Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Excel Lemot


 Pada tutorial kali ini akan membahas mengenai bagaimana mengatasi Excel lemot atau lambat. Pada saat mengerjakan tugas di Microsoft Excel, terkadang Excel akan mengalami lemot yang cukup mengganggu pekerjaan, sehingga membuat kita harus mencari solusi bagaimana cara mengatasinya. Untungnya sobat-tutorial sudah membuatkan langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Excel Lemot

Baik anak-anak yang sedang menempuh pendidikan maupun orang yang sudah bekerja sering memakai Microsoft Excel yang dapat memudahkan mereka mengolah data. Cara mengatasi Excel lemot sebenarnya cukup mudah dilakuan, dengan catatan Anda harus tahu penyebab dari aplikasi Excel yang lambat dibuka.


Nah mengenai penyebabnya bisa Anda pelajari ditutorial ini yang juga sekaligus menjelasnya bagaimana mengatasi Excel yang lemot. Oleh karena itu, jika tertarik mempelajarinya. Silahkan sediakan waktu beberapa menit saja dalam membaca dan mempraktekan tutorial yang sudah dibuat.

Dengan begitu, Anda dapat mengatasi dan menghindari masalah Excel yang lambat dibuka. Untuk penjelasannya dapat dilihat dibawah ini.

Mengetahui Penyebab Excel yang Lemot

Sebelum mengatasi Excel yang lemot, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Perlu Anda tahu file yang ada dalam Excel biasanya dapat mempengaruhi kinerja dari program tersebut, jika banyak rumus Excel yang digunakan dapat mengakibatkan aplikasi menjadi lambat.


Jadi yang harus Anda lakukan adalah mengecek semua rumus yang digunakan didalam file Excel. Setelah itu, periksa apakah ada bagian elemen yang tidak dibutuhkan. Jika Ada sebaiknya dihapus.

Selain masalah tersebut, versi Microsoft Office yang Anda instal di Laptop juga akan berpengaruh, misalnya Anda menginstal versi Excel 2016 keatas, sedangkan spesifikasi laptop Anda tidak dapat membawa aplikasi Excel 2016, sehingga mengakibatkan Excel menjadi lambat. 

Cara Mengatasi Excel yang Lemot

Setelah mengetahui penyebab Excel yang lambat, berikut ini cara mengatasinya agar Anda bisa menggunakan Excel tanpa lemot:

1. Menginstal versi Microsoft Office yang sesuai spesifikasi laptop

Penyebab Excel lemot bisa datang dari versi yang Anda instal, jika hanya menggunakan laptop dengan spesifikasi biasa atau standar, maka sebaiknya instal Office versi 2010 kebawah yang bisa digunakan untuk laptop yang spesikasinya standar.

2. Melakukan Disable Animasi

Selain cara pertama, kita juga bisa mengatasi Excel yang lambat dengan menonaktifkan animasi. Untuk caranya masuk ke menu Tools di Excel, kemudian pilih bagian Options dan pilih Edit. Setelah itu, silahkan matikan pilihan Provide Feedback With Animation supaya pada saat membuka file Excel tidak terasa lemot.


3. Memeriksa file Hiden Objek

Pada saat Anda menerima file Excel dari teman kerja, biasanya file tersebut memiliki Hiden Objek yang dapat membuat Excel menjadi lambat, sebaiknya beritahu pemilik file apakah dia tidak menyembunyikan data yang cukup banyak di dalam file tersebut.

4. Kendala dari jaringan yang digunakan

Pada saat mengakses Excel melalui jaringan Kantor atau sekolah, dapat mengakibatkan aplikasi Excel akan menjadi lemot, karena jaringan yang dipakai terkadang kurang cepat. Solusinya silahkan hubungi orang yang paham masalah jaringan agar bisa mengecek kecepatan jaringan yang digunakan.

5. Memeriksa rumus Excel yang rusak

Rumus yang ada pada Excel dapat memudahkan pekerjaan kita, namun jika menggunakan banyak rumus dalam satu halaman dapat mengakibatkan program Excel sulit mengeksekusi perintah yang diberikan, sehingga memerlukan waktu cukup lama untuk membuka file tersebut.

Apalagi jika rumus yang dimasukkan ternyata mengalami Error sehingga membuat laptop bekerja lebih keras dalam mengatasi perintah yang Error tersebut. Untuk cara mengatasinya, sebaiknya jangan memasukkan rumus yang salah karena akan membuat program Excel harus mencari tahu kendalanya yang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Selain itu, gunakan saja rumus yang penting, sebaiknya tidak usah memasukkan rumus penjumlahan jika ada data yang bisa dijumlahkan secara manual agar mengurangi penggunaan rumus. Manfaatkan juga fitur Sheet di Excel agar tidak hanya menggunakan satu halaman saja.

Cara Meningkatkan Kinerja Microsoft Excel

Meningkatkan kinerja Excel juga berperan penting dalam mengatasi program Excel yang lemot.  Adapun caranya dapat dilihat sebagai berikut.

1. Mengubah setting komputer menjadi bahasa Inggris (USA)

Kebanyakan pengguna komputer menggunakan setting Region English (USA) dan bisa meningkatkan proses kalkulasi Excel menjadi lebih baik. Jika masih menggunakan Region dari negara lain sebaiknya ubah ke English USA agar bisa menggunakan Excel dengan kinerja yang lebih bagus dari sebelumnya.

2. Menggunakan Microsoft Excel 64 Bit

Jika ingin menggunakan Excel 64 bit, pastikan laptop dan sistem operasi Anda mendukung aplikasi 64 bit. Untuk cara mengeceknya, masuk di Windows Explorer dan klik kanan This PC > Properties. Dengan memakai Excel 64 bit dapat meningkatkan kinerja Excel pada saat digunakan.

3. Lakukan Disable Add-ins

Add-ins memang sangat berguna, namun dapat juga mengurangi kinerja Excel, oleh karena itu ada baiknya jika di nonaktifkan saja. Untuk caranya, masuk ke menu File > Options, lalu pilih Add-Ins. Lalu ubah pilihan Enable jadi Disable. Klik Go untuk menerapkan perubahan.

Dengan mengikuti penjelasan di atas, maka Anda sudah tahu penyebab dan cara mengatasi Microsoft Excel yang lemot. Adapun tutorial Excel lainnya yang bisa dipelajari sebagai berikut:

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara mengatasi Excel yang lemot, semoga dapat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja program Microsoft Excel. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Excel Lemot"