Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Cerpen dan Novel di Telegram


Bagi Anda yang miliki hobi membaca cerpen dan novel, kini sudah bisa membacanya melalui telegram. Novel sendiri merupakan sebuah karangan yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang yang membuat kita tertarik untuk membacanya.

Sedangkan cerpen merupakan cerita pendek yang tidak pernah terjadi di dunia nyata. Dengan tulisan yang tidak terlalu panjang namun mengandung cerita dari kejadian yang menarik sehingga membuat orang tertarik membacanya.


Terkadang kita yang belum memiliki modal untuk membeli novel dan cerpen, biasanya mencari melalui situs website. Namun Anda kini sudah bisa mencarinya melalui telegram yang menyediakan aneka jenis novel dan cerpen yang secara gratis bisa di baca kapanpun.

Channel Telegram Untuk Membaca Cerpen dan Novel

Pada aplikasi telegram, tersedia berbagai jenis channel yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya membaca ebook novel dalam bentuk pdf. Berikut saya berikan 3 Channel yang patut Anda kunjungi jika ingin membaca cerpen dan novel.

1. Web Novel Indonesia

Web novel Indonesia merupakan channel telegram yang menyediakan berbagai jenis novel dari negara China yang sudah diterjemahkan, sehingga memudahkan Anda untuk membacanya. Saat ini, pengguna Aktif di channel tersebut sudah mencapai 1700 pelanggan.

2. Novel Indonesia

Berbeda dengan channel di atas, novel Indonesia akan mengirimkan link kedalam group yang dapat Anda buka jika ingin membaca dan mengunduh novel tersebut. Mungkin alasannya karena sudah sering channel ini kena banned dari telegram.


Untuk saat ini channel tersebut sudah mencapai 3500 pelanggan yang sebelumnya mencapai 6000 pelanggan.

3. Ebook Novel Indonesia

Ebook novel Indonesia merupakan channel telegram novel pdf yang menyediakan novel dalam bentuk ebook sehingga memudahkan kita mendownloadnya. Anda bisa membaca novel karya anak bangsa dan orang luar secara gratis. Saat ini pelanggan yang ada didalam mencapai 384 yang sebelumnya sudah mencapai ribuan.

Saran saya, jika ada novel maupun cerpen yang disukai, sebaiknya unduh terlebih dahulu sebelum membaca, supaya mengantisipasi jika channel tersebut di blokir. Jika terblokir, maka Anda masih sempat membacanya karena sudah mendownloadnya.

Cara Membaca dan Mendownload Novel di Telegram

Setelah mengetahui jenis channel telegram yang menyediakan novel secara gratis. Kini saya akan memberikan cara bagaimana kita bisa membaca dan mendownload novel tersebut.

  • Pada langkah pertama, silakan install aplikasi telegram
  • Anda bisa mencari aplikasinya di google play store
  • Setelah selesai menginstal, Anda buka aplikasinya kemudian pada kolom pencarian. Anda ketikkan nama channel yang ingin dituju
  • Setelah selesai memilih dan sudah diarahkan kedalam group, tekan tombol gabung yang berada dibawah
Cara Membaca Cerpen dan Novel di Telegram

  • Jika novel yang ingin dibaca dalam bentuk ebook. Silakan unduh terlebih dahulu dengan cara menekan file yang ingin di simpan
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda telah selesai mengunduhnya
  • Langkah terakhir, Anda bisa membaca ebook tersebut dengan memakai aplikasi WPS Office pada Android dan iOS. Anda dapat juga membacanya melalui Microsoft Word yang ada di laptop
  • Selesai

Dengan mengikuti langkah di atas maka Anda sudah bisa membaca novel dan cerpen di telegram. Biasanya channel tersebut terkadang dihapus oleh pihak telegram karena melanggar ketentuan, maka dari itu, silakan unduh terlebih dahulu filenya agar Anda bisa menyimpan file tersebut sebelum terhapus.

Akhir kata:

Itulah pembahasan kali ini, semoga bisa membantu Anda yang hobi membaca novel dan cerpen. Jika ada yang belum dimengerti, silakan tinggalkan komentar. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Membaca Cerpen dan Novel di Telegram"

close