Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Ukuran Logo di Word


 Logo adalah gambar yang memiliki arti tertentu dan bentuknya berbeda. Dalam dunia pendidikan logo sering dimasukkan ke dalam makalah, proposal dan skripsi yang biasa diletakkan dihalaman depan (sampul). Pada saat memasukkan logo di Word terkadang ukuran yang dimasukkan tidak sesuai atau berantakan sehingga membuat kita kerepotan.

Cara Mengatur Ukuran Logo di Word

Maka dari itu kita harus mengetahui cara mengatur ukuran logo di Word agar bisa menggunakan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Microsoft Word saat ini sering dipakai oleh anak-anak sekolah dan mahasiswa dalam mengerjakan tugas, bahkan orang yang bekerja di kantor juga ikut menggunakan aplikasi pengolah kata yang satu ini.


Pada pembahasan kali ini sobat-tutorial akan membahas mengenai bagaimana mengatur ukuran logo di Microsoft Word yang bisa Anda pelajari dengan mudah. Oleh karena itu, sebaiknya luangkan waktu sejenak dalam membaca dan mengikuti tutorial yang diberikan.

Cara Mengatur Ukuran Logo di Microsoft Word

Untuk versi Word yang digunakan bisa menyesuaikan misalnya versi 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019. Pastikan sudah menginstal Microsoft Word dan jika sudah silahkan ikuti langkah-langkah dalam mengatur ukuran logo berikut ini.

  • Pertama, buka dokumen Word yang terdapat logo yang ingin diatur ukurannya.
  • Jika belum memasukkan logo, silahkan pilih menu Insert > Picture, kemudian cari logo yang mau dimasukkan.
  • Setelah itu, klik logo dan pilih Menu Format. Lalu klik ikon Size.
Cara Mengatur Ukuran Logo di Word
  • Nanti akan tampil jendela Layout. Pada pilihan Size, terdapat kolom Height dan Width, silahkan Anda ketikkan ukuran logo pada kolom tersebut misalnya ukuran 3x3 cm.
  • Selanjutnya pada bagian Scale, hilangkan centang Lock Aspect Ratio dan Relative to Original Picture Size agar ukuran yang dimasukkan tadi tidak berubah. Seperti pada gambar dibawah ini yang menampilkan logo skripsi di Word.
Cara Mengatur Ukuran Logo di Word
  • Anda bisa melihat ukuran yang digunakan pada bagian Original Size. Tekan OK untuk melihat hasilnya.
  • Selesai.

Jika Versi Word yang Anda pakai tidak menggunakan CM, maka Anda bisa mengikuti tutorial mengubah satuan ukuran di Word menjadi CM. Sedangkan untuk mengatur letak posisi logo, Anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini.


Mengatur Posisi Logo di Word

Setelah selesai mengatur ukuran, selanjutnya kita atur posisi logo agar bisa diletakkan pada posisi yang tepat. Adapun langkah-langkahnya bisa Anda lihat sebagai berikut.

  • Klik logo dan pilih menu Format.
  • Pada bagian grup Arrange, pilih Position. Nanti akan muncul beberapa pilihan posisi yang bisa digunakan seperti Left, Right, Center, Middle, Middle Center, Middle Left dan lainnya.
  • Jika ingin mengatur posisi secara manual menggunakan Mouse atau Touchpad, maka pilih bagian Wrap Text > Square.
  • Selesai.

Tutorial Word Lainnya:

Jenis – Jenis Ukuran Logo di Word

Pada saat memasukkan logo, ada baiknya jika mengetahui jenis ukuran yang cocok. Berikut ini beberapa ukuran logo yang bisa digunakan:

  • 250 x 100 Piksel
  • 3 x 3 CM
  • 2 X 3 CM
  • 3 X 4 CM
  • 18 X 10 CM
  • 1280 X 720 Piksel
  • 5 X 5 CM

Mengetaui Dasar-Dasar Ukuran Logo

Anda harus mengetahui karakteristik logo yang ingin digunakan, misalnya ukuran logo dalam piksel 250 x 100 piksel yang artinya kita memiliki ukuran logo dengan lebar 250 dan tinggi 100 piksel. Semakin besar jumlah piksel maka semakin detail logo yang ditampilkan.

Untuk ukuran file logo biasanya 2 MB, namun semakin banyak piksel yang Anda atur maka ukuran logo akan semakin besar. Jika ingin memakai format file logo, ada bagusnya menggunakan PNG (Portabel Network Graphics) karena tidak menampilkan latar belakang yang tidak perlu ditampilkan.

Tips Mengatur Ukuran Logo di Word

Pada saat selesai membuat ukuran yang tepat baik dari tinggi dan lebar logo, namun tampilan di halaman kerja tidak sesuai yang  sudah dimasukkan. Ini terjadi akibat Anda lupa menghilangkan centan pada pilihan Lock Aspect Ratio dan Relative to Original Picture Size yang ada pada jendela Layout Size. Oleh karena itu hapus centangnya agar dapat menampilkan ukuran yang diinginkan.

Untuk melihat posisi logo yang jelas, ada bagusnya jika melalui jendela Print Layout. Caranya pilih menu File > Print. Lalu atur Zoom menjadi 100 %. Jika Anda mau mengubah ukuran objek lainnya misalnya Shape, Gambar dan sebagainya maka klik objek tersebut dan pilih menu Format > Size.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara mengatur ukuran logo di Word. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda, jangan lupa bagikan artikel ini supaya orang lain bisa mempelajarinya, sampai jumpa ditutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatur Ukuran Logo di Word"