Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Garis Ukuran di CorelDraw


 Membuat garis dengan ukuran sering dilakukan pada saat memasukkan suatu objek desain misalnya undangan dan poster. Pada aplikasi CorelDraw Anda dapat melakukannya menggunakan menu yang sudah disediakan. Nah bagi yang belum tahu caranya maka simak tutorial ini sampai selesai.

CorelDraw merupakan salah satu aplikasi yang dibuat khusus untuk membuat grafik maupun vektor yang nanti dapat membentuk sebuah desain. Pada saat kita membuat desain, biasanya terlebih dahulu membuat garis yang nanti menjadi pola dalam gambar yang mau ditampilkan. Dengan adanya garis yang dapat di atur ukurannya maka dapat mempermudah pekerjaan kita.


Untuk membuat garis kita bisa memakai Bezier Tool dan Pen Tool. Lalu bagaimana dengan menentukan ukuran yang ada pada garis? Nah disinilah yang membuat sebagian pengguna CorelDraw merasa kesulitan karena belum tahu caranya.


Kebetulan pada artikel ini membahas mengenai cara membuat garis ukuran yang ada pada CorelDraw. Jika ingin mempelajarinya silahkan baca dan ikuti tutorial yang diberikan agar bisa mahir membuat garis sesuai dengan ukuran yang ditentukan.

Cara Membuat Garis Ukuran di CorelDraw


Adapun versi CorelDraw yang dipakai dapat disesuaikan misalnya CorelDraw X4 dan X7 karena tool yang dipakai sudah tersedia disemua versi yang ada. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat garis ukuran di CorelDraw.

  • Pertama buka aplikasi CorelDraw di Laptop atau PC Anda.
  • Setelah itu kita membuat garis dengan memilih Pen Tool.
  • Pada saat menggunakan Pen Tool, silahkan klik kanan dan tarik sambil menekan tombol Shift pada keyboard agar garis menjadi lurus, seperti pada contoh gambar di bawah ini.
5
Cara Membuat Garis Ukuran di CorelDraw
  • Untuk membuat dan menentukan ukuran pada garis yang dibuat, caranya klik garisnya lalu klik kolom Page Dimensions. Disini masukkan ukuran garis yang mau Anda gunakan maka nanti garis akan melebar dan memanjang sesuai ukuran yang dimasukkan.
  • Selesai.

Selain Pen Tool, Anda juga bisa memakai Bezier Tool, Freehand dan Polyline. Tips dari saya Gunakan tool yang bisa memudahkan Anda dalam membuat garis. Jika projek sudah selesai dikerjakan maka jangan lupa mengeksport projek di CorelDraw.

Baca juga: Cara Memotong Gambar di Corel Draw

Cara Menampilkan Ukuran di CorelDraw

Jika CorelDraw yang Anda gunakan tidak menampilkan tool ukuran, maka Anda dapat memunculkannya dengan memilih menu Window > Toolbar. Disini pilih opsi Property Bar, setelah itu nanti muncul tool Page Dimensions yang dapat memasukkan ukuran objek yang mau di atur panjang dan lebarnya.

Baca juga: Fungsi Toolbox Pada Coreldraw

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara membuat garis ukuran di CorelDraw. Semoga dapat dimengerti dan bermanfaat untuk Anda. Bagikan artikel ini agar pengguna CorelDraw lainnya dapat mempelajarinya juga. Sampai jumpa di tutorial berikutnya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Garis Ukuran di CorelDraw"

close