Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Orang Aktif di Instagram Tanpa DM


 Bagi Anda pengguna aplikasi Instagram, terkadang kita ingin mengetahui kapan teman kita terakhir online tanpa DM. Fitur ini sebenarnya sudah disediakan di IG, namun tidak semua orang mengetahuinya, jika Anda salah satunya maka sebaiknya simak artikel yang sedang dibaca ini.


Mengetahui orang aktif di Instagram tanpa DM sebenarnya mudah untuk dilakukan, dengan memakai fitur ini, kita tidak perlu menghubungi pengguna melalui Direct Message (DM) untuk memeriksa mereka aktif. Ada banyak alasan yang mengharuskan kita untuk melihat pengguna aktif misalnya jika ingin menghubungi mereka pada saat sedang aktif.

Cara Mengetahui Orang Aktif di Instagram Tanpa DM

Sama halnya dengan aplikasi media sosial lainnya, Instagram sering melakukan update dengan menambahkan fitur terbaru yang bisa membuat nyaman pengguna. Berbeda dengan sebelumnya yang masih belum bisa melihat orang aktif di IG, kini sekarang kita sudah bisa mengetahui orang yang aktif tanpa perlu melakukan Direct Message.

Hampir sama dengan Facebook dimana pengguna Instagram bisa melihat orang aktif dengan menampilkan ikon berwarna hijau pada foto profil milik orang lain. Namun perlu Anda tahu bahwa tidak semua orang bisa kita tahu kapan mereka aktif karena pengguna memiliki hak privasi dengan mematikan fitur status aktivitas.

Cara Mengetahui Orang Aktif di Instagram Tanpa DM

Untuk tutorial ini akan dibagi menjadi dua langkah dimana kita terlebih dahulu mengaktifkan fitur status aktivitas yang dapat melihat pengguna yang online. Lalu setelah itu melihat orang yang aktif di Instagram mulai dari teman maupun orang yang mengikuti Anda. Untuk tutorialnya bisa dilihat sebagai berikut.

1. Mengaktifkan fitur status aktivitas

  • Langkah pertama buka aplikasi Instagram melalui perangkat HP yang digunakan.
  • Kemudian masuk di menu Profil Anda. Pada tampilan profil, pilih ikon garis tiga dibagian kanan atas.
  • Lalu pilih menu Pengaturan dan pilih opsi Privasi. Seperti contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengetahui Orang Aktif di Instagram Tanpa DM
  • Nanti Anda diarahkan ke pengaturan privasi, lakukan scroll ke bawah dan pilih opsi Status Aktivitas.
  • Silahkan aktifkan “Tampilkan Status Aktivitas” agar bisa mengizinkan akun yang Anda ikuti dan semua orang yang Anda kirimi pesan untuk melihat kapan Anda dan orang lain terakhir aktif.
Cara Mengetahui Orang Aktif di Instagram Tanpa DM
  • Setelah itu, Aktifkan juga pilihan “Tampilkan Saat Anda Aktif Bersama” yang berfungsi untuk mengizinkan akun yang di ikuti dan semua orang yang Anda kirimi pesan untuk melihat saat Anda berdua aktif di obrolan bersama. Selain itu juga bisa melihat saat mereka aktif di obrolan yang sama.


2. Melihat Orang Aktif di Instagram Tanpa DM

Setelah selesai mengaktifkan fitur status aktivitas, maka tahap selanjutnya adalah melihat atau mengetahui orang yang aktif di IG tanpa perlu melakukan DM. Adapun caranya bisa dilihat di bawah ini.

  • Seperti biasa buka aplikasi Instagram dengan login memakai akun Anda.
  • Lalu pada tampilan beranda, tap ikon Messenger atau pesan dibagian pojok kanan atas.
Cara Mengetahui Orang Aktif di Instagram Tanpa DM
  • Nanti akan diarahkan ke tampilan DM atau Direct Message. Tunggu beberapa saat maka muncul daftar orang yang aktif di Instagram dengan menampilkan profil pengguna dengan ikon titik berwarna hijau yang menandakan mereka sedang aktif. Dengan begitu Anda tidak usah repot-repot melakukan DM.
  • Untuk mengirimkan mereka pesan, lakukan tap pada profil pengguna.
  • Selesai.

Dengan mengikuti tutorial di atas, kini Anda sudah bisa mengetahui cara melihat kapan terakhir online di Instagram tanpa DM. Adapun tutorial yang tidak kalah menarik yang bisa Anda pelajari yaitu cara melihat foto profil Instagram orang lain

Tutorial Instagram lainnya:

Cara Melihat Kapan Terakhir Online di Instagram Tanpa DM

Selain melihat orang aktif, Anda juga bisa melihat kapan terakhir mereka online. Untuk tutorial bisa dipelajari dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Setelah sudah mengaktifkan fitur Status Aktivitas, silahkan kembali ke halaman beranda.
  • Lalu klik ikon messenger di pojok kanan atas.
  • Nanti Anda bisa melihat teman yang pernah dikirimkan pesan. Untuk teman yang tidak aktif maka tidak akan menampilkan ikon warna hijau. Namun jika pernah aktif, maka hanya menampilkan tulisan aktif beberapa menit yang lalu misalnya “aktif 15 menit yang lalu”.
  • Selesai

Perlu di ingat, Anda dan pengguna IG harus mengaktifkan fitur status aktivitas supaya bisa saling mengetahui kapan aktif dan tidak aktif.

Mengatasi Tidak Bisa Melihat Terakhir Aktif Pengguna Instagram

Untuk bisa melihat kapan orang aktif di Instagram, terlebih dahulu Anda sudah mengaktifkan fitur status aktivitas dan pernah mengirimkan pesan ke pengguna lewat DM. Jika belum pernah sama sekali maka Anda tidak akan bisa melihat kapan akun IG pengguna aktif.

Solusi lainnya adalah mengupdate aplikasi Instagram yang digunakan agar fitur status aktivitas bisa Anda dapatkan yang berfungsi mengetahui siapa saja yang sedang aktif.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara mengetahui orang yang sedang aktif di Instagram, semoga bisa dengan mudah dimengerti. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar agar bisa diberikan jawaban. Jangan lupa bagikan tutorial ini agar pengguna lain bisa mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Orang Aktif di Instagram Tanpa DM"

close