Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Baca Manga di Telegram dan Menyimpannya


Cara baca manga di telegram sangatlah mudah, ada banyak channel telegram yang menyediakan manga jepang dan manhwa yang bisa dibaca dan disimpan secara gratis. Manga sendiri merupakan komik buatan Jepang sedangkan manhwa ialah komik buatan Korea Selatan.

Manga dapat dikatakan juga sketsa dari anime karena gambar yang ada pada manga akan dijadikan video animasi 2d dan 3d setelah pihak studio selesai menggambar scene yang ada di manga maupun manhwa.


Jika Anda sering menonton anime namun penasaran dengan kelanjutan episodenya, maka dengan membaca komik berupa manga dan manhwa dapat menjadi solusi bagi Anda. 

Biasanya kita membacanya melalui website tertentu dan terkadang jaringan internet tidak mendukung sehingga gambar yang tampil tidak sempurna. Selain itu. Iklan yang terkadang tampil pada website sangat mengganggu Anda.


Maka dari itu. Dengan memakai telegram yang ternyata dapat menyediakan berbagai jenis serial komik membuat Anda bisa mencoba memakai aplikasi ini untuk membaca komik di hp.

Kali ini, sobat-tutorial akan memberikan cara baca manga dan menyimpannya di telegram, sehingga Anda bisa membacanya sambil mengunduh manga yang sangat disukai.

Tentu saja, komik tersebut tersedia dalam bahasa Indonesia yang sudah di terjemahkan oleh teman-teman kita. Untuk lebih jelasnya silakan simak tutorialnya dibawah ini.

Channel Manga di Telegram Bahasa Indonesia

Sebelum masuk ke tutorialnya, ada baiknya jika saya memperkenalkan channel telegram yang menyediakan berbagai jenis komik asal luar negeri.

1. Manga Manhwa Manhua Comics

Manga Manhwa Manhua Comics adalah channel telegram yang khusus menyediakan manga asal Korea Selatan. Bagi Anda yang hobi membaca komik dari negara tersebut, sebaiknya mencoba mengunjungi channel ini yang telah mencapai 39.4 ribu pelanggan.

Jika ingin membacanya, Anda dapat membuka filenya dalam bentuk pdf melalui aplikasi WPS Office. Selain itu, tersedia juga wallpaper dari karakter manga kesukaan Anda seperti Daddy Goes to School, I Became the Male Leads dan lainnya.

2. Manga Tokyo Revengers Sub Indo

Berbeda dengan channel di atas. Tokyo Revengers Manga menyediakan komik khusus dari anime tersebut yang dapat dibaca dalam bentuk pdf. Seperti yang sudah Anda tahu bahwa anime Tokyo Revengers merupakan salah satu anime paling disukai tahun 2021 dan sudah memiliki banyak penggemar.


Selain menyediakan versi komik. Channel ini juga sering memberikan anime dari manga tersebut, sehingga Anda dapat sekaligus menonton dan menyimpan versi animenya. Saat ini, orang yang bergabung di channel tersebut telah mencapai 91 ribu pelanggan.

3. Manga One Piece Bahasa Indonesia

Bagi Anda yang merupakan salah satu penggemar anime one pice pasti tidak ingin ketinggalan petualang Luffy dan para krunya. Anda bisa membaca komiknya dengan mengunjungi channel Manga One Piece Bahasa Indonesia yang sudah mencapai 16 ribu pelanggan.

Di dalam channel ini, Anda dapat melihat berbagai macam episode manga one piece yang bisa didownload dan dibaca dalam bentuk format pdf.

4. Manga Attack on Titan Indonesia

Meskipun komik dari anime ini sudah lama tamat, namun masih banyak saja orang yang ingin membaca manganya. Jika Anda salah satu dari penggemar Attack on Titan, bisa dengan mudah mengunjungi channel telegramnya untuk membaca kembali petualangan Eren dan teman-temanya dalam membasmi para titan. Jumlah pelanggan dalam channel tersebut sudah mencapai 1469 orang.

