Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi Formulir PDF di HP Android dan Laptop Secara Online

Formulir adalah lembaran kertas atau dokumen yang khusus dibuat untuk mengumpulkan informasi tertentu dari seseorang atau organisasi. Formulir biasanya memiliki bagian seperti data identitas, pertanyaan atau pernyataan yang harus diisi.


Formulir sering kali dibuat dalam format PDF karena menawarkan beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan. Salah satunya adalah konsistensi tampilan yang bisa mempertahankan format dan tata letak formulir.

Cara Mengisi Formulir PDF di HP Android dan Laptop Secara OnlineCara Mengisi Formulir PDF di HP Android dan Laptop Secara Online

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita sudah bisa mengisi formulir PDF secara online sehingga tidak perlu lagi dilakukan secara manual dengan menggunakan pena atau pensil. Formulir yang diisi meliputi formulir pendaftaran, formulir survei, formulir pengajuan klaim asuransi, formulir permohonan pekerjaan, dan banyak lagi. Jadi tidak perlu repot-repot mencetak formulir kemudian mengisinya karena bisa dilakukan secara online.


Pada artikel ini, situs sobat-tutorial.com akan menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan pengisian form PDF yang bisa dilakukan secara online menggunakan Smartphone Android maupun Laptop. Jika tertarik mempelajarinya maka sebaiknya simak tutorial ini sampai selesai.

Langkah Langkah Penting Sebelum Mengisi Formulir

Sebelum mengisi formulir, ketahui beberapa langkah penting yang dapat membantu memastikan pengisian formulir dilakukan dengan benar dan efisien. Berikut beberapa langkah yang bisa dibaca sebelum mengisi formulir:

1. Menyiapkan alat tulis

Pastikan Anda memiliki alat tulis untuk mengisi formulir. Jika formulir bersifat elektronik, pastikan juga memiliki akses ke perangkat komputer atau perangkat lain yang dapat digunakan untuk mengisi formulir tersebut.

2. Memahami Tujuan Pengisian

Sebaiknya pahami dengan jelas tujuan pengisian formulir. Apakah dipakai untuk kebutuhan pendaftaran, pengajuan klaim, survei, atau tujuan lainnya. Dengan memahami maksud dibuatnya formulir maka membantu Anda memberikan informasi yang sesuai.

3. Persiapkan Dokumen Pendukung

Pastikan sudah memiliki semua dokumen pendukung yang mungkin diperlukan untuk pengisian formulir. Seperti bukti alamat, bukti pendapatan, atau dokumen lainnya yang relevan dengan konten formulir.


4. Mengonfirmasi Kebenaran Informasi

Pastikan untuk mengonfirmasi kebenaran informasi yang Anda berikan dalam formulir. Jangan sampai terdapat kesalahan yang dapat menyebabkan masalah di kemudian hari.

5. Siapkan informasi yang mau di masukkan ke formulir

Pastikan bahwa informasi yang diperlukan untuk formulir telah diperoleh dan dapat diakses dengan mudah. Ini dapat mencakup informasi pribadi, seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan nomor identifikasi.

6. Membaca Syarat dan Ketentuan

Jangan lupa perhatikan syarat dan ketentuan yang terkait dengan formulir, terutama jika formulir tersebut melibatkan perjanjian atau kontrak.

7. Menentukan Tanggal Pengiriman

Jika formulir memiliki batas waktu pengiriman, pastikan sudah tahu tanggal batas waktu tersebut supaya tidak terlambat mengisinya

Mengisi Formulir PDF di HP Android dan Laptop Secara Online


Sebelum mengikuti tutorial ini, siapkan formulir dalam bentuk PDF yang masih belum di isi. Jika sudah silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama buka Google Chrome di HP atau Laptop Anda.
  • Pada kolom pencarian, ketikkan “isi formulir pdf online”. Nanti akan muncul url website dari docs.howly.com. Silahkan Anda klik.
  • Pada tampilan website, klik tombol Upload to Edit.
Cara Mengisi Formulir PDF di HP Android dan Laptop Secara Online
  • Cari file Formulir pdf pada perangkat yang dipakai. Jika sudah ketemu silahkan di klik agar file bisa masuk ke website.
  • Selanjutnya, Anda akan melihat berbagai jenis tools yang bisa dipakai untuk mengedit dan mengisi formulir.
  • Klik tools Text dan arahkan kursor ke bagian formulir yang mau Anda isi. Misalnya Nama, tempat tgl lahir, pekerjaan dan sebagainya. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengisi Formulir PDF di HP Android dan Laptop Secara Online

  • Jika sudah, tahap berikutnya adalah mengatur ukuran dengan memilih Font Size.
  • Jangan lupa ubah warna tulisan dengan memilih Font Color. Atur saja sesuai kebutuhan Anda.
  • Jika sudah selesai mengisi formulir maka tahap terakhir adalah menyimpan file nya. Klik tombol Download di pojok kanan website dan pilih format PDF.
  • Selesai.

Baca juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengisi formulir pdf. Anda bisa melakukan pengisian form tanpa perlu memakai alat tulis karena bisa dilakukan secara online. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, jangan lupa bagikan tutorial ini kepada teman-teman Anda supaya mereka bisa mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengisi Formulir PDF di HP Android dan Laptop Secara Online"

close