Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Palet Warna di Canva


 Palet warna adalah suatu kumpulan warna yang sering digunakan untuk mewarnai desain. Dengan adanya fitur ini kita tidak perlu repot-repot mencari warna untuk desain yang mau dikerjakan. Adapun pilihan warna yang disediakan dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Pada aplikasi Canva kita bisa membuat palet warna dengan mudah, lebih bagusnya lagi pengguna aplikasi ini dapat memasukkan palet yang ada di internet sehingga kita tidak akan kehabisan warna pada saat membuat desain seperti poster, brosur, kalender dan desain lainnya. Bagi Anda yang masih belum tahu caranya maka sebaiknya simak artikel ini.

Cara Membuat Palet Warna di Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang bisa digunakan di HP maupun Laptop dan PC, Ada banyak fitur yang disediakan sehingga mampu bersaing dengan aplikasi lainnya yang sudah dari dulu ada seperti Photoshop dan CorelDarw. Salah satu fitur di Canva yang sangat dibutuhkan yaitu Color atau warna yang berfungsi menyimpan banyak pilihan warna.


Jika ada warna yang belum tersedia maka kita dapat membuatnya sendiri. Kebetulan pada pembahasan ini sobat-tutorial memberikan langkah-langkah dalam membuat palet warna di aplikasi Canva. Jadi Anda bisa mempelajari bagaiman caranya, untuk penjelasannya juga dilengkapi dengan gambar sehingga mudah dimengerti.

Cara Membuat Palet Warna di Canva


Sebelum mengikuti tutorial ini pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Canva di HP Android atau iPhone yang Anda pakai. Jika tidak ingin menggunakan aplikasi maka silahkan kunjungi situs Canva.com untuk memulai membuat palet warna. Adapun tutorialnya dapat dipelajari sebagai berikut.

  • Pertama masuk di Canva dan klik ikon tambah dibagian kanan bawah.
  • Pilih opsi Ukuran Khusus lalu tentukan ukuran desain yang mau dibuat. Sebagai contoh disini menggunakan ukuran 720x720 dan klik tombol Buat Desain Baru.
Cara Membuat Palet Warna di Canva
  • Selanjutnya masuk di pencarian Google dan ketikkan palet warna pastel atau sejenisnya yang mau Anda gunakan. Jika sudah silahkan unduh gambar palet warna tersebut.
  • Setelah masuk di halaman kanvas, klik tombol tambah dibagian kiri dan pilih menu Galeri. Silahkan masukkan gambar palet warna yang sudah Anda unduh dengan memilih tombol tambahkan ke halaman.
  • Langkah berikutnya masukkan elemen yang mau Anda berikan warna, caranya klik ikon tambah dan pilih menu Elemen. Sebagai contoh sobat-tutorial memasukkan elemen bentuk atau Shape.
Cara Membuat Palet Warna di Canva
  • Untuk mengubah warna elemen sesuai dengan warna pada palet yang sudah ada, caranya pada halaman kerja scroll ke kanan tool yang ada dan pilih Tool Warna.
  • Nanti Anda bisa melihat kumpulan warna pada palet gambar yang dimasukkan tadi pada pilihan Warna Foto.
  • Silahkan gunakan warna pada palet sesuai dengan kebutuhan.
  • Selesai.

Gunakan Color Wheel yang berfungsi untuk memberikan kombinasi warna yang menarik pada desain Canva yang Anda buat. Jika ada bagian menu dan tool yang belum ada di aplikasi Canva yang Anda pakai maka solusinya lakukan Update agar fitur yang belum tersedia dapat ditampilkan sehingga mempermudah mengerjakan projek.

Baca juga:

Cara Melihat Kode Warna di Canva

Hampir mirip dengan aplikasi desain lainnya, di Canva juga dapat memasukkan kode warna, Jika ingin melihat dan menggunakan kode warna di Canva maka sebaiknya ikuti tutorial berikut ini.

  • Langkah pertama masukkan elemen yang mau diberikan warna.
  • Kemudian pada pilihan tool yang ada klik tool warna.
  • Lalu pilih opsi Tambah Warna Merek di Kit Merek.
  • Nanti Anda diarahkan ke halaman Kit Merek, pada bagian Palet Warna klik ikon tambah yang tampil.
  • Selanjutnya Anda bisa melihat kumpulan warna lengkap dengan kode warna yang ada.
  • Silahkan pilih warna yang Anda suka dengan memasukkan kode warna yang sedang dicari. Dengan begitu Anda dapat mengubah warna pada gambar.
  • Selesai.

Akhir Kata

Palet warna sangat berperan penting dalam menampilkan warna desain yang disukai. Gunakan warna sesuai kebutuhan dan kemauan klien. Demikianlah tutorial mengenai cara membuat palet warna di Canva, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih. 

Post a Comment for "Cara Membuat Palet Warna di Canva"

close