Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan

 Bagi Anda yang sedang mengalami kasus dimana file presentasi PowerPoint yang sudah selesai kita kerjakan, tiba-tiba laptop mati atau bahkan program ppt bermasalah seperti Not Responding sehingga pekerjaan kita tidak tersimpan. Tentu ini bisa membuat kita pusing dan merasa waktu terbuang sia-sia.

Memulihkan dan mencari kembali file PTT yang belum tersimpan merupakan hal yang harus kita pelajari. Sehingga permasalahan pada paragraf di atas bisa kita antisipasi, saya sendiri juga pernah mengalami hal tersebut namun saya belajar dari permasalahan ini sehingga sudah bisa mengatasi file yang tidak sempat disimpan.

Nah, pada pembahasan ini situs sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorialnya yang teman-teman bisa mempelajarinya. Maka dari itu luangkan waktu sejenak untuk menyimak langkah-langkah dan penjelasan yang diberikan agar Anda bisa mencari dan menemukan file PowerPoint yang sebelumnya tidak Anda simpan.

3 Cara Mencari File PowerPoint Yang Belum Tersimpan


Ada tiga cara yang bisa dilakukan saat mencari dan mengembalikan file PPT yang tidak sempat tersimpan yaitu melalui Recover Unsaved Presentations , Recoverit Data Recovery dan fungsi AutoRecover.

1. Menggunakan Fitur Recover Unsaved Presentations

  • Pertama buka program PowerPoint di laptop atau PC. Sebagai contoh disini saya membuka MS PowerPoint 2013.
  • Pada tampilan halaman kerja, Klik tab File di pojok kiri atas.
Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan
  • Kemudian klik menu Open > Recent Presentations. Scroll ke bawah sampai Anda melihat tombol Recover Unsaved Presentations yang letaknya di pojok kanan bawah. Silahkan Anda klik.
  • Tunggu beberapa saat akan muncul Folder Draft dimana semua file yang belum tersimpan bisa kita temukan. Silahkan cari dan klik 2x untuk membuat file tersebut.
  • Jika sudah terbuka maka silahkan menyimpan kembali file PPT nya di lokasi yang Anda inginkan.

Perlu Anda tahu file dalam folder Unsaved haru segera disimpan karena file tersebut hanya sementara saja maka dari itu agar memulihkan data secepat mungkin.


Baca juga:

2. Menggunakan AutoRecover

  • Silahkan masuk ke tampilan presentasi PowerPoint.
  • Kemudian klik Tab File yang berada di pojok kiri atas.
  • Klik menu Options > Save.
  • Perhatikan pada pilihan "Save auto-recover info every x minutes" dan "Keep the last Auto recovered version if I close without savin". Pastikan Anda sudah memberi centang pada kedua pilihan tersebut. Jika belum maka silahkan berikan centang agar file PPT bisa dipulihan dan disimpan kembali.
  • Jika pengaturan AutoRecover sudah diberikan centang maka Anda bisa langsung mencari dan menemukan file PowerPoint dengan cara menyalin lokasi file dari "AutoRecover File Location".
  • Silahkan klik ikon Windows + E untuk membuka Windows Explorer. Tempel lokasi alamat address bar dan mulai menekan enter supaya program windows bisa mencari file yang ingin Anda temukan.
  • Selesai.

3. Menggunakan Sofware Recoverit Data Recovery


Cara terakhir yang bisa kita coba adalah menggunakan Recoverit Data Recovery yang dirancang untuk membantu pengguna dalam memulihkan file yang hilang atau tidak sempat tersimpan seperti file PowerPoint. Dengan begitu program Recoverit Data Recovery ini bisa kita gunkana untuk mencari dan mengambil kembali file yang hilang akibat kerusakan partisi, serangan virus dan menghapus file secara tidak sengaja. Untuk tutorialnya bisa dipelajari di bawah ini.

  • Silahkan unduh aplikasinya terlebih dahulu, jika sudah maka jalankan aplikasinya pada PC atau laptop Anda.
  • Pada tampilan beranda, perhatikan bagian Hardisk. Disini pilih lokasi partisi dari file PowerPoint yang pernah Anda simpan namun terhapus.
  • Selanjutnya Software akan memulai pemindaian disk untuk mencari file PowerPoint, proses mencari file akan membutuhkan waktu cukup lama. Anda bisa bersabar sambil bermain HP.
  • Setelah proses selesai, semua file yang pernah dihapus akan kembali dipulihkan dan ditampilkan. Anda bisa melihat file PowerPoint yang sedang dicari. Untuk mengambilnya silahkan klik tombol Pulihkan.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah tiga cara yang bisa digunakan untuk menemukan file PowerPoint yang belum kita simpan. Jika masih ada yang belum dipahami maka silahkan berikan komentar agar bisa kami bantu, jangan lupa sering mampir ke situs sobat-tutorial.com untuk belajar seputar tutorial menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mencari File PPT Yang Belum Tersimpan"

close