dalam menggunakan aplikasi ini, maka tidak perlu khawatir. Saya sendiri sudah mahir dalam memakai aplikasi Kinemaster dalam beberapa hari saja.


Jika telah berhasil menghapus suara video, maka tentu Anda dapat menambahkan backsound sesuai dengan kebutuhan. Nah, pada pembahasan kali ini sobat-tutorial membahas mengenai bagaimana menghilangkan suara yang ada pada video dengan memakai aplikasi Kinemaster. Untuk tutorialnya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Menghilangkan Suara di Kinemaster

Perlu Anda tahu, suara yang dapat dihilangkan di Kinemaster yaitu suara yang ada dalam video dan musik. Berikut langkah-langkah dalam menghilangkan suara.

  • Pertama buka aplikasi Kinemaster yang sudah Anda instal.
Cara Menghilangkan Suara Video di Kinemaster
  • Lalu pilih tombol Media untuk memasukkan video yang ingin dihilangkan suaranya. Jangan lupa tentukan aspect rasio video Anda. Sebagai contoh disini saya gunakan aspect ratio 16:9.
Cara Menghilangkan Suara Video di Kinemaster
  • Setelah video berhasil dimasukkan, silahkan klik video dan pilih Tool Suara.
  • Pada pilihan Suara, atur suara sampai 0% agar video bisa dihilangkan suaranya.
Cara Menghilangkan Suara Video di Kinemaster
  • Tekan tombol Centang untuk menyimpan perubahan.
  • Langkah terakhir, putar video tersebut dengan menekan tombol Play. Jika video sudah tidak menampilkan suara, maka Anda sudah berhasil.
  • Selesai.

Pada Kinemaster, Anda juga dapat memotong musik atau audio, sehingga bisa menyesuaikan dengan durasi video yang dibuat.

Baca juga:

Menghilangkan Suara Bising di Kinemaster


Suara bising sering ditemukan didalam video yang direkam, sehingga mengharuskan kita untuk menghapus suara bisinig tersebut. Dengan menggunakan aplikasi Kinemaster, maka Anda dapat melakukannya dengan mudah. Untuk tutorialnya dapat dilihat dibawah ini.

  • Pada tampilan halaman kerja, klik video yang memiliki suara bising.
  • Lalu putar videonya, cari di durasi keberapa video tersebut memiliki suara bising. Perhatikan garis merah yang ada pada layer, sesuaikan garis tersebut dengan durasi video yang memiliki suara yang mengganggu.
  • Jika sudah menemukan suara bising tersebut, klik video dan pilih tool Gunting.
  • Lalu pada pilihan yang muncul, pilih jenis potongan “Split at Playhead”
  • Tekan tombol centang untuk menyimpan perubahan.
  • Selesai, Anda sudah berhasil menghilangkan suara bising.

Menyimpan video yang sudah dihilangkan suaranya

Setelah selesai mengedit video yang memiliki suara bising dan menggangu. Maka tahap selanjutnya adalah menyimpan video tersebut ke penyimpanan HP Anda. Jika masih pemula dalam memakai Kinemaster dan masih belum tahu cara simpan video. Berikut tutorial yang dapat Anda ikuti.

  • Pada tampilan layer editing. Terdapat tombol Eksport dengan bentuk arah panah atas. Klik tombol tersebut supaya bisa masuk ke jendela pengaturan eksport video.
  • Setelah masuk, Anda akan melihat pengaturan video mulai dari Resolusi, Frame Rate dan Bitrate. Silahkan atur video sesuai denga kebutuhan, untuk menyimpan video dengan kualitas HD, maka pilih resolusi 720p atau 1080p.
  • Terakhir, pilih tombol eksport untuk memulai menyimpan video.

Tips Menghilangkan Suara di Kinemaster

Jika sudah mengikuti tutorial di atas, ada baiknya Anda membaca tips dalam menghapus suara menggunakan Kinemaster, jangan sampai Anda salah hapus yang mengakibatkan video menjadi tidak terlihat menarik.

  1. Tips pertama, dalam menghilangkan suara video maupun musik, di Kinemaster, terdapat tool suara yang berfungsi mengatur volume suara video dan musik. Gunakan tool ini untuk mengecilkan, mengeraskan dan menghapus suara yang dirasa cukup mengganggu.
  2. Dalam proses menghapus suara pada musik, terlebih dahulu cari tau durasi keberapa Anda ingin hapus suara yang muncul. Kemudian potong bagian suara tersebut dan hapus, agar tidak dapat ditampilkan lagi.
  3. Jika tool suara tidak muncul di aplikasi Kinemaster yang Anda gunakan, solusinya yaitu lakukan pembaruan agar fitur yang belum ada dapat ditampilkan.
  4. Perlu Anda tahu bahwa Kinemaster tidak hanya bisa dipakai di perangkat HP, melainkan bisa juga di tablet, PC dan laptop. Jadi Anda dapat menghapus suara video dengan memakai perangkat sesuai kebutuhan.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara menghilangkan suara video di Kinemaster, semoga tutorial ini bermanfaat. Jika ada yang masih belum dipahami, maka berikan komentar supaya sobat-tutorial bisa memberikan arahan kepada Anda. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Suara Video di Kinemaster"

close