Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Lewat WA


 Whatsapp merupakan aplikasi yang dapat membantu kita dalam mengirim pesan dalam bentuk teks, gambar, suara dan video. Selain itu, ternyata WA juga dapat mengirim file dari laptop ke HP dengan cepat sehingga tidak usah repot-repot menggunakan Flashdisk. Bahkan bisa mengirim file dalam jumlah yang banyak asalkan Anda masih terhubung ke jaringan internet.


Jika Anda sering mengerjakan tugas di Laptop atau PC, kemudian ingin memindahkan file ke Whatsaap maka Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh WA, adapun fiturnya yaitu Whatsapp Webb yang dapat mengirimkan file dalam jumlah yang bisa disesuaiakan.

Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Lewat WA

Biasanya orang yang ingin mengirim dan menerima file dari laptop ke HP memakai aplikasi seperti Shareit, namun cara ini kurang efektif karena sesama pengguna harus saling terhubung dengan batas jaringan yang terbatas, sedangkan Whatsapp dapat mengirim file dengan jangkauan jaringan internet yang luas.


Jika tertarik untuk mempelajarinya, maka silahkan simak baik-baik tutorial ini sampai selesai karena akan membahas mengenai bagaimana mengirim file dari laptop ke HP melalui WA. Dengan begitu Anda dapat melakukan pengiriman file sesuka hati dan pekerjaan juga dapat selesai dengan cepat.

Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Lewat Whatsapp

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan sudah menginstal browser Google Chrome di laptop maupun PC yang Anda pakai, sehingga bisa mengirim file yang tersimpan di laptop ke HP yang ingin di tuju. Jika sudah, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

  • Pertama buka Browser di laptop dan ketikkan Whatsapp Web di kolom pencarian.
  • Setelah masuk ke WA Web, lakukan pemindaian barcode dengan membuka aplikasi Whatsapp di HP dan memilih ikon titik tiga dibagian atas sebelah kanan.
Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Lewat WA
  • Kemudian pilih opsi Perangkat Tertaut > Tautkan Perangkat. Silahkan tautkan perangkat dengan memindai barcode pada Whatsapp Web yang sudah dibuka tadi.
  • Selanjutnya akan tampil jendela Chat Whatsapp di Laptop yang digunakan. Pada kolom pencarian yang bertuliskan “cari atau mulai chat baru” ketikkan nama kontak yang mau dikirimkan file.
Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Lewat WA

  • Lalu klik ikon Paper Klip atau penjepit kertas yang ada dibagian kiri. Nanti akan tampil beberapa pilihan jenis file yang bisa dikirim mulai dari foto, dokumen, kontak dan gambar. 
  • Jika ingin mengirim file dalam bentuk Word, Excel, PowerPoint, Pdf dan sebagainya maka pilih ikon kertas. Seperti pada gambad dibawah ini.
  • Silahkan mulai mencari file di laptop, lalu pilih tombol Open untuk memasukkannnya ke akun pengguna WA yang mau dikirimkan. Tunggu beberapa saat sampai file sudah terunggah.
  • Selesai.

Perlu Anda tahu, maksimal ukuran file dokumen yang dapat dikirim melalui Whatsapp yaitu 100 MB. Sedangkan untuk file dalam bentuk gambar, video dan sejenisnya maksimal 16 MB. Pastikan jaringan internet Anda stabil agar proses pengiriman bisa selesai dengan cepat.

Tutorial menarik lainnya:

Mengatasi Whatsapp di Laptop Tidak Bisa Kirim File

Jika mengalami kasus dimana Whatsapp yang ada di laptop tidak dapat mengirim file, solusinya adalah uninstal aplikasi WA yang Anda gunakan. Jangan sampai ada virus yang masuk di aplikasi tersebut. Cara lainnya adalah instal WA versi terbaru supaya perintah program yang bermasalah di Whatsapp dapat diperbaiki.

Cara Mengirim File ke Whatsapp

Melakukan pengiriman file menggunakan Whatsapp dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun asalkan memiliki kuota internet atau Wifi. Jika belum tahu caranya, maka simak tutorial dibawah ini.

  • Seperti biasa buka aplikasi Whatsapp.
  • Cari dan klik kontak yang mau dikirimkan file.
  • Setelah itu, pilih ikon penjepit kertas yang ada dibagian kiri.
  • Pilih opsi dokumen yang memiliki ikon kertas.
  • Selanjutnya cari dan pilih jenis file yang akan dikirim.
  • Pilih tombol Open untuk memasukkan filenya.
  • Tunggu beberapa saat sampai file sudah berhasil terkirim.
  • Selesai.

Akhir Kata

Dengan mengetahui cara mengirim file dari laptop ke HP lewat WA, Anda sudah bisa melakukan pengiriman file dengan memanfaatkan fitur yang dimiliki Whatsapp. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda dan teman-teman lainnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengirim File Dari Laptop ke HP Lewat WA"

close