Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tulisan Vertikal di Tabel Word


 Membuat tulisan vertikal dapat dilakukan pada tabel yang dibuat di Word. Biasanya dilakukan untuk membuat judul tabel agar menjadi vertikal sehingga terlihat lebih menarik. Jika ingin mengetahui tutorialnya silahkan simak artikel ini sampai selesai.


Microsoft Word merupakan aplikasi yang dibuat untuk bekerja di Kantor dan cocok juga dipakai untuk mengerjakan tugas sekolah dan kuliah. Jika memiliki dokumen yang mengharuskan kita menampilkan isi tabel vertikal maka kita dapat menggunakan Word yang fiturnya sudah cukup lengkap.

Cara Membuat Tulisan Vertikal di Tabel Word

Tabel sering digunakan untuk memasukkan data yang bisa disusun dalam baris dan kolom agar mudah untuk di analisi. Biasanya tabel digunakan untuk laporan penjualan, skripsi, proposal dan lain sebagainya. Pada isi tabel, kita dapat mendesainnya menjadi terlihat menarik dan mudah dipahami misalnya menampilkan judul tabel vertikal dan memberikan warna pada baris atau kolom yang dianggap penting.

Pada tutorial yang sedang dibaca ini menjelaskan bagaimana membuat tulisan yang ada di tabel Word menjadi vertikal. Untuk versi Microsoft Word yang dipakai bisa menyesuaikan misalnya Word 2007, 2010, 2016 bahkan 2019 bisa digunakan. Jadi sesuaikan saja dengan versi yang Anda gunakan.

Cara Membuat Tulisan Vertikal di Tabel Word


Untuk tutorial ini, tulisan yang sebelumnya horizontal bisa dirubah menjadi vertikal dari arah kiri dan kanan tanpa menggunakan Textbox. Mengenai tutorialnya bisa dipelajari sebagai berikut:

  • Pertama buka file Word yang memiliki tabel yang nanti dibuat tulisannya menjadi vertikal. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Membuat Tulisan Vertikal di Tabel Word
  • Sebagai contoh saya akan membuat tulisan yang sudah ditandai menjadi vertikal. Untuk caranya seleksi tulisan yang mau dibuat vertikal, lalu pilih menu Layout > Text Direction.
  • Nanti tulisan akan berubah menjadi vertikal. Silahkan atur posisi tulisan vertikal ke arah kiri atau kanan dengan memilih pilihan Alignment yang tersedia.
  • Selesai.

Cara Kedua

Selain cara di atas, Anda juga bisa membuat tulisan pada tabel menjadi vertikal dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

  • Seleksi tulisan pada tabel yang mau dibuat vertikal.
  • Kemudian klik kanan dan pilih opsi Text Direction.
  • Setelah itu muncul jendela Text Direction. Pada bagian Orientation pilih posisi vertikal yang mau Anda gunakan pada tulisan.
  • Tekan OK untuk menerapkannya.
  • Selesai.

Untuk mengembalikkan tulisan seperti semula, silahkan seleksi teks pada tabel dan pilih menu Layout > Text Direction sampai posisi tulisan kembali menjadi horizontal. Jika tinggi kolom dan baris pada tabel sulit Anda atur sebaiknya baca artikel ini Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris di Word.

Tutorial Word lainnya:

Merubah Tabel Horizontal Menjadi Vertikal Pada Word

Selain tulisan, Anda juga bisa mengubah tabel menjadi vertikal. Biasanya dilakukan jika kolom pada tabel cukup banyak. Adapun tutorialnya bisa dipelajari sebagai berikut.

  • Pertama kita rubah dulu Orientasi kertas, caranya pilih menu Page Layout > Orientation.
  • Selanjutnya pilih opsi Landscape. Jika sudah nanti kertas pada halaman akan berubah menjadi Landscape.
  • Setelah itu mulailah membuat tabel dengan memilih menu Insert > Table. Masukkan jumlah kolom dan baris yang mau dibuat.
  • Jika sudah, klik ikon panah pada tabel yang ada di pojok sebelah kiri. Kemudian pilih menu Layout > Text Direction.
  • Nanti tabel akan berubah posisi menjadi vertikal sehingga tulisan yang dimasukkan akan mengikuti posisi kolom dan baris pada tabel.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara membuat tulisan vertikal di tabel Word. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini agar orang lain bisa mempelajarinya. Jika ada yang mau disampaikan jangan lupa meninggalkan komentar. Sekian dan Terima Kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Tulisan Vertikal di Tabel Word"

close