Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Poster di Canva Dengan Mudah


 Poster merupakan sebuah karya seni yang biasanya menampilkan informasi dari kegiatan yang akan berlangsung dengan tampilan gambar dan teks yang cukup menarik, sehingga membuat pembaca tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Bagi Anda yang ingin belajar membuat poster, sebaiknya gunakan aplikasi Canva yang memiliki beragam fitur yang cukup lengkap dalam membantu Anda mendesain poster.


Cara membuat poster di Canva dapat Ada lakukan dengan mudah. Apalagi saat ini kita bisa mendapatkan template poster di Canva secara gratis.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot membuat desain poster. Mengenai ukuran poster yang ingin dipakai, Anda juga dapat menentukan jenis ukuran misalnya ukuran A1, A2, A3 dan lainnya.


Lebih bagusnya lagi, Canva saat ini selain bisa diakses melalui websitenya, kita juga dapat menggunakan aplikasi Canva di Smartphone Android yang dapat Anda download di Play Store. Jadi baik di perangkat HP dan Laptop bisa Anda pakai untuk mengedit poster di Canva.

Cara Membuat Poster di Canva Dengan Mudah

Maka tidak heran jika banyak orang ingin belajar membuat poster di Canva. Jika penasaran dengan proses pembuatannya. Silakan luangkan waktu Anda dalam mengikuti tutorial yang saya berikan berikut ini.

Cara Membuat Poster di Canva


Dengan banyaknya template poster yang tersedia di Canva, maka Anda dapat membuat dan mendesain poster dengan mudah dan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini saya berikan langkah-langkah dalam membuat poster di Canva:

1. Menentukan ukuran poster di Canva

Sebelum membuat poster. Sebaiknya tentukan ukuran poster yang ingin dibuat. Ada banyak jenis ukuran yang sering dipakai dalam membuat sekaligus mencetak poster. Berikut ini beberapa ukuran poster di Canva yang bisa Anda gunakan.

Ukuran Kertas Poster di Canva

   
Kertas   
   
Ukuran   
   
Ukuran Poster A1   
   
59.4 x 84.1 cm   
   
Ukuran Poster A2   
   
42.0 x 59.4 cm   
   
Ukuran Poster A3   
   
29.7 x 42.0 cm   
   
Ukuran Poster A4   
   
21.0 x 29.7 cm   
   
Ukuran Poster A5   
   
14.8 x 21.0 cm   
   
Ukuran Poster A6   
   
10.5 x 14.8 cm   
   
Ukuran Poster A7   
   
7.4 x 10.5 cm   
   
Ukuran Poster A8   
   
5.2 x 7.4 cm   
   
Ukuran Poster A9   
   
3.7 x 5.2 cm   
   
Ukuran Poster A10   
   
2.6 x 3.7 cm   
   
Ukuran Poster Landscape   
   
594 x 420 mm   
2. Mengatur ukuran poster di Canva
Setelah selesai menentukan ukuran, selanjutnya membuka aplikasi Canva di HP Anda. Setelah masuk ke tampilan aplikasi, silakan klik tombol tanda tambah (+) yang berada dibagian bawah sebelah kanan.
Mengatur ukuran poster di Canva
Kemudian pilih menu Ukuran Khusus untuk memasukkan ukuran poster yang sudah ditentukan, misalnya ingin membuat poster ukuran A3 di Canva maka masukkan ukuran 29.7 x 42.0 cm.
Anda dapat memakai jenis ukuran CM dan MM sesuai kebutuhan. Jika sudah, pilih tombol Buat Desain Baru.

3. Memilih dan mengedit template poster
Jika Anda masih belum mahir membuat poster, maka solusinya yaitu memanfaatkan template desain poster yang tersedia di Canva caranya adalah memilih tombol tambah (+), lalu pilih menu Template. 
Memilih dan mengedit template poster
Setelah itu, ketikkan di pencarian jenis poster yang ingin dibuat misalnya Poster Pendidikan. Tunggu beberapa saat sampai Canva menampilkan berbagai jenis template poster pendidikan. Jika sudah tampil, silakan klik poster tersebut agar bisa Anda edit.
Untuk cara mengeditnya klik bagian poster yang ingin Anda edit lalu akan muncul jenis tool yang bisa digunakan untuk mengedit, seperti tool font, warna, teks dan lainnya.


4. Menyimpan poster yang sudah dibuat
Untuk menyimpan poster ke folder galeri. Caranya yaitu klik icon upload yang berada di bagian kanan atas seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Kemudian pilih menu Unduh dan ubah jenis format file yang ingin digunakan. Misalnya poster disimpan ke format PDF. Jika sudah, silakan Anda pilih tombol Unduh agar file tersimpan di galeri HP Anda.
Menyimpan poster yang sudah dibuat
Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah sobat-tutorial berikan, maka Ada dapat mahir membuat poster di Canva yang proses pembuatannya sangat mudah dikerjakan.

Tips Membuat Poster di Canva

Adapun tips yang bisa Anda gunakan pada saat membuat poster agar bisa menghasilkan poster yang menarik sesuai dengan kebutuhan Anda.
  1. Mengidentifikasi tujuan pembuatan poster misalnya menawarkan produk baru yang ingin dijual atau memberitahu pembaca bahwa akan ada kegiatan yang akan berlangsung.
  2. Menentukan target audiens mengenai siapa saja yang ingin Anda jangkau dalam pembuatan poster sehingga dapat membuat desain poster yang menarik perhatian pembaca.
  3. Menentukan dimana Anda akan membagikan dan memasang poster yang sudah dibuat agar poster dapat dibaca sesuai dengan target audiens yang telah ditentukan. Selain mencetak, Anda juga dapat membagikan poster ke media sosial seperti Facebook dan Instagram supaya bisa menjangkau banyak audiens sekaligus mengurangi biaya mencetak poster.
  4. Menggunakan pilihan template poster yang sudah jadi, supaya bisa membantu Anda dalam mendesain poster yang proses pembuatannya memakan waktu cukup lama. Anda dapat menemukan dan menggunakan template poster di Canva secara gratis.
  5. Memilih skema warna yang relevan dengan kegiatan yang berlangsung, misalnya membuat poster pendidikan yang bisa memakai skema warna biru dan putih yang sering dipakai oleh poster pendidikan lainnya.
Akhir Kata
Itulah pembahasan mengenai cara membuat poster di canva yang dapat Anda lakukan dengan mengikuti tutorial yang sudah saya buat. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat poster di Canva. Sekian dan terima kasih.

Artikel Canva Lainnya:

Post a Comment for "Cara Membuat Poster di Canva Dengan Mudah"

close