5. Manga Black Clover Sub Indo

Anime Black Clover merupakan serial buatan Jepang yang saat ini sudah mulai menjadi perhatian para pecinta anime. Jika ingin mengetahui kelanjutan anime ini maka Anda bisa mengunjungi channel telegram bernama Manga Black Clover Sub Indo yang sudah mencapai 4.9 ribu pelanggan.

Didalam channel ini. Menyediakan komik dalam bentuk pdf yang bisa dibuka dan disimpan melalui Smartphone Anda.

6. Manga Boruto Telegram

Channel manga berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Manga Boruto Bahasa Indonesia yang saat ini sudah mencapai 8.3 ribu pelanggan. Pada Channel ini, komik yang ingin dibaca tersedia dalam bentuk rar yang didalamnya terdapat manga format pdf.

Jadi jika Anda ingin membacanya, sebaiknya download terlebih dahulu agar bisa mengekstrak file yang ada didalam. Manga yang ada pada channel ini didapat dari sumber Komiku dan Komik mama yang merupakan website baca komik online.

7. Manga Tensura B Indonesia

Tensura merupakan salah satu anime asal Jepang yang baru-baru ini sudah selesai season 2 nya. Jika penasaran dengan kelanjutan animenya, silakan kunjungi channel telegram bernama Manga Tensura B Indonesia. Anda bisa mengunduh secara gratis komik didalam channel tersebut dan tentu saja sudah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

Meskipun saat ini jumlah pelanggan di dalam channel baru mencapai 935. Namun dengan kepopuleran anime tersebut sedikit demi sedikit akan bertambah sehingga Anda bisa menjalin pertemanan sesama pecinta manga dari anime Tensura.

8. Manga Isekai

Channel telegram terakhir yang saya rekomendasikan adalah Manga Isekai yang sudah lama menyediakan berbagai macam jenis manga yang tersedia dalam bahasa Inggris.

Untuk jenis filenya tersedia dalam bentuk ZIP. Jadi jika ingin membacanya alangkah baiknya menyimpannya terlebih dahulu.

Dari rekomendasi channel manga telegram yang saya bahas di atas, silakan kunjungi satu per satu agar bisa membaca serial komik kesayangan Anda.

Cara Baca Manga di Telegram


Setelah mengetahui jenis channel telegram yang menyediakan manga, selanjutnya saya akan memberikan tutorial cara membacanya. Silakan simak penjelasannya berikut ini.

  • Langkah pertama, silakan Install aplikasi telegram
  • Kemudian buka aplikasinya dan pada kolom pencarian, silakan ketikkan channel yang akan di kunjungi, misalnya jika ingin membaca komik Tokyo Reveange.
  • Setelah sudah tampil. Silakan join dengan membuka channelnya
Cara Baca Manga di Telegram dan Menyimpannya

  • Tekan tombol bergabung dan mulailah memilih episode dari manga yang ingin dibaca
  • Selesai

Cara Download Komik di Hp melalui Telegram

Jika ingin mendownload file komik yang disukai. Pada tampilan filenya, Anda cukup memilih icon titik tiga disamping kemudian akan muncul beberapa pilihan, silakan pilih menu Simpan ke Unduhan. Kemudian tunggu prosesnya sampai selesai.


Perlu Anda tahu bahwa, file yang selesai di unduh terkadang tidak bisa dibuka di HP jika tidak memiliki aplikasi pembaca pdf seperti WPS Office dan lainnya. Maka dari itu, silakan instal terlebih dahulu WPS Office. Sedangkan file yang tersimpan dalam bentuk zip, terkadang harus di ekstrak melalui laptop maupun PC yang sudah diinstalkan aplikasi Winrar.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara baca manga di telegram sekaligus menyimpannya. Telegram memang memiliki banyak fitur yang membantu dalam mencari segala kebutuhan, seperti membaca manga yang tidak menampilkan iklan yang mengganggu para pembaca.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk menemukan manga yang disukai. Jika Ada channel telegram yang sudah tidak ditemukan, Anda dapat mencari channel lainnya dengan memakai fitur pencarian yang sudah disediakan oleh pihak telegram. Sekian dan Terimakasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Baca Manga di Telegram dan Menyimpannya"

close