Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Garis Vertikal di Word


 Garis vertikal ialah bentuk garis yang posisinya tegak lurus dari atas sampai bawah. Biasanya garis ini dipakai untuk membuat bangun datar yang ada pada soal matematika. Selain itu juga sering digunakan untuk menggambar tabel dan diagram. Biasanya pada saat membuat garis di Microsoft Word kita kesulitan untuk meluruskan garis agar tidak terlihat patah atau bengkok.


Cara membuat garis vertikal di Word akan menjadi pembahasan utama dalam artikel ini. Meskipun caranya cukup mudah dilakukan namun ternyata masih ada saja pengguna Microsoft Word yang belum bisa membuatnya. Jadi bagi Anda yang masih belum mengetahui caranya maka sebaiknya simak tutorial yang diberikan.

Microsoft Word adalah aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata dengan cara mengetik kalimat dan paragraf menggunakan Keyboard. Dengan menggunakan aplikasi bawaan Office ini maka pengguna bisa mengerjakan tugas berupa laporan, skripsi, makalah dan sebagainya.


Sering kita jumpai di setiap pekerjaan yang diketik sering ditemukan garis vertikal yang harus dibuat sehingga kita yang bekerja memakai Word sebaiknya mengetahui bagaimana cara membentuk sebuah garis vertikal ke dalam halaman kerja Word. Untuk tutorialnya bisa dipelajari di bawah ini.

Cara Membuat Garis Vertikal di Word


Berikut langkah-langkah dalam membuat garis vertikal di Microsoft Word:

  • Pertama buka aplikasi Microsoft Word yang Anda pakai. Sebagai contoh di tutorial ini menggunakan Word 2013. Anda dapat memakai versi lainnya jika tidak memiliki versi yang saya gunakan.
  • Setelah masuk ke halaman kerja, pilih menu Insert > Shapes. Pilih jenis Shape Line yang berbentuk garis. Seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Garis Vertikal di Word
  • Kemudian tarik garis dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas sambil menekan tombol Shift pada keyboard agar garis vertikal nanti bisa lurus.
  • Jika sudah, selanjutnya mengatur ketebalan garis dengan memilih menu Format > Shape Outline.
  • Pilih opsi Weight dan nanti Anda bisa memilih ketebalan garis sesuai kebutuhan misalnya 1/4 pt, 1/2 pt, 3/4, 1pt dan lainnya.
  • Untuk mewarnai garis pilih opsi Theme Color, gunakan warna yang sudah tersedia.
  • Selesai.

Selain di Word, Anda juga bisa membuat garis vertikal di Excel dan PowerPoint yang caranya mirip dengan di atas. Untuk menarik garis vertikal agar lurus dan tidak patah, caranya tekan tombol Shift pada Keyboard sambil menarik garis tersebut.

Baca juga:

Membuat Garis Vertikal di Word HP

Selain di Laptop dan PC, Microsoft Word juga bisa digunakan melalui HP. Nah jika ingin membuat garis vertikal di Word HP maka sebaiknya pelajari tutorial berikut ini.

  • Buka aplikasi Word di Smartphone yang Anda pakai.
  • Lalu pada tampilan halaman kerja, klik Tab dan ubah jadi menu Sisipkan atau Insert.
  • Kemudian pilih opsi Bentuk dan klik ikon Line atau garis.
  • Silahkan tarik garis membentuk vertikal. Untuk mengubah ukurannya silahkan Anda klik garisnya dan atur ketebalan garis.
  • Jika ingin mengubah bentuk garis vertikal, pilih opsi Gaya Bentuk dan pilih jenis bentuk yang diinginkan.
  • Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat garis vertikal di Word, semoga bisa dimengerti dan bermanfaat untuk Anda. Bagikan artikel ini agar bisa dipelajari oleh pengguna lainnya. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Garis Vertikal di Word"