Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Copy Paste di Excel Agar Tidak Berubah


 Terkadang pada saat kita mencopy data pada tabel Excel ke Sheet lainnya tabel yang di copy mala terlihat berantakan sehingga membuat pekerjaan kita menjadi bertambah. Hal seperti ini sudah menjadi masalah yang sering dialami oleh pengguna Microsoft Excel termasuk saya sendiri, padahal sudah dicopy dan dipaste ke halaman kosong masih tetap berantakan.


Cara copy paste tabel Excel agar hasilnya sama dapat dilakukan menggunakan 2 cara yaitu melalui menu paste pada Ribbon dan menggunakan paste Option, nah kedua cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat sehingga mempermudah pekerjaan Anda di Microsoft Excel, tentu saja saya sudah mencobanya dan berhasil.

Microsoft Excel sudah menjadi aplikasi yang mampu mengolah dan menghitung data dengan baik, inilah yang membuat banyak orang sangat menyukai software buatan Microsoft. Ada banyak fitur yang disediakan dan penggunaannya juga mudah dimengerti misalnya fitur mencopy paste data pada sel yang berperan penting dalam mempercepat pekerjaan.


Nah pada artikel ini sobat-tutorial memberikan penjelasan mengenai cara mencopy paste di Excel supaya tidak berubah atau berantakan. Jika tertarik mempelajarinya maka simak baik-baik langkah-langkah yang diberikan.

Cara Copy Paste di Excel Agar Tidak Berubah


Seperti yang sudah dijelaskan di atas kita akan memakai 2 cara dalam mencopy paste tabel di Excel yaitu melalui menu paste pada Ribbon dan paste Option. Untuk tutorialnya silahkan disimak berikut ini.

1. Copy Paste di Excel menggunakan Paste pada Ribbon.

Paste pada Ribbon dapat ditemukan pada tab menu Home, berikut tutorial yang bisa dipelajari:

  • Pertama buka file Excel yang mau Anda copy.
  • Kemudian block atau seleksi tabel Excel, tekan CTRL + C pada keyboard untuk mencopy.
  • Pilih area sel dimana tabel mau di paste. Jika mau pindah antar Sheet maka pilih Sheet yang mau dipakai.
  • Selanjutnya pilih Tab Menu Home dan pada bagian grup Clipboard pilih Paste.
Cara Copy Paste di Excel Agar Tidak Berubah
  • Nanti tampil opsi Paste yang bisa digunakan, disini pilih jenis paste Keep Source Column Width. Seperti pada gambar di atas.
  • Kemudian Anda akan melihat tabel yang dipaste akan sama dengan tabel aslinya.
  • Selesai.

Jika ingin print tabel Excel namun takut jika ada bagian yang terpotong maka sebaiknya baca artikel ini cara print Excel agar garis tidak hilang.

Baca juga: Cara Mengunci Rumus di Excel

2. Copy Paste di Excel melalui Menu Paste


Menu Paste akan muncul pada saat Anda selesai meletakkan tabel ke Sel atau Sheet baru yang bisa dilihat pada pojok kanan bawah tabel. Berikut tutorial yang bisa Anda pelajari.

  • Seperti biasa seleksi tabel Excel yang mau Anda copy. Klik CTRL + C untuk memulai mencopy.
  • Silahkan pilih Sel atau Sheet yang nanti tempat tabel mau dipaste.
  • Kemudian paste data pada tabel seperti biasa dengan memakai tombol Shortcut CTRL + V. Jika terlihat berantakan Anda tidak usah khawatit.
  • Kita bisa memperbaikinya dengan melakukan klik pada ikon paste Option dibagikan pojok kanan bawah tabel (Tulisan CTRL).
Cara Copy Paste di Excel Agar Tidak Berubah
  • Selanjutnya klik simbol CTRL dan klik opsi Keep Source Column Width yang bentuk simbolnya arah kiri dan kanan.
  • Nanti Anda bisa melihat tabel yang di paste ke Sheet menjadi sama seperti tabel aslinya.
  • Selesai.

Jika ingin melakukan copy paste di Excel dari horizontal ke vertikal maka sebaiknya buat halaman kerja baru dan ubah orientasi kertas menjadi Landscape. Kemudian pastekan tabel dengan mengikuti cara yang ada di atas.

Akhir Kata

Dengan memakai cara di atas maka kita bisa memindahkan tabel Excel tanpa perlu khawatir menjadi berantakan. Anda bisa menerapkan tutorial ini disemua versi Microsoft Excel, demikianlah tutorial mengenai cara copy paste di Excel agar tidak berubah. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Copy Paste di Excel Agar Tidak Berubah"

close