Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengirim File PDF Lewat Email di HP


 Dengan berkembangnya teknologi saat ini, kita sudah bisa melakukan pengiriman surat secara elektronik menggunakan email. Selain itu, email juga dapat mengirim berbagai macam jenis file seperti PDF, Word, Excel, PowerPoint dan sebagainya. Dengan begitu mampu membantu orang yang sedang bekerja dan mereka yang sedang menempuh pendidikan karena bisa mengirim tugas melalui Email.

Cara mengirim file PDF lewat Email di HP sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun bagi orang yang baru pertama memakai Email, biasanya tidak mengetahui cara tersebut. Jika Anda salah satunya, maka sebaiknya simak tutorial ini sampai selesai supaya bisa membantu Anda pada saat ingin mengirim file di Email.


Jadi Anda tidak usah khawatir jika masih belum tahu caranya, nah perlu Anda tahu salah satu syarat untuk mengirim file PDF ke Email adalah harus memiliki akun Gmail. Jika belum memilikinya sebaiknya dibuat terlebih dahulu.


Mengenai ukuran file yang dikirim maksimal 25 MB, jadi jika ukuran file cukup besar sebaiknya Anda mengirim file ke Google Drive lewat HP agar orang masih bisa mengunduh file tersebut.

Cara Mengirim File PDF Lewat Email di HP


Jika ingin mengirim file melalui Email yang ada pada HP, sebaiknya instal aplikasi Gmail untuk memudahkan Anda. Khusus pengguna Android bisa mengunduhnya di Play Store sedangkan untuk iPhone melalui App Store.

Berikut tutorial dalam mengirim file PDF lewat Email di HP:

1. Membuka Gmail

Silahkan buka aplikasi Gmail yang ada di HP Anda. Cara lainnya juga bisa membuka browser Google Chrome dan masuk di Gmail.com. Jika belum memiliki akun sebaiknya dibuat dibuat agar bisa memakai email di HP.

2. Memilih Tombol Tulis

Pada tampilan halaman beranda Gmail akan muncul daftar email atau pesan yang masuk di akun Anda. Untuk memulai mengirim file silahkan klik tombol Tulis berwarna biru yang ada dibagian kanan bawah

Cara Mengirim File PDF Lewat Email di HP

3. Memasukkan alamat email penerima

Setelah memilih tombol tulis, Anda akan diarahkan ke tampilan New Message. Disini masukkan alamat email yang mau dikirimkan file, berikan juga judul dan pesan kepada penerima supaya nanti tampil pada saat file terkirim.

4. Memasukkan file PDF

Langkah selanjutnya adalah memasukkan file PDF yang mau Anda kirim. Caranya klik ikon paper klip atau penjepit kertas yang letaknya di atas sebelah kanan. Kemudian pilih opsi Lampirkan Drive. Silahkan cari file di penyimpanan HP Anda. Jika sudah, maka file tersebut akan masuk di halaman New Message, selain itu juga tampil ukuran file PDF yang dimasukkan tadi.

Cara Mengirim File PDF Lewat Email di HP

5. Memulai mengirim file PDF

Langkah terakhir adalam mengirim file ke akun email si penerima. Caranya klik ikon kirim yang ada disamping ikon penjepit kertas. Tunggu beberapa saat sampai proses pengiriman file berhasil.

Untuk mengecek file yang kirim apakah berhasil, silahkan kembali ke halaman beranda. Lalu pilih ikon garis tiga sejajar di atas sebelah kiri. Kemudian pilih opsi menu Terkirim dan nanti semua pesan yang pernah dan sudah Anda kirim akan tampil.

Dengan mengikuti tutorial ini, maka Anda sudah bisa mengetahui bagaimana mengirim file PDF di Email melalui HP Android maupun iPhone.

Tips Mengirim File PDF di Email Menggunakan HP

Adapun tips yang bisa Anda pelajari pada saat melakukan pengiriman file melalui email berikut ini:

  1. goog_1552738966Pada saat mengirim file PDF, usahakan file tidak memiliki ukuran di atas 25 MB karena Gmail hanya bisa mengirimkan file pengguna maksimal 25 MB. Oleh karena itu kompres ukuran file agar bisa memudahkan Anda nantinya.
  2. Pastikan jaringan internet yang dipakai stabil agar proses pengiriman dapat berhasil, karena jika gagal maka nanti disimpan ke Draft yang menandakan file gagal terkirim.
  3. Untuk mengirim file dalam bentuk PDF Sebaiknya lakukan konvert dokumen, misalnya dokumen Word ke PDF.

Manfaat Menggunakan Email

  1. Selain mengirim file, email juga memiliki manfaat lainnya yang dapat Anda gunakan dalam mempermudah pekerjaan.
  2. Email memiliki fitur video Call yang bisa digunakan untuk rapat sesama teman kerja. Untuk menggunakan fitur ini silahkan buka Gmail dan pilih opsi Rapat. Setelah itu gabung pakai Kode yang Anda tentukan.
  3. Email bisa digunakan secara gratis dan dapat mengirim surat elektrik secara luas. Berbeda dengan surat tradisional yang mengharuskan kita mengeluarkan biaya untuk mengirim surat dan tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk surat bisa sampai. Sedangkan Email mampu menyampaikan pesan yang dikirm dengan cepat.
  4. Bisa diakses dimana saja, cukup memiliki Smartphone dan akun gmail. Anda sudah bisa mengakses email dan membaca pesan yang masuk.
  5. Memiliki fitur yang dapat mengirim pesan secara massal, jadi tidak perlu mengirimkan pesan satu persatu karena bisa dikirim dalam bentuk kelompok atau grup.

Akhir Kata

Sebagai salah satu kemajuan teknologi saat ini, Email wajib Anda gunakan karena mampu mengirimkan pesan dengan mudah dan cepat. Sekian dulu tutorial yang kami berikan. Jika ada yang mau ditanyakan jangan lupa meninggalkan komentar. Terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengirim File PDF Lewat Email di HP"

close