Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Undangan di WPS Office HP


 Biasanya kita membuat undangan menggunakan aplikasi editing seperti Photoshop dan CorelDraw, namun dengan kemajuan aplikasi di Smartphone, kini orang lebih dimudahkan lagi dalam membuat sekaligus mendesain undangan memakai aplikasi WPS Office yang bisa diunduh secara gratis.


Membuat undangan di WPS Office dapat dikerjakan dengan mudah lebih bagusnya lagi aplikasi ini bisa dipakai melalui HP, jadi kita dapat mengerjakan undangan yang dibuat dimanapun dan kapanpun. Bagi Anda yang belum paham mengenai undangan ialah surat atau kartu yang berisikan sebuah undangan dari acara tertentu yang bisa Anda hadiri.

Cara Membuat Undangan di WPS Office HP

Adapun jenis undangan yaitu undangan pernikahan, undangan ulang tahun, undangan buka bersama dan masih banyak lagi. Tentu saja kita dapat membuat berbagai jenis undangan di WPS Office. Pada aplikasi WPS Office sudah menyediakan template undangan yang dapat digunakan secara gratis sehingga memudahkan kita.

Untuk artikel kali ini membahas mengenai bagaimana cara membuat berbagai jenis undangan menggunakan WPS Office di HP Android maupun iPhone. Jadi bagi Anda yang ingin mengetahui tutorialnya maka sebaiknya luangkan waktu untuk mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Cara Membuat Undangan di WPS Office


Untuk memulai membuat undangan di aplikasi WPS Office, Anda unduh dan instal dulu aplikasinya. Jika sudah menginstalnya namun masih memakai versi lama maka sebaiknya di update agar fitur yang belum ada bisa ditampilkan. Jika sudah silahkan ikuti tutorial berikut ini.

  • Langkah pertama buka aplikasi WPS Office di HP.
  • Pada tampilan beranda klik ikon tambah dibagian kanan bawah aplikasi.
  • Kemudian pilih opsi Doc (dokumen).
Cara Membuat Undangan di WPS Office HP
  • Lalu pada tampilan halaman dokumen, lakukan scroll ke bawah sampai menemukan template Invitation Letter yang merupakan template undangan berbagai macam acara.
Cara Membuat Undangan di WPS Office HP
  • Silahkan cari jenis undangan yang mau dipakai. Anda bisa melihat semua undangan dengan melakukan klik pada pilihan opsi Lihat Lainnya.
  • Selanjutnya pilih template dan nanti Anda bisa melihat tampilan undangan yang mau digunakan. Pilih opsi Gunakan Sekarang untuk memulai memakai template.
Cara Membuat Undangan di WPS Office HP
  • Tunggu sampai template terbuka ke halaman kerja. Jika sudah maka nanti kita dapat memulai membuat dan mengedit template undangan sesuai kebutuhan.
  • Ganti tulisan yang ada dengan teks yang mau dimasukkan dengan memilih menu Font.
  • Untuk menyimpan projek undangan yang sudah dibuat, silahkan klik ikon Save di pojok kiri atas. Jangan lupa tentukan lokasi penyimpanan agar lebih mudah ditemukan.
  • Langkah terakhir tunggu beberapa saat sampai proses menyimpan file selesai.


Pada aplikasi WPS Office juga dapat membuat label undangan yang biasa di tempel pada undangan pernikahan dan sebagainya. Untuk memulai mencetak undangan caranya Copy file ke Word dan mulai mencetak dengan memakai ukuran kertas A4 atau F4.

Tutorial WPS Office lainnya:

Jenis Kertas Undangan Yang Bisa Digunakan

Setelah selesai membuat undangan namun masih bingun memilih kertas yang mau dipakai, berikut ini ada 8 jenis kertas undangan yang sudah sobat-tutorial rangkum.

  1. Kertas Art Paper bisa Anda pakai untuk mencetak undangan pernikahan karena memiliki permukaan yang mengkilap dan kualitas kertasnya cukup tebal.
  2. Kertas Matt Paper memiliki kualitas yang hampir sama dengan Art Paper, perbedaannya terdapat dari kertas yang tidak mengkilap namun dapat memberikan nuansa doff sehingga terlihat elegan. Lebih bagusnya lagi kertas jenis ini dapat menyerap tinta.
  3. Kertas Samson Kraft yang merupakan hasil daur ulang yang dapat digunakan lagi. Jenis kertasnya terlihat klasik dan simple. Selain itu warna coklat pada kertas ini cocok untuk segala jenis undangan.
  4. Kertas Aster memiliki harga jual cukup mahal namun kualitas kertasnya tidak diragukan karena memiliki tekstur yang sangat halus.
  5. Kertas Jasmin memiliki harga jual yang relatif murah. Jika memiliki dana yang menipis maka sebaiknya gunakan kertas ini untuk mencetak undangan.
  6. Kertas Art Carton memiliki ketebalan lebih dari Art Paper sehingga tidak perlu menambah Hard Cover. Kertas ini dapat dilipat dan dapat didesain menjadi terlihat menarik karena mudah untuk dibentuk.
  7. Kertas Linen sangat umum dipakai untuk mencetak undangan. Ciri pada kertas ini memiliki tekstur kasar dan memiliki garis-garis timbul yang cukup unik.
  8. Kertas Concorde memiliki ciri khas yang permukaan dipenuhi dengan serat garis namun bisa di kreasikan menjadi terlihat unik dan klasik.

Ada banyak jenis kertas undangan yang bisa dipakai. Sesuiakan saja dengan isi dompet Anda.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara membuat undangan di WPS Office. Semoga bisa dimengerti dengan mudah. Jika ada yang mau ditanyakan seputar undangan maka ada baiknya jika meninggalkan komentar supaya bisa kami bantu. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Undangan di WPS Office HP"

close