Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Peta Konsep di WPS Office HP Android


 Peta konsep merupakan diagram yang saling berkaitan satu sama lain yang didesain agar orang dapat mengerti alur dari pembahasan yang sedang dijelaskan. Untuk membuat peta konsep atau biasa disebut Mind Mapping, Anda dapat menggunakan aplikasi Android seperti WPS Office.

Cara membuat peta konsep di WPS Office cukup mudah untuk dilakukan karena aplikasi ini telah menyediakan tool dan fitur lainnya yang dapat memudahkan pengguna untuk membuat sekaligus mendesain peta konsep sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda tertarik belajar membuat Mind Mapping di WPS Office, maka Anda dapat membaca tutorial kali ini.


Anda hanya perlu menyiapkan aplikasi WPS Office yang sudah terinstal di HP Android maupun Iphone yang Anda pakai. Kemudian menyiapkan konsep peta konsep yang ingin dibuat. Jika membuat peta konsep di HP maka Anda bisa mengerjakannya dimanapun dan kapanpun berbeda dengan memakai laptop yang memiliki ukuran cukup besar sehingga akan merepotkan dibawa kemana-mana.

Cara Membuat Peta Konsep di WPS Office HP Android

Nah pada tutorial kali ini sobat-tutorial akan membahas cara membuat peta konsep menggunakan WPS Office di HP yang bisa Anda pelajari dengan mudah karena dilengkapi gambar yang dapat mempermudah Anda mengikuti tutorial ini. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasannya dibawah ini.

Tips Membuat Peta Konsep yang Baik


Sebelum membuat peta konsep, ada baiknya jika mengetahui tips dalam membuatnya agar bisa menghasilkan Mind Mapping yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Adapun tipsnya sebagai berikut:

  • Siapkan terlebih dahulu topik pembahasan yang ingin dibuatkan peta konsep.
  • Masukkan gambar atau ikon yang berkaitan dengan topik pembahasan.
  • Pada saat memasukkan kata kunci, usahakan kata kunci tersebut saling berkaitan dan bisa Ada jelaskan dengan mudah.
  • Jelaskan hubungan kata kunci dengan topik pembahasan
  • Buat desain peta konsep yang menarik agar orang bisa dengan nyaman melihat dan membaca peta konsep yang dibuat.

Cara Membuat Peta Konsep di WPS Office HP

Setelah sudah mengetahui tips mengenai pembuatan peta konsep, maka tahap selanjutnya adalah mempelajari cara membuat Mind Mapping di aplikasi WPS Office. Berikut langkah-langkah membuat peta konsep di WPS Office.

  • Pertama buka aplikasi WPS Office di HP Anda.
  • Setelah itu, klik tombol ikon pencarian yang letaknya ada di atas layar HP seperti pada contoh gambar dibawah ini.
  • Kemudian ketikkan di pencarian keyword ‘Mind Mapp’, tunggu beberapa saat sampai WPS Office menampilkan template Peta Konsep. Klik template tersebut agar bisa dilakukan pengeditan.
Cara Membuat Peta Konsep di WPS Office HP Android
  • Tunggu beberapa saat sampai Anda di arahkan ke lembaran kerja, disini Anda dapat menambahkan teks, gambar dan mengubah warna peta konsep agar sesuai dengan topik yang Anda bahas.
  • Untuk menyimpan peta konsep yang sudah dibuat, pilih tombol Save lalu simpan file tersebut sesuai format yang Anda inginkan. Misalnya PowerPoint, Word dan PDF.
  • Selesai


Perlu Anda tahu template peta konsep yang ada di WPS Office memiliki format Word dan PowerPoint. Selain itu, ada beberapa template yang pada saat ingin digunakan mengharuskan kita berlangganan atau membeli template tersebut.

Nah jika Anda ingin membuat Mind Mapp secara manual di WPS Office, maka Anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Membuat Peta Konsep Secara Manual di WPS Office

Untuk membuat secara manual, kita bisa melakukannya di PowerPoint yang ada di WPS Office. Dengan menggunakan pilihan menu PPT maka kita bisa menambahkan teks, gambar, shape, transisi antar slide dan animasi. Berbeda jika dibuat di Word yang tidak dapat membuat animasi gambar dan transisi.

Berikut langkah-langkah membuat peta konsep secara manual di WPS Office:

  • Silahkan buka PowerPoint di WPS Office dengan cara memilih pilihan PPT

  • Setelah itu, pilih slide kosong. Tunggu beberapa saat sampai Anda masuk ke halaman kerja PowerPoint.
  • Kemudian pada slide yang muncul. Anda hapus terlebih dahulu teks yang tampil. Selanjutnya pilih menu Bentuk/Shape agar Anda dapat memasukkan objek shape ke dalam area slide yang kosong.
Membuat Peta Konsep Secara Manual di WPS Office
  • Terdapat banyak shape yang bisa Anda gunakan untuk membuat peta konsep. Seperti bentuk kotak, garis, lingkaran dan sebagainya.
  • Jika ingin memberikan warna, klik objek shape lalu pilih menu Alat dibagian sebelah kiri dan pilih menu Bentuk.
Cara Membuat Peta Konsep di WPS Office HP Android
  • Sedangkan untuk menambahkan teks, klik objek shape dan pilih tool teks yang sudah disediakan.
  • Selesai

Dengan mengikuti tutorial di atas, maka Anda sudah bisa mengetahui dan mempelajari membuat peta konsep baik secara manual maupun menggunakan template yang sudah tersedia. Jika font yang disediakan di WPS Office tidak menarik, maka Anda dapat mengubah Font di Wps Office agar bisa memakai font yang menarik dan nyaman dibaca.

Manfaat Membuat Peta Konsep

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan pada saat membuat peta konsep seperti dapat membantu Anda dalam menghubungkan topik dengan pembahasan yang berkaitan satu sama lain. Selain itu juga bisa membantu dalam memperoleh wawasan dan ide baru. Itulah mengapa peta konsep sering dipakai dalam presentasi maupun media pembalajaran.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial cara membuat peta konsep di WPS Office. Semoga tutorial kali ini dapat membantu Anda untuk membuat dan mendesain peta konsep yang sudah Anda rancang. Sekian dan terima kasih.

Tutorial WPS Office Lainnya:

Post a Comment for "Cara Membuat Peta Konsep di WPS Office HP Android"

close