Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyimpan File di WPS Office


 Pada saat ingin mengerjakan tugas di WPS Office, terkadang kita yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini masih belum tahu bagaimana menyimpan file yang sudah dibuat di WPS Office, sehingga membuat Anda kesulitan simpan file tersebut.

Aplikasi ini sebenarnya sudah menyediakan tombol Save yang berfungsi menyimpan dokumen yang sudah dibuat dan bisa disimpan di penyimpanan HP Anda.

Saat ini WPS Office sudah menjadi aplikasi yang mulai banyak digunakan dikarenakan aplikasi ini sangat mirip dengan Microsoft Office yang dapat membuka Word, Excel dan PowerPoint.

Cara Menyimpan File di WPS Office
Cara menyimpan file di WPS Office dapat Anda pelajari di tutorial ini sehingga Anda dapat Save dokumen tanpa perlu khawatir file tidak tersimpan. Misalnya pada saat mengisi formulir di WPS Office. Tentu akan merepotkan jika Anda tidak bisa simpan formulir yang telah diisi, maka dari itulah sobat-tutorial membahas tutorial yang cukup bermanfaat ini.

Saya sendiri sudah sering memakai WPS Office dalam mengerjakan tugas dan sudah bisa menyimpan dokumen di HP yang saya pakai. Nah jika Anda ingin mempelajari cara menyimpan file di WPS Office yang ada di Android maupun Iphone. Maka silahkan simak tutorial ini dengan baik.

Anda bisa meluangkan waktu dalam mengikuti langkah-langkah yang akan sobat-tutorial berikan. Seperti pada pembahasan dibawah ini.

Cara Menyimpan File di WPS Office Android


Jika ingin mengikuti tutorial ini, silahkan siapkan aplikasi WPS Office yang dapat di unduh melalui Play Store. Untuk WPS Office yang saya gunakan sudah support bahasa Indonesia, nah jika Anda ingin mendapatkan bahasa yang sama maka lakukan update aplikasi. Jika sudah, maka Anda sudah bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Berikut langkah-langkah dalam menyimpan file di WPS Office:

  • Pertama buka aplikasi WPS Office, lalu pilih tombol Tambah. Seperti pada contoh gambar dibawah ini.
  • Setelah itu pilih jenis file yang ingin Anda buka, misalnya Word, Excel, PPT dan lainnya. Sebagai contoh saya membuka file word.
Cara Menyimpan File di WPS Office
  • Langkah selanjutnya mulailah mengerjakan tugas.
  • Setelah selesai mengerjakan tugas dan ingin menyimpan file. Pilih tombol Save dibagian kiri atas.
  • Lalu berikan nama file dari dokumen yang sudah dibuat tadi. Kemudian pilih jenis format file yang ingin digunakan seperti doc, docx, txt dan pdf.
Cara Menyimpan File di WPS Office
  • Pilih lokasi penyimpanan dengan klik pilihan jalur dibagian atas. Terdapat empat pilihan yang bisa Anda pilih yaitu WPS Cloud, Google Drive, Lokasi dan pilihan Penyimpanan Awan jika ingin menambah jenis penyimpanan lainnya.
  • Jika Anda ingin menyimpan file di HP maka pilih menu Lokasi lalu pilih penyimpanan yang ingin dipakai seperti kartu memori SD Card dan Telepon.
  •  Langkah terakhir pilih di folder mana file akan disimpan. Setelah itu Klik tombol Simpan.

Dengan begitu maka file yang sudah dibuat telah berhasil tersimpan di perangkat Smartphone yang digunakan. Jika Anda ingin menyimpan file selain Word, misalnya Excel, PowerPoint dan PDF maka Anda bisa mengikuti tutorial di atas yang cara menyimpan filenya sama hanya beda jenis dokumen saja.


Tips Menyimpan File di WPS Office

Adapun tips yang bisa saya berikan agar memudahkan Anda untuk menyimpan file di WPS Office Android.

  1. Tips yang pertama adalah pada saat menyimpan file. Ada bagusnya Anda membuat terlebih dahulu folder penyimpanan di HP, agar pada saat save file, nantinya Anda dapat menyimpan file ke dalam folder yang sudah dibuat. Sehingga lebih mudah menemukan file yang disimpan.
  2. Jika ingin menyimpan file Word atau PPT dalam bentuk PDF, maka Anda hanya perlu memilih pilihan pdf pada saat menyimpan dokumen. Dengan begitu maka Anda tidak perlu repot-repot melakukan eksport file Word ke PDF.
  3. Jika file sudah disimpan dan ingin dibuka lagi. Anda tidak usah ke folder penyimpanan karena cukup buka aplikasi WPS Office sudah bisa mencari file yang barusan tersimpan.
  4. Untuk menemukan file yang sudah disimpan di WPS Office. Pilih menu Pengelola File dan pilih file yang ingin dibuka. Cara lainnya bisa juga melalui riwayat file yang baru saja dibuka yang bisa dilihat di bagian bawah tampilan halaman utama aplikasi.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara menyimpan file di WPS Office. Semoga dengan mengikuti tutorial ini, Anda dapat bisa simpan file dengan mudah di aplikasi ini. Jika masih belum paham, maka jangan sungkan meninggalkan komentar di kolom komentar yang sudah disediakan. Agar kami dapat membantu Anda. Sekian dan terima kasih.

Tutorial WPS Office Lainnya:

Post a Comment for "Cara Menyimpan File di WPS Office"