Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Desain Grafis di Microsoft Word


 Selain digunakan untuk mengolah kata seperti membuat surat dan laporan, ternyata kita juga bisa memafaatkan Program Microsoft Word untuk kebutuhan desain grafis misalnya membuat sertifikat dan ID Card. Tentu saja hasilnya tidak kalah menarik saat kita membuat desain di aplikasi Photoshop dan CorelDraw.

Cara Membuat Desain Grafis di Microsoft Word

Sering kita temukan di Internet file desain grafis yang dibuat di Word yang hasilnya cukup bagus. Saya sendiri juga pernah membuat sampul laporan di Word yang bisa dipakai untuk kebutuhan pekerjaan.

Nah, Anda juga bisa membuatnya dengan memakai tools editing yang sudah ada di Microsoft Word. Jadi Anda yang masih belum mahir memakai aplikasi desain grafis bisa belajar di MS Word.


Pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan cara agar bisa membuat desain grafis di Word. Jika tertarik mempelajarinya maka simak baik-baik penjelasan yang diberikan. Anda bisa mempraktekannya jika sudah mulai mahir.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Desain Grafis

Sebelum membuat desain, ketahui dahulu apa yang perlu diperhatikan misalnya seperti di bawah ini.

1. Buat desain sederhana

Tips pertama adalah membuat desain sederhana namun terlihat menarik. Desain yang sederhana dan minimalis bisa memudahkan kita saat proses mencetak dan biaya yang dikeluarkan tidak mahal. Biasanya desain yang rumit dan memiliki banyak warna akan mengeluarkan biaya cetak yang cukup menguras kantong.

2. Pada desain buat tulisan yang singkat dan jelas

Menampilkan teks yang singkat bisa menambah daya tarik desain. Jangan lupa juga perhatikan penyusunan kalimat agar bisa rapi dilihat. Selain itu usahakan muat informasi pada desain yang cukup jelas dibaca.

3. Elemen dasar desain grafis

Elemen dasar desain grafis yang dimaksud adalah warna, garis, ukuran dan ruang. Dengan adanya elemen dasar maka kita bisa memberikan kesan akhir dari karya yang sudah dibuat. Hal ini juga bisa menjadikan desain menjadi bagus karena adanya aspek elemen desain yang diterapkan.

Langkah Awal Membuat Desain Grafis

Dalam membuat desain, kita harus memiliki ide kreatif, visi dan pesan untuk desain yang nanti dibuat. Berikut beberapa proses awal dari sebuah desain grafis yang harus diketahui.

  1. Mencari ide kreatif misalnya dari desain-desain yang ada di internet dan bisa kita modifikasi supaya terlihat berbeda dari sebelumnya.
  2. Membuat dan menyusun kerangka kerja misalnya disusun mulai dari kebutuhan desain, tema, data yang mau dimasukkan dan batas waktu dalam pembuatan desain grafis.
  3. Mencari informasi kebutuhan desain seperti sasaran audiens dan tujuan dari desain yang dibuat.
  4. Visualisasi seperti memilih background, font, warna dan elemen desain lainnya

Baca juga:

Membuat Desain Grafis di Microsoft Word


Ada banyak desain yang bisa dibuat di MS Word. Sebagai contoh disini sobat-tutorial membuat desain sampul untuk laporan akhir tahun. Berikut tutorialnya.

  • Pertama, buka Microsoft Word sebagai contoh saya memakai versi MS Word 2013.
  • Setelah masuk ke halaman kerja, ubah ukuran kertas jadi 21 x 29.7 cm (A4).
  • Kemudian pilih tools Shape di tab Insert > Shapes. Pilih jenis Rectangle untuk membuat desain sampul.
Cara Membuat Desain Grafis di Microsoft Word
  • Untuk memberikan warna, klik objek shape > tab Format > Shape Fill.
  • Masukkan logo perusahaan atau organisasi di dalam shape.
  • Selanjutnya memasukkan teks, caranya masuk ke tab Insert > Text Box > Draw Text Box.
  • Untuk menambahkan desain sampul di area kertas lainnya, lakukan langkah satu sampai enam.
  • Jika sudah selesai, silahkan klik Tab File > Save as. Pilih lokasi dimana ingin menyimpan file desain yang sudah dibuat di Word.
  • Selesai.

Selain membuat desain grafis. Anda juga bisa membuat grafik di Word melalui tab Insert > Chart. Terdapat banyak pilihan desain grafik yang bisa digunakan sesuai kemauan. Anda hanya perlu mengganti data dan warna agar bisa sesuai kebutuhan.

Akhir Kata

Desain grafis bisa kita buat di Microsoft Word karena menyediakan tools editing seperti Shape, Font, Tabel dan lainnya yang bisa membantu kita membuat karya desain. Demikianlah tutorial ini semoga bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Desain Grafis di Microsoft Word"

close