Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Shape di Google Docs

 Shape adalah kumpulan objek yang memiliki banyak bentuk mulai dari kotak, segitiga, lingkaran, garis dan sebagainya. Selain di Word, ternyata kita juga bisa membuat Shape melalui Google Docs yang merupakan aplikasi pengolah kata yang bisa diakses melalui Google.


Cara membuat shape di Google Docs akan menjadi pembahasan utama kita dalam tutorial ini, dengan begitu nanti Anda dapat mengetahui caranya yang bisa dipraktekan dengan mudah dan cepat. Ada banyak kegunaan Shape yang bisa didapatkan misalnya ingin membuat Flowcart untuk tugas Skripsi dan menyisipkan gambar seperti tanda panah, kotak, persegi dan lainnya.

Cara Membuat Shape di Google Docs

Google Docs bisa menjadi alternatif dari Microsoft Word yang sudah sering digunakan, jika tidak nyaman memakai Word, maka tidak ada salahnya jika memulai menggunakan aplikasi Google yang satu ini. Apalagi fitur yang disediakan tidak kalah lengkap dari aplikasi pengolah kata lainnya.


Membuat dokumen yang lebih menarik tidak lepas dari adanya Shape yang disisipkan. Tentu akan sangat bermanfaat jika Anda sudah bisa memasukkan Shape di Google Dokumen melalui perangkat HP dan Laptop yang sudah sering digunakan dalam mengerjakan tugas. Jika penasaran dengan cara membuatnya, silahkan Anda simak baik-baik tutorial yang diberikan.

Cara Membuat Shape di Google Docs

Sebelum masuk ke tutorialnya, pastikan sudah menyiapkan perangkat untuk membuka Google Dokumen, bisa melalui laptop, PC dan Smartphone Android/iOS. Jika sudah, maka silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  • Langkah pertama masuk ke Google Docs melalui browser misalnya Google Chrome.
  • Lalu pada tampilan halaman pertama, pilih dokumen kosong.
  • Setelah masuk ke halaman kerja, pilih menu Sisipkan (Insert) > Karakter Khusus (Special Characters).
Cara Membuat Shape di Google Docs
  • Selanjutnya pilih jenis Shape yang ingin dimasukkan, Anda bisa melihat Shape yang sudah dipilih tampil di halaman kerja Google Docs. Seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat Shape di Google Docs
  • Anda dapat melihat banyak pilihan Shapes melalui pilihan kategori.
  • Untuk memperbesar ukuran, seleksi objek Shape dan pilih size.
  • Gunakan fitur pencarian untuk menemukan Shape yang sedang dicari.
  • Selesai.

Selain Shape, Anda juga bisa membuat pangkat di Google Docs. Silahkan manfaatkan fitur yang ada dalam memudahkan pekerjaan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs


Menyimpan Shape di Google Docs

Setelah selesai membuat Shape pada dokumen dan ingin menyimpannya, maka Anda dapat mengikuti tutorial dibawah ini.

  • Pada tampilan halaman kerja, pilih menu File > Download.
  • Terdapat banyak pilihan opsi untuk menyimpan dokumen seperti Word, Odt, Rtf, PDF, TXT, HTML dan epub. Silahkan simpan pekerjaan Anda sesuai format dokumen yang dibutuhkan.
  • Kemudian pilih lokasi dimana Anda ingin menyimpan file dokumen.
  • Selesai.

Mengenal Fitur di Google Docs

Untuk menggunakan Google Docs, ada bagusnya jika mengetahui fitur yang ada agar memudahkan Anda mengerjakan tugas. Berikut ini penjelasan mengenai fitur yang bisa dipakai:

  1. Fitur Share, dengan adanya fitur ini kita bisa membagikan dokumen kepada siapapun yang membutuhkan. Anda hanya perlu memasukkan emai pengguna lain atau membagikan link dokumen yang sudah dibuat.
  2. Fitur Offline. Ternyata Google Docs bisa digunakan tanpa memakai jaringan internet. Caranya cukup mudah yaitu masuk di menu File dan pilih opsi Make Available Offline, dengan begitu Anda dapat mengerjakan tugas tanpa khawatir jika jaringan tidak mendukung.
  3. Fitur Download juga tersedia pada saat ingin mengunduh file dalam bentuk format docs, odt, rtf, pdf dan lainnya sehingga mempermudah pengguna menyimpan pekerjaan yang sudah dibuat.
  4. Tampilan Interface juga termasuk fitur Google Docs yang menarik dibahas karena memiliki tampilan antar muka yang mudah dipahami dan menampilkan menu dan tool yang bisa diakses dengan cepat.

Keunggulan Google Docs

Adapun keunggulan dari Google Dokumen yang harus Anda tahu sebagai berikut:

  1. Bisa melakukan diskusi secara langsung, terdapat fitur Chat & Comment yang bisa membantu pengguna untuk berdiskusi mengenai dokumen yang sudah dikerjakan. Biasanya dilakukan oleh Mahasiswa untuk konsultasi mengenai laporan kepada dosen.
  2. Dapat mengirim dokumen secara langsung, perlu Anda tahu Google Dokumen dapat mengirim file melalui gmail yang sudah terhubung ke akun pengguna. Caranya pilih menu File dan klik Email as attachment.
  3. Mengedit secara bersamaan. Maksudnya pengguna dapat mengerjakan tugas dengan beberapa orang yang sudah dipercayakan. Anda hanya perlu memberikan akses lalu memulai bekerjasama. Jika ingin melihat perubahan yang sudah dilakukan oleh Anda dan orang lain, caranya klik link See new changes atau Last edit was by nama pengguna.

Akhir Kata

Sekian dulu tutorial mengenai cara membuat shape di Google Docs. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan tutorial ini agar orang lain bisa mempelajarinya. Jika ada yang mau ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Shape di Google Docs"