Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambah Font di Photoshop


 Menambahkan font di Photoshop harus Anda lakukan jika ingin membuat karya desain terlihat menarik. Misalnya ingin membuat spanduk, brosur dan sebagainya, kita harus memakai font yang terlihat menarik agar desain yang dibuat disukai oleh orang. Jika Anda ingin tahu caranya maka simak artikel ini sampai selesai.


Aplikasi Photoshop merupakan salah satu dari sekian aplikasi edit foto dan manipulasi gambar yang sering digunakan di PC maupun Laptop. Anda bisa mendesain dan mengedit secara leluasa menggunakan perangkat lunak ini. Meskipun sudah menyediakan aneka jenis font, namun ternyata masih belum bisa membuat puas pengguna aplikasi ini untuk berkreasi.

Sehingga kita yang mau membuat karya desain harus menambah font ke Photoshop. Sebenarnya Anda dapat melakukannya dengan mudah namun bagi orang yang baru atau masih pemula dalam menggunakan Photoshop terkadang masih kesulitan, sehingga membutuhkan tutorial yang bisa membantunya.

Cara Menambah Font di Photoshop

Kebetulan situs sobat-tutorial sudah membuat artikel yang membahas mengenai cara menambah atau memasukkan font baru ke dalam Photoshop. Jadi Anda bisa mempelajarinya sehingga bisa memilih mana jenis font yang mau ditambahkan.

Cara Menambahkan Font di Photoshop


Untuk tutorialnya bisa dipelajari di bawah ini, namun sebelum itu pastikan Anda memiliki jaringan internet yang terhubung di perangkat PC, Macbook dan Laptop yang dipakai. Setelah itu silahkan siapkan font yang mau ditambahkan, jika belum memiliki font maka silahkan download terlebih dahulu melalui situs dafont. Jika sudah, maka silahkan ikuti langkah-langkah dalam menambah font di Photoshop berikut ini.

1. Masuk di Windows Explorer

Langkah pertama kita masuk di Windows Explorer dengan menekan tombol W + Ikon Windows pada keyboard. Setelah itu buka folder yang berisi font yang nanti ditambahkan ke Photoshop. Adapun format font yang bisa dipakai Photoshop yaitu otf, ttf, pbf dan pfm.

2. Pilih dan klik font

Setelah menemukan font, silahkan di klik kanan dan pilih opsi Instal. Bisa juga Anda klik 2x dan pilih opsi Instal. Jika ingin menginstal font lebih dari satu secara bersamaan maka seleksi font dengan menahan tombol CTRL atau Shift lalu klik kanan dan pilih Instal. Tunggu beberapa saat sampai selesai di Instal.

Cara Menambah Font di Photoshop

3. Buka aplikasi Photoshop

Langkah selanjutnnya adalah mengecek font yang sudah di instal apakah sudah berhasil ditambahkan ke Photoshop. Setelah masuk ke tampilan halaman kerja Photoshop, silahkan pilih tool Text dan mulai mengetikkan tulisan.

Kemudian pilih font melalui menu font dibagian atas layar Photoshop. Silahkan ketikkan nama font yang sudah ditambahkan tadi misalnya “Times New Roman”. Jika font sudah muncul maka Anda sudah berhasil.

Baca juga: Cara menambahkan gambar di Photoshop

Tips Menambahkan Font ke Photoshop

  • Pada saat ingin menambahkan font ke Photoshop, sebaiknya tutup terlebih dahulu aplikasinya agar font yang di instal dapat tampil.
  • Perlu Anda tahu pada saat menginstal font, semua aplikasi atau perangkat lunak pengolah kata maupun editing akan otomatis menambahkan font yang sudah Anda instal jadi tidak usah repot-repot lagi dalam memasukkan font ke aplikasi lainnya.
  • Jika ingin membuat tulisan pada desain terlihat lebih menarik, manfaatkan font bahasa Jepang dan China yang bisa digunakan untuk menghasilkan karya grafis yang tidak kalah menarik.
  • Untuk jenis Font yang bisa ditambahkan ke Photoshop sebaiknya Type True dan Open Type yang sudah pasti dapat digunakan di Photoshop.

Tutorial ini bisa Anda praktekan pada Photoshop Portable maupun tidak. Jadi sesuaikan saja dengan perangkat lunak yang dipakai.

Mengetahui Jenis Font di Photoshop

Untuk dapat mengetahui jenis font yang ada di Photoshop, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini:

  • Langkah pertama buka aplikasi Photoshop.
  • Lalu masukkan gambar yang memiliki font yang ingin Anda tahu naman fontnnya caranya Pilih menu File > Open. Bisa juga menggunakan Shortcut CTRL + O
  • Kemudian pilih Menu Type > Match Font. Nanti muncul jendela baru yang bisa membantu Anda mengetahui jenis Font.
  • Selanjutnya seleksi teks atau tulisan pada gambar yang dimasukkan tadi menggunakan Crop Tool. Nanti Photoshop akan mendeteksi jenis atau nama font tersebut.
  • Selesai.

Akhir Kata

Menambah Font wajib dilakuan jika ingin mengerjakan projek desain agar desain yang dibuat bisa menampilkan tulisan yang menarik. Demikianlah tutorial ini semoga bisa berguna bagi Anda. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Menambah Font di Photoshop"

close