Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Word

 Microsoft Word saat ini sering dipakai untuk mengerjakan berbagai macam tugas yang dapat diketik, misalnya membuat dokumen yang memiliki tabel. Biasanya pada saat membuat tabel yang panjang bahkan melebihi satu halaman, judul yang ada pada tabel hanya ditampilkan dihalaman pertama sehingga kita harus melakukan scroll ke halaman pertama untuk mencocokkan judul tabel.

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Word

Bayangkan jika Anda membuat laporan yang memiliki tabel dengan halaman berjumlah 10, Anda harus melakukan scroll ke atas untuk melihat judul yang ada pada tabel. Jika tidak ingin seperti itu Anda harus membuat judul tabel berulang di Word supaya bisa memudahkan pekerjaan. Nah, kebetulan pada tutorial ini akan menjelaskan mengenai cara membuatnya.


Jadi tidak usah khawatir lagi apalagi cara kerjanya cukup mudah, Anda hanya perlu membuat satu judul tabel di halaman pertama dan nanti akan secara otomatis muncul di halaman berikutnya. Dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh Microsoft Word, Anda dapat menampilkan judul tabel sesuai dengan kebutuhan.


Meskipun di Excel sangat cocok dalam membuat tabel, namun di Word tidak kalah menarik dalam membuat dan mendesain tabel. Oleh karena itu jika Anda penasaran dengan tutorialnya, sebaiknya sediakan waktu beberapa menit untuk mengikuti penjelasan yang diberikan.

Membuat Tabel di Word

Terlebih dahulu kita harus membuat tabel yang nantinya akan diulang judulnya. Namun jika sudah membuatnya, maka silahkan lanjut ke tahap berikutnya.

  • Masuk di halaman kerja Word.
  • Lalu pilih menu Insert > Table.
  • Setelah itu pilih opsi Insert Table untuk memasukkan jumlah baris dan kolom pada tabel yang mau dibuat.
  • Klik tabel dan pilih menu Layout jika ingin menambahkan baris dan kolom atau bahkan ingin menghapusnya.
  • Sedangkan untuk mendesain tabel agar terlihat menarik, klik tabel dan masuk di menu Design, nanti muncul pilihan Table Styles yang menampilkan desain tabel yang bisa digunakan. Anda juga dapat mengubah garis tabel dengan memilih bagian Borders.

Membuat Judul Tabel Berulang di Word

Setelah selesai membuat tabel, maka tahap selanjutnya adalah mengulang judul tabel. Untuk langkah-langlahnya bisa dilihat dibawah ini.

  • Pertama buka dokumen Word yang ingin dibuatkan judul tabel berulang.
  • Kemudian blok atau seleksi teks pada judul, lalu klik kanan dan pilih opsi Table Properties.
Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Word
  • Nanti akan muncul jendela kecil dari Table Properties. Pada pilihan sub menu Row dibagian Options berikan centang Repeat as header row at the top off each page agar judul yang di tabel dapat diulang di halaman berikutnya.
Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Word
  • Terakhir klik tombol OK untuk mengaktifkan judul tabel yang diulang.
  • Selesai.

Nanti Anda akan melihat judul tabel di setiap halaman Word. Jika ingin melihat hasilnya silahkan scroll ke setiap halaman yang menampilkan tabel, nanti akan tampil judul tabel disetiap halaman. Jika ingin menghilangkannya, caranya cukup mudah yaitu hapus centang pada bagian Repeat as header row at the top off each page yang ada di pengaturan Table Properties.

Selain di Word, Anda juga bisa membuat judul tabel berulang di Excel yang cukup bermanfaat dalam mengerjakan tugas.


Tutorial Word lainnya:

Tips Dalam Membuat Judul Tabel Berulang di Microsoft Word

  1. Perlu Anda tahu bahwa fitur ini hanya bisa digunakan pada saat tabel yang dibuat memiliki lebih dari satu halaman, karena Anda tidak dapat melihat judul yang diulang jika hanya di satu halaman saja.
  2. Selain masuk di menu Table Properties, kita dapat juga membuat judul tabel yang bisa diulang dengan cara masuk di menu Layout dan pada bagian Data, klik Repeat Header Rows, sehingga baris judul akan ditambahkan secara otomatis di halaman berikutnya.
  3. Jangan lupa juga atur spasi pada teks yang ada di tabel supaya menampilkan teks yang terlihat rapi.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai Microsoft Word, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan tutorial ini agar pengguna Word lainnya bisa mengetahuinya. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan berikan komentar. Sekian dan terimak kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Word"

close