Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Garis Dengan Ukuran CM di Word


 Bagi Anda yang sedang kesulitan membuat garis dengan ukuran Centimeter di Word maka sebaiknya simak tutorial ini sampai selesai. Pada saat kita ingin menambahkan garis dan kotak yang terdapat pada objek Shape, terkadang ukuran yang ditampilkan dalam satuan inci dan MM sehingga kita yang ingin menggunakan CM biasanya kesulitan karena tidak tahu bagaimana mengganti satuan ukuran.


Saya sendiri sangat menyukai jika memakai ukuran CM yang mudah diingat. Nah jika Anda juga termasuk maka tentu tidak terbiasa jika memakai satuan ukuran yang berbeda. Sebenarnya cara membuat garis menggunakan ukuran CM sangatlah mudah dilakukan karena tool yang ada di Word sudah cukup lengkap.

Namun bagi orang yang masih belum menguasai menu dan tool di MS Word akan kesulitan mengubah satuan ukuran jadi CM. Untuk membuat garis di Word kita terlebih dahulu menentukan jenis satuan panjang yang mau dipakai apakah CM, MM, Inci dan lain sebagainya. Untuk menentukan satuan panjang atau ukuran kita terlebih dahulu membuat garis dengan panjang yang sudah ditentukan misalnya satu Meter menjadi 100 Centimeter.


Nah jika Anda ingin membuat atau menggambar garis di Microsoft Word memakai satuan CM maka sobat-tutorial memberikan langkah-langkahnya yang bisa dipelajari dengan mudah karena dilengkapi gambar tutorial yang dapat Anda lihat.

Mengubah Satuan Ukuran Word Menjadi CM


Sebelum membuat garis, kita terlebih dahulu mengubah satuan ukuran Microsoft Word menjadi CM. Adapun tutorialnya dapat Anda pelajari di bawah ini.

  • Langkah pertama buka Microsoft Word di PC atau Laptop yang Anda gunakan.
  • Lalu masuk di menu File > Options.
Cara Membuat Garis Dengan Ukuran CM di Word
  • Setelah itu nanti muncul jendela Word Options. Disini pilih opsi Advanced lalu scroll ke bawah sampai menemukan bagian grup Display.
  • Pada bagian Display, klik pilihan Show Measurements in units of dan ubah menjadi Centimeters supaya dapat membuat objek garis dengan ukuran CM.
Cara Membuat Garis Dengan Ukuran CM di Word
  • Jika sudah klik tombol OK untuk menerapkan perubahan.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Mengatasi MS Word Product Activation Failed

Cara Membuat Garis Dengan Ukuran CM di Word

Setelah selesai mengubah satuan ukuran atau panjang maka Anda sudah bisa membuat garis dengan memakai CM. Untuk memulainya bisa melalui versi Word yang berbeda misalnya Microsoft Word 2010, 2013, 2016 dan 2019. Untuk tutorialnya bisa dilihat sebagai berikut:

  • Silahkan masuk ke halaman kerja Word. Jangan lupa atur ukuran kertas dan margin yang mau Anda pakai.
  • Kemudian pilih menu Insert > Shape. Silahkan pilih bentuk garis (Rectangle).
  • Lalu masukkan garis dengan melakukan klik kiri dan tahan.
  • Setelah itu tekan tombol Shift pada keyboard dan tarik garis ke arah kanan sampai panjang garis yang diinginkan. 
  • Untuk mengatur ukuran panjang garis, klik garisnya dan pilih menu Format. Pada bagian Size yang ada di pojok kanan terlihat satuan ukuran CM. Silahkan masukkan ukuran yang mau dipakai pada kolom Height (tinggi) dan Weight (lebar).
  • Selesai.

Jika garis yang Anda buat tidak lurus, maka sebaiknya pada saat menarik garis jangan lupa menekan tombol Shift pada keyboard. Jika tidak ingin ada orang lain membuka dokumen Anda maka sebaiknya kunci file Word agar tidak bisa di edit.

Untuk menambahkan garis panjang di Word caranya sama dengan di atas yaitu masuk di menu Insert > Shape dan pilih garis Rectangle. Sedangkan Untuk mengatur ukuran Shape caranya klik objek Shape dan pilih menu Format > Size.

Baca juga: Cara Membuat Garis Bawah di Word

Membuat Garis di Word Agar Rapi

Adapun tips yang sobat-tutorial berikan supaya garis yang mau dibuat menjadi rapi dapat dipelajari di bawah ini.

  1. Gunakan auto format dalam membuat garis misalnya garis tunggal polos (---), garis ganda polos (===) dan garis tunggal tebal (_____).
  2. Menggunakan Horizontal Line Tool untuk menyisipkan garis.
  3. Menekan tombol Shift di Keyboard agar garis menjadi lurus pada saat ditarik.
  4. Memakai menu Shape untuk membuat dan mendesain garis.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat garis dengan ukuran CM di Word. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan artikel ini agar pengguna Microsoft Word lainnya dapat mempelajari tutorial ini. Sekian dan terima kasih. 

Post a Comment for "Cara Membuat Garis Dengan Ukuran CM di Word"

close