Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Excel

 Judul tabel pada Excel sangat penting karena menampilkan penjelasan mengenai pekerjaan yang ingin dicetak. Tentu akan merepotkan jika dokumen yang sudah dibuat tidak menampilkan judul. Biasanya pada pengaturan standard, tampilan judul tabel hanya ada di halaman pertama, oleh karena itu kita harus mengulang setiap judul tabel dihalaman Excel yang sudah ditentukan.

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Excel

Cara membuat judul tabel berulang di Excel sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun bagi orang yang masih pemula dalam menggunakan aplikasi pengolah data yang satu ini biasanya akan kesulitan. Oleh karena itu sobat-tutorial sudah membuatkan tutorialnya yang dapat Anda pelajari dengan mudah.


Pada saat ingin mencetak dokumen Excel yang memiliki lebih dari satu halaman, tentu Anda ingin menampilkan judul disetiap tabel. Dikarenakan jika hanya muncul di halaman pertama dapat membuat pembaca bingung karena tidak dapat melihat judul tabel.


Hal ini harus Anda tahu apalagi jika sudah sering memakai aplikasi Microsoft Excel dalam bekerja. Mulai dari pekerja kantoran dan orang yang menempuh pendidikan sering menggunakan Excel. Oleh karena itu silahkan luangkan waktu sejenak dalam mengikuti tutorial yang sedang Anda baca.

Membuat Judul Tabel di Excel

Terlebih dahulu kita membuat judul tabel yang natinya akan diulang disetiap halaman kerja Excel. Caranya bisa dilihat sebagai berikut.

  • Buka Microsoft Excel dan pilih file yang ingin dibuatkan tabel.
  • Kemudian ketikkan judul tabel di kolom pertama. Sesuaikan jumlah judul dengan kolom tabel.
  • Lalu seleksi judul yang sudah dibuat dan pilih menu Home. Pada bagian Alignment pilih Paragraph Midle Align agar judul bisa ditengah.
  • Setelah itu berikan warna pada teks dan tebalkan judul dengan memilih Bold yang ada dibagian Font.


Membuat Judul Tabel Berulang di Excel

Untuk Excel yang digunakan bisa versi 2010, 2013, 2016 dan 2019. Adapun yang membedakan hanya letak dari menu yang ada di Excel, jadi tidak usah khawatir mengenai versi Excel yang Anda pakai. Berikut langkah-langkah dalam membuat judul tabel berulang.

  • Pertama buka file Microsoft Excel yang sudah dibuat.
  • Lalu pada tampilan halaman Excel, pilih menu Page Layout dan pada bagian Page Setup pilih Print Titles. Seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Excel
  • Nanti akan tampil jendela kecil Page Setup dan Pilih bagian Sheet.
  • Dibagian Sheet terdapat opsi Print Area, disini Anda perlu melakukan seleksi cell pada judul tabel agar bisa diulang setiap halaman. Caranya klik ikon Print Area dan seleksi judul pada tabel. Seperti pada gambar dibawah ini dimana menampilkan Cell $A$2:$G$2 (A2:G2).
Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Excel
  • Selanjutnya bagian Print Titles, caranya hampir sama klik ikon yang ada disamping, lalu seleksi bagian Cell yang terdapat judul tabel. Misalnya $1:$2 (baris satu dan dua).
  • Jika sudah, klik tombol OK agar pengaturan yang dibuat tadi bisa diterapkan.
  • Selesai.

Pada saat mencetak dokumen, ternyata ada garis tabel yang tidak ikut tercetak maka sebaiknya baca tutorial ini cara print Excel agar garis tidak hilang sehingga bisa membantu Anda nantinya.

Tutorial Excel lainnya:

Melihat Judul Tabel Berulang di Halaman Excel

Untuk melihat judul pada tabel yang sudah dibuat disetiap halaman, Anda dapat masuk ke Menu File > Print. Silahkan geser ke setiap halaman kerja untuk melihat judul tabel. Jika misalnya ada halaman yang tidak perlu menampilkan judul tabel di dokumen yang dibuat, Anda hanya perlu dahulukan cetak halaman yang mengharuskan menampilkan judul tabel. Setelah itu barulah Anda print halaman yang tidak usah menampilkan judul.

Tips Excel Membuat Judul Tabel Berulang di Setiap Halaman

Adapun tips yang bisa sobat-tutorial berikan supaya lebih memudahkan Anda.

  • Jika ingin menampilkan judul tabel yang diulang, maka silahkan gunakan fitur Print Titles yang terdapat pada bagian Page Setup di menu Page Layout.
  • Penggunaan tabel berulang ada baiknya diterapkan pada dokumen Excel yang memiliki tabel yang cukup banyak sampai menampilkan banyak halaman.
  • Jika tidak menemukan fitur Print Titles di Menu Page Layout. Silahkan cari dibagian menu bar lainnya, karena versi Excel sering menempatkan posisi tool yang berbeda.

Menghilangkan Print Title di Excel

Bagi Anda yang sudah tidak ingin menggunakan judul tabel berulang, maka harus menghapus Print Title. Caranya adalah masuk di menu Page Layout > Print Titles, kemudian hapus cell yang sudah diseleksi tadi yang ada dibagian Print Area dan Print Titles. Tekan OK untuk menyimpan perubahan.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat judul tabel berulang di Excel. Semoga bisa berguna bagi Anda. Jika ada yang masih belum dimengerti, silahkan tinggalkan komentar. Sampai jumpa ditutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Excel"

close