Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tulisan Vertikal di Excel


 Pada saat kita membuat laporan di Excel, kita biasa diharuskan membuat judul tabel dengan menampilkan tulisan vertikal agar terlihat menarik. Jika Anda ingin menampilkan teks yang memanjang ke bawah atau biasa disebut vertikal maka silahkan simak artikel ini agar bisa mengetahuinya.

Cara membuat tulisan vertikal di Excel sebenarnya mudah untuk dilakukan karena sudah memiliki Tool yang cukup lengkap. Microsoft Excel sudah sering dipakai oleh orang yang bekerja maupun mereka yang menempuh pendidikan sehingga membuat tulisan menjadi vertikal bisa dilakukan siapa saja.


Excel sering digunakan untuk membuat tabel laporan, Anda dapat menampilkan judul vertikal jika dirasa ada bagian baris yang kosong sehingga dapat dimanfaatkan sepenuhnya. Untuk versi Microsoft Excel yang digunakan bisa disesuaikan misalnya Excel 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019.

Cara Membuat Tulisan Vertikal di Excel


Pada tutorial ini kita dapat membuat tulisan horizontal menjadi vertikal di Excel. Adapun tutorialnya bisa dipelajari dengan mudah karena dilengkapi dengan gambar tutorial. Sebagai contoh saya membuat tulisan vertikal pada judul tabel yang ada pada gambar di bawah. Adapun tutorialnya bisa dilihat sebagai berikut.

Cara Membuat Tulisan Vertikal di Excel

  • Langkah pertama buka file Excel di laptop atau PC yang Anda pakai.
  • Setelah masuk ke halaman kerja, klik Cell yang memiliki tulisan yang mau dibuat menjadi vertikal.
  • Lalu pilih Menu Home yang ada di sebelah kiri pada menu Bar.
  • Pada bagian grup Alignment pilih tool Orientation, seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Membuat Tulisan Vertikal di Excel
  • Nanti Anda bisa melihat pilihan orientasi teks seperti Angle Counterclockwise, Angle Clockwise, Vertical Text, Rotate Text Up, Rotate Text Down dan Format Cell Alignment.
  • Untuk membuat tulisan menjadi vertikal atau miring, pilih jenis orientasi Rotate Text Down.
  • Selanjutnya untuk merapikan teks, pilih jenis Midle Alignment dan Center.
  • Selesai.


Selain di Excel, Anda juga dapat membuat tulisan vertikal di tabel Word. Jika ada beberapa Toolbar tidak tampil sebaiknya baca artikel ini Cara Menampilkan Toolbar di Excel. Pada tutorial ini memakai Excel 2013, jika tidak menemukan Tool Orientation pada menu Home sebaiknya cari di menu Insert, Page Layout dan lainnya.

Tutorial Excel lainnya:

Memutar Huruf di Microsoft Excel

Untuk memutar huruf atau tulisan di Excel, gunakan fitur Orientation yang dapat merotasi tulisan menjadi vertikal misalnya ke arah kiri, kanan, atas dan bawah. Jadi kita bisa menyesuaikan arah tulisan vertikal sesuai kemauan. Adapun fitur Orientation ini bisa ditemukan pada menu Home dibagian grup Alignment.

Mengatasi Tulisan Excel Tidak Memanjang Ke Bawah

Jika Anda menemukan tulisan yang sudah dibuat Vertikal namun memanjang ke bawah karena jumlah kata yang cukup banyak maka sebaiknya ikuti tutorial berikut ini:

  • Pertama klik Cell pada teks dan atur lebarnya sesuai kebutuhan.
  • Kemudian pilih Menu Home dan klik opsi Wrap Text. Nanti tulisan vertikal yang memanjang ke bawah dapat menyesuaikan dengan lebar Cell sehingga teks dapat ditampilkan dengan jelas.
  • Selanjutnya atur jenis Alignment menjadi Center agar tulisan bisa ditengah. Jangan lupa juga mengatur ukuran font.
  • Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat tulisan vertikal di Excel, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Bagikan artikel ini agar pengguna Excel lainnya bisa mempelajari tutorial ini. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Tulisan Vertikal di Excel"

close