Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Header dan Footer di Wps Office Android


Jika Anda belum mengetahui cara membuat header dan footer di WPS Office Android, maka sebaiknya luangkan waktu untuk membaca artikel yang saya bagikan ini. Header adalah bagian dari dokumen Office yang sering digunakan untuk memberikan halaman maupun teks lainnya dan berada dibagian atas.

Sedangkan Footer berada dibagian bawah dan sering juga dijadikan tempat untuk menampilkan nomor halaman. Biasanya kita sering membuat Header dan Footer menggunakan aplikasi Microsoft Word pada laptop dan PC.


Namun dengan adanya aplikasi WPS Office kita dapat membuatnya di HP Android dan iOS sehingga memudahkan orang dalam mengerjakan tugas sekolah, kuliah dan lainnya. Tentu saja Anda yang sering bekerja memakai Office ada bagusnya jika belajar menggunakan WPS Office.

Memiliki fungsi yang hampir sama dimana Anda dapat membuka file Excel, Word, PowerPoint dan PDF. Anda tidak perlu repot-repot membuka laptop jika ingin membuat Header dan Footer karena bisa dilakukan dengan bantuan WPS Office.

Cara Membuat Header dan Footer di Wps Office Android


Jika ingin menggunakan aplikasi ini, silakan terlebih dahulu memperbarui WPS Office Anda, jangan sampai tampilan dan fitur yang terbaru tidak bisa Anda gunakan. Lakukan update aplikasi melalui Google Play Store dan App Store. Jika sudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Cara pertama, buka aplikasi WPS Office di HP Android maupun iOS
  • Pada tampilan aplikasi, silakan buka dokumen baru dengan cara memilih icon tanda tambah > Dokumen
  • Jika sudah memiliki file, Anda pilih saja bagian pengelola file > Dokumen, silakan cari filenya
  • Setelah masuk ke halaman kerja, pilih tombol Edit dibagian kiri atas agar tool yang digunakan akan aktif
Cara Membuat Header dan Footer di Wps Office Android
  • Kemudian pilih tool Alat dibagian bawah sebelah kiri, lalu silakan geser pilihan menu sampai menemukan menu Sisipkan (Insert). Scroll kebawah lalu pilih Kepalan & Kaki (Header & Footer)
  • Selanjutnya Anda tinggal mengetikkan teks ke kolom yang sudah disediakan. Misalnya disini saya membuat teks nama saya
  • Untuk memberikan efek huruf tebal, miring dan mewarnai teks. Silakan pilih Icon Tool > Depan
  • Pada bagian itu, Anda juga dapat mengganti jenis huruf
  • Jika sudah membuat Header, pilih lagi bagian bawah untuk membuat Footer
  • Lalu pilih tombol Save dibagian atas sebelah kiri
Cara Membuat Header dan Footer di Wps Office Android

  • Selesai

Cara Menghapus Header dan Footer di Wps Office

  • Masuk ketampilan menu dengan cara pilih Icon Tool
  • Pilih menu Sisipkan kemudian cari pilihan Kepalan & Kaki
  • Nantinya aplikasi ini akan menampilkan Header dan Footer yang sudah dibuat. Anda hanya perlu menghapusnya dengan memakai tombol hapus pada keyboard
  • Kemudian tekan tombol Close dan Save dokumen Anda
  • Selesai

Aplikasi WPS Office yang saya gunakan sudah bisa menampilkan Bahasa Indonesia sehingga menu dan tool yang ada sudah bisa dibaca dengan mudah. Jika masih memakai Bahasa Inggris sebaiknya perbarui aplikasi Anda agar memudahkan Anda pada saat memilih menu dan tool yang ada.

Meskipun saat ini WPS Office masih belum memberikan fitur Header dan Footer yang cukup lengkap seperti Microsoft Word, namun Anda masih bisa terbantu dengan fitur yang sederhana ini. 

Jika sudah mahir menggunakan WPS Office, maka pekerjaan Anda kedepannya akan cukup mudah dilakukan, apalagi jika laptop atau komputer yang dipakai sering digunakan oleh anak maupun keluarga sehingga membuat Anda sulit mengerjakan tugas. Namun dengan bantuan aplikasi ini maka hal tersebut tidak akan mengganggu Anda lagi.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara membuat Header dan Footer di WPS Office Android. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dalam mengerjakan tugas maupun keperluan lainnya. Jika masih ada yang belum dimengerti silakan berikan komentar agar bisa saya pandu.

Jika menyukai artikel saya, jangan lupa sering mampir ke situs Sobat-Tutorial supaya bisa mendapatkan informasi menarik seputar teknologi. Sekian dan terima kasih.

Baca juga:

Post a Comment for "Cara Membuat Header dan Footer di Wps Office Android"