Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah Lapisan Video di Kinemaster


 Lapisan video atau biasa disebut layer sering digunakan untuk menempatkan atribut yang nanti digabung ke dalam video, dengan adanya lapisan juga membantu orang untuk merapikan objek yang ada agar tidak berantakan, salah satu aplikasi edit video di HP yang dapat menambah lapisan video adalah Kinemaster.

Cara menambah lapisan video di Kinemaster dapat dilakukan dengan jumlah yang banyak dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bahkan layer untuk musik juga bisa ditambahkan, jadi bukan hanya layer video.


Saat ini ada banyak orang yang hobi membuat video, ini dibuktikan dimana banyak video yang di posting di media sosial. Jika Anda juga berminat membuat video di Kinemaster, maka Anda wajib mengetahui bagaimana menambah layer video, agar memudahkan proses pengeditan.


Untungnya pada pembahasan kali ini, sobat-tutorial membahas mengenai tutorial menambah lapisan video di Kinemaster, sehingga bisa mempelajarinya, apalagi sudah dilengkapi dengan gambar tutorial yang mudah dipahami.

Cara Menambah Lapisan Video di Kinemaster

Sebelum masuk ke tutorialnya, pastikan Anda sudah menginstal Kinemaster di HP yang dipakai, bisa menggunakan HP Android maupun iPhone. Jika sudah, berikut langkah-langkah dalam membuat dan menambah lapisan layer video di Kinemaster:

  • Pertama, buka Kinemaster di HP Anda.
  • Kemudian pilih tombol media dan tentukan jenis aspek rasio yang ingin digunakan, misalnya rasio 16:9.
  • Lalu masukkan video atau objek lainnya, sebagai contoh disini sobat-tutorial memasukkan gambar background warna merah. Jika ingin memilih latar belakang, masuk di pilihan Background. Namun jika mau memasukkan video yang ada di HP, pilih menu Cloud Storage.
Cara Menambah Lapisan Video di Kinemaster
  • Tunggu beberapa saat, nantinya objek yang dipilih akan dimasukkan ke dalam halaman editing yang sudah memiliki satu layer dari objek yang dipilih.
  • Untuk menambah layer, pastikan garis merah berada pada awal video. Setelah itu, klik tombol Layer/Lapisan. Nantinya akan tampil 5 pilihan yaitu Media, Effect, Overlay, Text, Handwriting. Jika ingin menambah lapisan untuk video, maka pilih Media.
Cara Menambah Lapisan Video di Kinemaster
  • Silahkan masukkan video dan nantinya layer baru untuk video dibuat secara otomatis karena sudah memilih pilihan Media.
  • Silahkan atur panjang video dengan memotong durasi video sesuai kebutuhan.
  • Jika ingin menambah lapisan video, Anda cukup memilih tombol Layer > Media.
Cara Menambah Lapisan Video di Kinemaster
  • Langkah terakhir lakukan pengeditan video sesuai kemauan Anda.
  • Setelah itu, pilih tombol Eksport Video untuk menyimpan projek dalam bentuk video.
  • Selesai.


Anda juga dapat memperlambat video di Kinemaster, jika merasa ada bagian yang ingin diberikan efek slow motion yang saat ini cukup viral. Dengan bantuan tool di Kinemaster, tentu Anda dapat mengedit video yang menarik.

Tutorial Kinemaster lainnta:

Menambah Lapisan Video di Kinemaster Tanpa Root

Jika Anda ingin menambah 3 sampai 8 layer di Kinemaster, caranya Anda cek terlebih dahulu spesifikasi HP Anda, apakah bisa membuat sampai 8 layer. Jika sudah, silahkan instal aplikasi MT Manager dan CSV Editor untuk membantu Anda menambahkan layer di Kinemaster.

Mengatasi Maksimum Lapisan Video Terlampaui

Pada saat membuat video di Kinemaster, terkadang ada peringatan yang tampil seperti “maksimum lapisan video terlampaui”, sehingga kita tidak dapat menambah layer lagi. Nah, jika mengalami masalah tersebut, berikut solusi yang sobat-tutorial berikan.

  1. Pangkas video dan bagi secara terpisah. Penyebab lapisan video terlampaui yaitu banyaknya proses pemotongan video sehingga lapisan terus bertambah, maka dari itu silahkan edit dahulu video Anda, kemudian di eksport. Jika sudah barulah mengedit video dengan menambahkan teks, latar belakang dan objek lainnya.
  2. Potong bagian video.  Lakukan pemotongan video yang tidak diperlukan agar proses rendering tidak begitu lama dan tidak memakan banyak lapisan, Anda dapat memotong durasi video di Kinemaster dengan memakai tool Gunting yang sudah disediakan.
  3. Mengurangi pemangkasan video, dengan begitu Anda bisa memakai lapisan video yang diperlukan saja. Berikan efek Gausssian Blur agar bagian video dapat dibuat blur. Namun, Anda harus perhatikan bagian video tersebut tidak usah ditampilkan dan tidak mengurangi kualitas video.
  4. Lakukan update aplikasi, biasanya ada saja aplikasi Kinemaster yang mengalami bug sehingga fitur yang ada tidak bisa dipakai secara maksimal. Maka dari itu, uninstal Kinemaster yang bermasalah dan instal yang baru. Bisa juga Anda update aplikasinya agar fitur yang bermasalah dapat diperbaiki.
  5. Cara terakhir yang dapat Anda coba yaitu, masuk di menu pengaturan dan pilih opsi analisis perangkat. Tunggu sampai Kinemaster selesai menganalisis perangkat Anda. Setelah itu, kembali ke menu pengaturan dan pilih menu durasi default foto menjadi 6s dan opsi layer duration 8s.

Dengan mengikuti tutorial di atas, Anda sudah bisa menambah lapisan dan mengatasi lapisan yang terlampaui di Kinemaster.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara menambah lapisan video di Kinemaster, semoga dapat Anda mengerti dan juga bisa bermanfaat. Jika ada yang belum dimengerti, silahkan tinggalkan komentar agar bisa dijelaskan. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menambah Lapisan Video di Kinemaster"