Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merubah Koma Menjadi Titik di Excel


 Pada saat kita mengetikkan angka di excel, misalnya bilangan number seperti daftar harga dan gaji. Tanda koma menjadi pembatas atau pemisah dari angka yang diketik sedangkan kita ingin tanda titik menjadi pemisah dari angka yang sudah dibuat.

Dalam artian tanda koma sebagai pemisah bilangan desimal dan tanda titik sebagai pemisah dari angka atau number. Maka dari itu Anda harus paham cara merubah koma menjadi titik di excel agar pada saat mengetikkan angka maka tanda titiklah yang akan menjadi pemisah atau pembatas. Sebagai contoh 5000 menjadi 5.000.


Apalagi pekerjaan penjumlahan di Indonesia menerapkan tanda titik sebagai pemisah angka. Sedangkan tanda koma menjadi pemisah bilangan desimal. Untuk itulah Anda harus paham bagaimana mengubah tanda koma menjadi titik di Microsoft Excel.

Perlu Anda tahu bahwa tanda koma pada angka sering digunakan untuk format English sedangkan tanda titik digunakan untuk format Indonesia.

Mengetahui Format Yang Digunakan

Jika ingin mengubah koma menjadi titik, sebaiknya ketahui dahulu format yang Anda gunakan, apakah memakai format English atau Indonesia. Untuk caranya sebagai berikut:

  • Pertama Anda ketikkan rumus di Excel, misalnya rumus IF. Seperti pada contoh gambar dibawah ini.
  • Pada rumus yang tampil, terdapat tanda titik koma (;) sebagai pemisah dari argumen 'Logical test' dan 'Value if True'. Jika excel yang Anda gunakan menerapkan tanda titik koma (;) maka Anda memakai format Indonesia.
  • Namun jika menampilkan tanda koma, maka dapat dipastikan Anda menggunakan format English.

Cara Merubah atau Mengganti Koma Menjadi Titik di Excel


Jika sudah mengetahui format yang sedang digunakan, maka selanjutnya mengetahui cara merubah format agar tanda koma dapat di ubah menjadi titik di excel. Untuk caranya silakan Anda ikuti tutorial dibawah ini.

  • Langkah pertama, buka aplikasi excel yang sudah Anda instal
  • Kemudian pilih Menu File > Options
  • Lalu pada jendela Excel Options, pilih bagian menu Advanced. Pada bagian Editing Option, Anda hilangkan tanda centang yang ada pada Use System Separator
Cara Merubah atau Mengganti Koma Menjadi Titik di Excel
  • Selanjutnya pada kolom Decimal Separator, Anda ubah menjadi tanda koma (,) dan kolom Thousands Separator ubah jadi tanda titik (.) seperti pada gambar dibawah.
  • Langkah terakhir, Anda pilih tombol OK untuk menyimpan perubahan

Catatan: Decimal Separator ialah pemisah bilangan desimal sehingga diubah menjadi tanda koma yang sudah menjadi tanda pemisah dari bilangan desimal. Sedangkan Thousands Separator adalah pemisah angka ribuan.

Nah jika sudah mengikuti tutorial di atas, maka Anda sudah berhasil mengubah tanda koma jadi titik. Begitupun dengan penggunaan rumus excel yang sudah menerapkan tanda titik koma (;) sebagai pemisah.


Untuk membuktikannya, Anda dapat mengetikkan angka ribuan seperti 5.000. Untuk rumus yang ada di excel, silakan ketikkan rumus IF dan lihat tanda pemisah antara setiap argument. Jika sudah memakai tanda titik koma (;) maka Anda telah memakai format Indonesia.

Selain merubah koma menjadi titik, Anda juga bisa menghilangkan koma pada angka desimal di excel agar data yang menampilkan angka atau number tidak akan menampilkan bilangan desimal.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara merubah koma menjadi titik di excel. Semoga dengan mengikuti tutorial yang sudah saya bahas. Anda dapat mengerti cara mengubah tanda koma menjadi titik pada saat mengetikkan angka di Microsoft Excel. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Merubah Koma Menjadi Titik di Excel"

close