Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Spasi di Photoshop


 Photoshop merupakan perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengedit foto melalui PC dan Laptop. Pada saat kita menambahkan teks pada foto, terkadang spasi yang diberikan tidak rapi, sehingga membuat peletakkan teks menjadi berantakan. Bagi Anda yang hobi menggunakan aplikasi Photoshop tentu tidak ingin jika foto yang di edit menampilkan teks yang memiliki spasi yang kurang rapi.

Cara Mengatur Spasi di Photoshop

Cara mengatur spasi di Photoshop sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun bagi orang yang baru pertama kali menggunakan perangkat lunak ini biasanya akan bingung. Saya sendiri waktu pertama kali belajar memakai Photoshop, masih belum paham bagaimana mengaturnya. Namun setelah belajar mengatur dan mengubah line spacing di Photosop, sekarang saya sudah mahir dan bisa menampilkan teks dengan rapi.


Jika Anda ingin bisa mengatur spasi pada foto dan objek lainnya menggunakan Photoshop, maka sebaiknya simak pembahasan ini, karena sobat-tutorial akan memberikan langkah-langkah dalam mengatur line spacing di Photoshop. Apalagi penjelasannya dilengkapi dengan gambar tutorial yang mudah dimengerti.

Untuk mengikuti tutorial ini, silahkan siapkan PC atau Laptop dan juga pastikan sudah menginstal aplikasi Photoshop.

Cara Mengatur Spasi di Photoshop

Untuk versi Photosop yang digunakan, bisa versi CC dan CS. Jadi Anda tidak usah khawatir jika memakai versi yang berbeda. Berikut langkah-langkah dalam mengatur spasi di Photoshop:

  • Pertama, buka aplikasi Photoshop yang sudah Anda instal.
  • Lalu pilih jenis kertas yang ingin dipakai, misalnya A4. Tekan tombol OK untuk ke halaman kerja.
  • Setelah itu, pada tampilan halaman kerja terdapat kumpulan tool yang bisa dipakai mengedit foto. Cari dan pilih tool Text > Horizontal Type Tool.
  • Lalu klik kiri dan tahan sampai terbentuk kotak text yang nantinya diisi dengan teks.
Cara Mengatur Spasi di Photoshop
  • Kemudian ketikkan teks yang ingin diatur spasinya. Seperti pada contoh gambar dibawah ini yang menampilkan teks yang terlihat berantakan.
Cara Mengatur Spasi di Photoshop
  • Untuk cara mengatur spasinya adalah memilih menu Window yang ada di menu bar, lalu pilih sub menu “character”.
  • Nanti akan tampil jendela kecil di sebelah kanan, seperti pada gambar dibawah.
Cara Mengatur Spasi di Photoshop
  • Seleksi teks yang sudah di ketik tadi, kemudian pilih jendela character, Pada kolom yang sudah saya berikan tanda merupakan kolom untuk mengatur Line Spacing. Masukkan jarak spasi yang ingin digunakan.
  • Tekan Enter dan tutup jendela character untuk melihat hasilnya.

Pada saat selesai mengatur spasi dan Anda ingin mengatur dan memilih jenis posisi teks. Namun masih belum tahu caranya, maka Anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini.


Cara Mengatur Posisi Teks di Photoshop

Perlu Anda tahu, selain mengatur spasi. Anda juga dapat mengatur posisi teks di Photoshop sehingga menampilkan paragraf yang rapi dan nyaman dibaca. Untuk tutorialnya dapat dilihat dibawah ini.

  • Silahkan pilih tool Text > Horizontal Type Tool.
  • Lalu masukan kalimat yang ingin diatur posisinya. Seperti pada gambar dibawah ini.
  • Selanjutnya pilih menu Window > Paragraph. Nanti akan muncul jendela paragraph dibagian kanan.
  • Pada pilihan Paragraph, terdapat jenis posisi teks yang bisa digunakan seperti Left Align Text, Center Text, Right Align Text, Justify Last Left, Justify Last Centered, Justify Last Right dan Justify All.
  • Terdapat juga kolom spasi yang berfungsi mengatur spasi pada paragraf.
  • Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  • Selesai.

Mengatasi Justify Tidak Berfungsi di Photoshop

Jika pada saat mengatur spasi di Photoshop dan ingin memakai Justify namun tidak berfungsi, penyebabnya ialah Anda hanya menggunakan tool text tanpa membuat area teks. Untuk solusinya pilih tool text > Horizontal Type Tool.

Lalu buat media atau tempat untuk menampung teks, buat dalam bentuk kotak seperti pada tutorial di atas. Setelah itu, ketikkan atau paste kalimat yang ingin diberikan efek Justify.

Mengatasi Tulisan di Photoshop Kecil

Jika pada saat memasukkan teks, ternyata ukuran teks kecil. Maka solusinya adalah seleksi teks dan atur ukurannya melalui Font Size yang ada pada menu bar Photoshop. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis size sesuai kebutuhan.

Kenapa tulisan di Photoshop tidak muncul?

Ada beberapa masalah yang mengakibatkan tulisan tidak tampil, diantaranya yaitu akibat warna teks yang sama dengan latar, layer teks berada dibawah objek foto dan kanvas, ukuran font yang kecil dan penempatan teks yang diluar dari area kanvas.

Jika Anda sudah tahu masalahnya sebaiknya pada saat mengetikkan tulisan, perhatikan masalah yang sudah disebutkan tadi.

Tutorial Photoshop lainnya:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara mengatur spasi di Photoshop. Semoga bisa berguna bagi Anda yang hobi memakai aplikasi editing ini. Jika ada yang masih belum dimengerti, silahkan tinggalkan komentar agar bisa diberikan saran. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatur Spasi di Photoshop"

close