Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Quran Indonesia


 Bagi Anda yang terkadang lambat melakukan sholat tepat waktu, maka tidak ada salahnya jika Anda mengaktifkan suara adzan di aplikasi Al-Quran Indonesia. Untuk aplikasinya dapat Anda unduh di Google Play Store secara gratis.

Cara mengaktifkan suara adzan di aplikasi Al-Quran Indonesia sebenarnya mudah dilakukan, namun jika Anda baru pertama kali menggunakan aplikasinya, pasti akan kesulitan dalam mengatur suara Adzan sesuai wilayah tempat Anda berada.


Nah pada tutorial kali ini sobat-tutorial sudah membuatkan cara agar Anda dapat dengan mudah mengatur dan mengaktifkan suara adzan di apliaksi Al-Quran Indonesia. Jadi Anda bisa tepat waktu dalam melaksanakan sholat 5 waktu.

Cara Mengaktifkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Quran Indonesia

Aplikasi Al-Quran Indonesia sangat berguna dalam mengiatkan sholat, misalnya saja Anda sedang bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya sehingga tidak melihat jam sholat. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda bisa mendengar suara adzan melalui HP yang Anda gunakan.

Jadi jika tempat Anda bekerja berada cukup jauh dari masjid sehingga sulit untuk mendengar suara adzan, Anda tidak usah khawatir lagi karena dengan bantuan teknologi saat ini kita sudah bisa mendengar suara adzan melalui HP Android maupun Iphone dengan bantuan aplikasi Al-Quran Indonesia.

Mengaktifkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Quran Indonesia

Untuk mengaktifkan suara Adzan di aplikasi Al-Quran Indonesia, terlebih dahulu pastikan Anda sudah tahu jadwal sholat 5 waktu di daerah Anda masing-masing. Jika sudah silahkan Anda instal aplikasinya yang bisa Anda unduh di Play Store.


Berikut ini langkah-langkah dalam mengatur dan mengaktifkan suara adzan di aplikasi Al-Quran Indonesia:

  • Pertama buka aplikasi Al-Quran Indonesia di HP yang Anda gunakan.
  • Lalu pada tampilan aplikasi, terdapat banyak pilihan menu. Silahkan Anda pilih menu Jadwal Sholat.
Cara Mengaktifkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Quran Indonesia
  • Nantinya Anda akan disuruh untuk mengaktifkan lokasi Anda berada agar aplikasi dapat menyesuaikan jadwal waktu sholat ditempat Anda. Setelah itu akan muncul notifikasi, Anda tekan pilihan ‘Ya saya mengerti’.
  • Tunggu beberapa saat sampai aplikasi mendapatkan lokasi Anda. Jika sudah maka Anda dapat melihat jadwal sholat yang ada di aplikasi Al-Quran Indonesia yang telah disesuaikan dengan lokasi Anda.
Cara Mengaktifkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Quran Indonesia
  • Terdapat 6 alarm sholat yang bisa Anda atur seperti Imsak, Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya. Untuk mengaktifkan suara adzan, Anda hanya perlu klik salah satu jadwa sholat tersebut dan akan muncul notifikasi.
  • Silahkan pilih notifikasi Suara Standar Alarm.
  • Selesai. Anda sudah berhasil mengatur sekaligus mengaktifkan suara adzan.

Dengan mengikuti tutorial di atas, maka Anda sudah bisa mengaktifkan suara adzan yang ada di aplikasi Al-Quran Indonesia. Adapun pengaturan lainnya yang bisa Anda pelajari agar bisa lebih memahami penggunakan aplikasi ini, dapat Anda lihat dibawah ini.


Tips Dalam Mengatur dan Mengaktifkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Quran Indonesia

  1. Adapun tips yang bisa Anda pelajari pada saat ingin mengaktifkan suara adzan di aplikasi ini sebagai berikut:
  2. Jika Anda ingin melihat jadwal sholat 5 waktu dalam 30 hari kedepan yang sudah disesuaikan dengan lokasi Anda. Silahkan Anda masuk di menu Jadwal Sholat dan klik ikon kalender yang ada dibagian atas sebelah kanan.
  3. Jika Anda sudah berada di lokasi yang berbeda dengan lokasi yang telah diatur sebelumnya, maka Anda dapat mengganti lokasi tersebut dengan memilih ikon lokasi yang ada disamping ikon kalender. Nantinya Anda akan disuruh untuk memilih lokasi berdasarkan GPS/Network dan Manual (pilih dari peta).
  4. Untuk mengatur volume suara adzan, Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan dengan memilih ikon pengaturan yang disamping ikon lokasi. Kemudian pilih menu Volume Adzan dan atur volume dengan menarik titik ke arah bawah untuk mengecilkan dan tarik ke atas untuk mengeraskan volume adzan.
  5. Jika fitur yang saya jelaskan belum tersedia di aplikasi yang sudah Anda gunakan, maka solusinya adalah memperbarui aplikasi Anda di Play Store agar fitur terbaru dapat Anda gunakan.
  6. Untuk mengatur ukuran font Arabic dan ukuran font biasa, silahkan masuk di menu pengaturan. Pada menu pengaturan dapat juga membantu Anda dalam mengaktifkan terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Aplikasi yang Mirip Dengan Al-Quran Indonesia

Selain aplikasi Al-Quran Indonesia yang memiliki fitur suara adzan. Terdapat juga aplikasi jenis lainnya yang bisa digunakan sebagai pengingat waktu sholat dan membantu Anda menghafal Al-Quran. Untuk aplikasinya dapat Anda lihat dibawah ini.

  1. Aplikasi Muslim Pro, aplikasi jenis ini memiliki fitur yang dapat membantu Anda mengingat jadwal sholat dan sudah dilengkapi Al-Quran dalam bahasa Arab.
  2. Aplikasi Adzan Indonesia cocok digunakan untuk Anda yang berada di wilayah kota Indonesia. Untuk aplikasinya dapat diunduh di Play Store.
  3. Aplikasi Jadwal Waktu Sholat Indonesia dibuat oleh Kemenag yang mengikuti jadwal yang sudah diatur di situs resmi Kemenag.
  4. Aplikasi Umma yang juga memiliki fitur yang hampi sama dengan Aplikasi Al-Quran Indonesia yang menampilkan Al-Quran, jadwal sholat dan alarm adzan.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara mengaktifkan suara adzan di aplikasi Al-Quran Indonesia. Semoga tutorial yang Anda baca dapat bermanfaat dalam membantu Anda untuk mengaktifkan sekaligus mengatur suara adzan di aplikasi Al-Quran Indonesia. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Suara Adzan di Aplikasi Al-Quran Indonesia"