Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Word


 Untuk Anda yang sudah terbiasa mengerjakan tugas melaui Microsoft Word pasti ingin mengetahui lebih banyak mengenai fitur yang ada agar memudahkan kita pada saat bekerja. Misalnya fitur yang bisa membuat nomor urut secara otomatis pada tabel yang dibuat di Word sehingga tidak perlu lagi memasukkan nomor secara manual.


Tentu akan sangat merepotkan jika membuat tabel dengan nomor urut sampai ratusan yang dikerjakan manual. Maka dari itu kita harus tahu bagaimana memasukkan nomor yang dapat diurut otomatis agar pekerjaan cepat selesai seperti pada Microsoft Excel. Meskipun di Excel dapat membuat tabel namun ada juga sebagian orang yang sudah nyaman menggunakan Word dalam bekerja khususnya membuat laporan dalam bentuk tabel.


Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan cara bagaimana kita bisa membuat nomor urut otomatis di Microsoft Word. Jika Anda ingin mempelajari tutorialnya maka sebaiknya simak baik-baik langkah-langkah yang diberikan. Adapun tutorialnya sudah dilengkapi dengan gambar sehingga memudahkan kita dalam bekerja.

Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Word


Sebelum mengikuti tutorial ini pastikan sudah membuat tabel di Word yang berisikan laporan atau tugas lainnya yang akan dibuatkan nomor urut otomatis. Untuk versi Microsoft Word yang dipakai bisa disesuaikan karena fitur yang dipakai sudah ada disetiap versi Word. Untuk tutorialnya bisa dipelajari berikut ini.

  • Pertama buka Microsoft Word di laptop Anda.
  • Lalu pada tampilan halaman kerja seleksi kolom yang mau dibuatkan nomor urut otomatis.
  • Kemudian masuk di tab Home dan pada bagian grup Paragraph klik ikon Numbering. Seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Word
  • Selanjutnya pilih jenis numbering yang ada pada tampilan Library. Nanti nomor secara otomatis masuk ke kolom yang sudah di blok dengan format number yang sudah dipilih.
  • Selesai.

Jika ingin memasukkan nomor urut otomatis pada sebuah paragraf yang ada di lembar kerja caranya hampir sama dengan di atas yaitu seleksi jumlah baris yang mau dibuat nomor lalu masuk di tab Home dan klik ikon Numbering. Kemudian pilih jenis format number yang mau digunakan.

Baca juga:

Membuat Nomor Urut Halaman di Word Secara Otomatis

Jika mengerjakan laporan maupun tugas lainnya di Word dan ternyata mencapai lebih dari satu halaman maka sebaiknya halaman yang ada dibuatkan nomor urut agar bisa disusun dengan mudah pada saat dicetak. Untuk tutorialnya bisa dilihat berikut ini.

  • Seperti biasa buka file Word yang mau dibuatkan nomor halaman.
  • Kemudian pada tampilan lembar kerja pilih tab Insert > Page Number.
  • Nanti akan muncul opsi untuk posisi nomor halaman misalnya Top of Page (bagian atas) dan Bottom of Page (bagian bawah). Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  • Nanti nomor halaman akan diurut sesuai jumlah halaman yang ada.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah tutorial cara membuat nomor urut otomatis di Word, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sekarang Anda sudah bisa memasukkan nomor secara berurutan dengan cepat sehingga tidak membuang waktu dalam bekerja, demikianlah tutorial yang dibuat oleh blog sobat-tutorial.com. Sampai jumpa dilain waktu. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Nomor Urut Otomatis Pada Word"

close