Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat Mind Mapping di Canva


 Mind Mapping adalah suatu diagram yang berbentuk visual dan berisikan informasi yang dapat Anda susun sesuai kebutuhan. Dengan kata lain Mind Mapping memiliki informasi yang saling terhubung dengan informasi lainnya yang berkaitan satu sama lain.

Jika ingin membuat Mind Mapping Anda bisa melakukannya di Canva yang merupakan aplikasi editing foto, banner dan sebagainya. Dengan adanya Canva maka Anda dapat membuat dan mendesain Mind Mapping dengan mudah dan menarik. Anda dapat membuka Canva di HP dengan mengunduh aplikasinya di Play Store. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi situs Canva yang memiliki fitur cukup lengkap.


Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa membantu Anda dalam membuat Mind Mapping. Namun untuk artikel kali ini saya membahas cara buat Mind Mapping di Canva karena fitur yang dimiliki sangat lengkap seperti fitur menambahkan teks, memberikan warna, menambahkan gambar dan sebagainya.

Cara Buat Mind Mapping di Canva

Manfaat Menggunakan Mind Mapping

Sebelum masuk ke pembuatan Mind Map, ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat dalam penggunaan Mind Mapping agar pada saat dibuat Anda bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan dan sesuai harapan, untuk lebih jelasnya berikut manfaat Mind Mapping.

1. Membantu proses pembelajaran

Dengan adanya Mind Mapping, Anda dapat lebih fokus membuat informasi yang akan di sajikan kepada pembaca agar mereka lebih paham dengan informasi yang sedang diberikan. Tentu saja bisa membantu proses belajar sehingga Mind Mapping menjadi solusi bagi tenaga pengajar agar lebih mudah dalam membagikan informasi.

2. Meningkatkan produktivitas belajar

Jika menyiapkan informasi baru tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama, namun dengan adanya Mind Mapping yang telah didukung visualisasi, maka Anda akan lebih mudah dalam memberikan informasi dan dapat mengurangi waktu kerja Anda.

3. Menambah kreativitas pengguna

Pada saat Anda membuat Mind Map maka perlu Adanya kreativitas dalam mengedit Mind Map agar enak dibaca dan dilihat misalnya menambahkan gambar yang relevan dan warna yang menarik. Itulah mengapa Mind Mapping dapat meningkatkan jiwa kreativitas yang ada dibagian otak kanan kita.


4. Memudahkan pembaca agar cepat paham

Dengan adanya Mind Map dapat membuat para pembaca menjadi cepat paham dengan informasi yang diberikan karena informasi telah dibuat saling terhubung dengan tambahan gambar, teks maupun arah panah yang saling berkaitan.

Tips Membuat Mind Mapping

Adapun tips yang bisa Anda ikuti sebelum memulai pembuatan Mind Map sebagai berikut:

1. Menentukan Tema dan Sub-Tema

Sebelum membuat Mind Map sebaiknya siapkan tema yang berkaitan dengan informasi. Adapun letak tema yang dibuat berada di tengah agar pembaca dapat mengetahui tema yang akan dibahas. 

2. Memilih Media Pembuatan Mind Mapping

Untuk membuat Mind Mapping, Anda bisa memakai kertas, papan tulis dan aplikasi editing seperti Canva. Adapun posisi media yang bagus adalah landscape agar bisa memanfaatkan area kertas yang cukup lebar.

3. Menggunakan Gambar dan Warna yang Menarik

Dengan adanya gambar dan warna di Mind Mapping. Maka dapat menambah ketertarikan pembaca agar melihat dan membaca Mind Map yang telah dibuat. Selain itu, dengan adanya gambar dan warna maka tampilan desain Mind Mapping menjadi lebih menarik dan semakin mudah untuk dimengerti.


Cara Membuat Mind Mapping di Canva

Untuk menggunakan Canva, Anda dapat mengunjungi situs Canva atau mendownload aplikasinya di Google Play Store. Jika Anda ingin mengedit dan membuat Mind Map di HP maka silakan unduh aplikasi Canva.

Jika sudah, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama buka aplikasi Canva di HP Anda, namun perlu Anda tahu jika ingin memakai aplikasinya Anda harus mengaktifkan jaringan internet
  2. Setelah masuk ke tampilan aplikasi Canva, terdapat banyak pilihan template yang bisa Anda pakai sesuai kebutuhan seperti poster, daftar menu, sampul, mind map dan sebagainya. Jika template Mind Map tidak di tampilkan di beranda, maka Anda hanya perlu mencarinya melalui kolom pencarian di bagian atas seperti pada gambar dibawah ini
Cara Buat Mind Mapping di Canva

  1. Lalu Anda ketikkan keyword Peta Pikiran agar template Mind Map yang ada di Canva bisa Ada gunakan. Tunggu prosesnya sampai Canva menampilkan template gratis yang bisa Anda pakai
  2. Jika sudah muncul, silakan pilih salah satu template Mind Map, seperti pada tampilan gambar dibawah ini
Cara Buat Mind Mapping di Canva
  1. Untuk mengedit Mind Map, klik satu kali pada bagian template, setelah itu Anda akan melihat tool yang bisa dipakai untuk mengedit teks, warna, animasi dan lainnya
  2. Jika Anda sudah membuat dan mengedit Mind Map, maka tahap selanjutnya adalah melihat Mind Map yang sudah dibuat tadi. Caranya yaitu memilih tombol Play dibagian atas sebelah kanan
  3. Langkah terakhir, pilih tombol Unduh di bagian atas dekat dengan tombol Play
  4. Selesai

Dengan mengikuti tutorial di atas maka Anda dapat membuat Mind Mapping atau peta pikiran di Canva dengan mudah dan cepat karena sudah disediakan template gratis yang dapat dipakai secara bebas tanpa perlu membayar.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara buat Mind Mapping di Canva. Semoga tutorial yang sudah Anda baca dapat bermanfaat dalam membuat Mind Map yang merupakan peta pikiran yang sangat berguna dalam menyusun informasi. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Buat Mind Mapping di Canva"

close