Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengunci File di Google Drive


 Google Drive merupakan layanan penyimpanan gratis yang disediakan oleh Google. Kita bisa menyimpan berbagai macam file seperti dokumen, video, gambar dan musik. Jika Anda sering menyimpan file yang cukup penting di Google Drive sebaiknya amankan dengan mengunci file tersebut agar tidak dapat diambil dan diakses oleh orang yang tidak dikenal.

Cara mengunci file di Google Drive dapat dilakukan melalui verifikasi 2 langkah dan mengamankan link file dengan mengubah menjadi terbatas. Kedua cara ini dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Jika ingin mempelajarinya maka simak baik-baik artikel yang sedang dibaca ini.


Google Drive memberikan penyimpanan gratis sebesar 15 GB sehingga kita bisa mendapatkan tempat menyimpan file secara gratis dan bagusnya lagi dapat diakses dimanapun dan kapanpun asalkan kita memiliki jaringan internet. Hal ini membuat kita pengguna Smartphone memilih layanan Google Drive karena mudah diakses dalam menyimpan dan mengambil file.


Jika Anda sudah terlanjur menyimpan file dokumen penting di akun Drive Anda maka sebaiknya amankan file dengan menguncinya supaya rahasia yang tidak ingin dilihat bisa terjaga. Nah pada tutorial ini membahasa mengenai cara mengunci file Google Drive, jika ingin mengetahuinya maka luangkan waktu membaca penjelasan yang diberikan.

Cara Mengunci File di Google Drive


Perlu Anda tahu untuk menggunakan Google Drive pastikan sudah memiliki akun Gmail agar bisa mengakses Drive melalui HP, laptop dan PC. Sesuaikan saja perangkat yang Anda gunakan. Sebelum mengunci file terlebih dahulu mengupload file yang mau Anda amankan, untuk tutorialnya dapat dilihat sebagai berikut.

  • Langkah pertama buka Google Drive melalui browser Chrome dan sejenisnya dengan menyalin link berikut www.drive.google.com. Jika menggunakan HP Anda bisa membukanya melalui aplikasi Google Drive yang dapat diunduh di Play Store.
  • Masuk ke akun Drive dengan login menggunakan akun Gmail Anda. Jika belum punya sebaiknya buat terlebih dahulu.
  • Setelah masuk ke halaman drive, klik tombol tambah di pojok kanan bawah untuk bisa mengupload file.
  • Anda bisa mengupload file dalam bentuk folder maupun tidak sama sekali, lakukan saja sesuai kemauan Anda.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Melihat Backup WA di Google Drive

Setelah selesai memasukkan file, maka tahap berikutnya adalah mengamankan file Anda. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu pertama menggunakan verifikasi 2 langkah dan cara kedua mengubah link file menjadi terbatas supaya tidak diakses oleh orang lain.


1. Mengunci File di Google Drive dengan Mengubah Link File

Cara yang sering dilakukan untuk mengamankan file Anda di Drive adalah mengubah link file menjadi dibatasi supaya tidak ada orang yang mengakses file Anda. Ini juga bisa dilakukan untuk menyembunyikan file dari orang yang tidak diketahui. Untuk langkah-langkahnya dapat dipelajari sebagai berikut.

  • Pertama masuk di akun Google Drive Anda. Pastikan file yang mau dikunci sudah di upload. Jika memasukkan file ke folder sebaiknya tidak ada file lainnya di dalam folder tersebut karena dapat mengakibatan mengunci semua file yang ada. Jangan sampai ada file yang tidak perlu disembunyikan ikut di dalam folder.
  • Klik ikon titik tiga disamping folder atau file yang mau dikunci dan pilih opsi Kelola orang dan link.
Cara Mengunci File di Google Drive
  • Pada bagian setelan link, ubah menjadi Dibatasi agar hanya orang yang Anda kirimkan link yang bisa mengakses file.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Upload Aplikasi Ke Google Drive

2. Mengunci File di Google Drive melalui Verifikasi 2 Langkah di HP Android

Khusus pengguna HP Android dapat mengamankan file di Google Drive melalui verifikasi 2 langkah. Ini dilakukan supaya akun Google Anda bisa mengakses penyimpanan Drive lebih aman dari sebelumnya. Untuk tutorialnya dapat dipelajari sebagai berikut.

  • Pertama masuk di pengaturan dan pilih opsi pengaturan Aplikasi.
  • Lalu pilih menu Google > Akun Google.
  • Kemudian klik tombol Keamanan yang terletak dibagian atas.
  • Selanjutnya Anda akan melihat tulisan “Login ke Google” disini pilih verifikasi 2 langkah dan klik tombol Mulai.
  • Selesai.

Cara Membatasi Akses Google Drive

Selain mengunci file, pengguna juga bisa membatasi orang yang ingin mengakses Google Drive. Adapun caranya sangat mudah dilakukan yaitu masuk di Google Drive dan klik ikon titik tiga pada file.

Kemudian klik opsi Bagikan dan pada bagian setelan silahkan hapus centangeditor dapat mengubah izin dan berbagi”. Ini juga berguna supaya tidak ada orang yang mendownload atau menyimpan file yang sudah diupload.

Perlu Anda tahu data di Google Drive dapat dilihat oleh orang lain jika Anda memilih untuk membagikan link file Anda. Jika tidak maka konten atau file tidak dapat dilihat karena Drive bersifat pribadi, jadi hanya pengguna yang bisa melihat file yang mereka upload sendiri.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara mengunci file di Google Drive. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dan juga bisa menambah pengetahuan mengenai penyimpanan milik Google ini. Jika dirasa ada yang kurang dimengerti jangan sungkan berkomentar supaya bisa kami pandu. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengunci File di Google Drive"

close