Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Foto 4x6 di Word


 Foto ukuran 4x6 sering digunakan pada saat melamar pekerjaan, tidak sedikit dari kita yang membawa foto ke percetakan karena tidak tahu bagaimana membuatnya. Sebenarnya kita bisa membuat foto 4x6 di Word dengan mudah sehingga tidak usah repot-repot mengeluarkan uang untuk menyuruh orang di percetakan.


Microsoft Word selain digunakan untuk mengetik dokumen, pengguna juga bisa mengatur ukuran foto yang mau di cetak misalnya foto 2x4, 3x6 dan 4x6. Jadi kita tidak perlu menggunakan aplikasi edit foto seperti Photoshop dan Canva karena sudah ada tool yang mampu membuat dan mengatur ukuran foto di Word.

Jadi kita bisa foto sendiri di rumah dan membuat foto 4x6 sendiri sehingga tidak perlu repot-repot keluar rumah. Anda hanya perlu menyiapkan laptop dan printer. Namun kendala yang biasa kita jumpai adalah masih ada yang belum tahu berapa ukuran foto 4x6 jika dibuat di Microsoft Word.


Nah pada pembahasan kali ini sobat-tutorial memberikan langkah-langkah dalam membuat ukuran foto 4x6 di Microsoft Word. Jadi Anda yang mencari tutorialnya sebaiknya simak baik-baik penjelasan yang diberikan agar bisa dimengerti.

Cara Membuat Foto 4x6 di Word


Untuk versi Microsoft Word yang digunakan bisa 2007, 2010, 2013, 2016 dan 2019. Pada tutorial ini memakai Word 2013, Anda juga bisa memakai versi lainnya karena caranya sama. Adapun tutorialnya dapat dipelajari sebagai berikut.

  • Langkah pertama buka aplikasi Microsoft Word di Laptop atau PC yang Anda pakai.
  • Lalu masuk di halaman kerja dan pilih ukuran kertas melalui menu Page Layout > Size. Gunakan ukuran kertas sesuai dengan kertas yang Anda miliki.
  • Setelah itu masukkan pas foto yang mau Anda atur ukurannya dengan cara pilih menu Insert > Picture. Pastikan foto sudah tersimpan di perangkat yang dipakai agar bisa dimasukkan ke Word.
  • Jika foto sudah masuk, sekarang kita bisa mengatur ukurannya jadi 4x6, caranya klik foto dan pilih menu Format. Pada bagian Size klik ikon arah panah yang ada di sudutnya. Seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Membuat Foto 4x6 di Word
  • Nanti akan muncul jendela Layout. Pilih menu Size, Hapus centang pada opsi 'Lock Aspect Ratio' dan 'Relative to Original Picture Size' agar foto bisa di atur sesuai keinginan.
  • Selanjutnya pada kolom Height isikan 5,59 cm dan kolom Width isikan 3,81 cm.
  • Klik tombol OK untuk melihat hasilnya.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Hitam

Mengubah Satuan Ukuran Menjadi CM di Word

Jika Microsoft Word yang Anda gunakan tidak memakai satuan Centimeter, maka Anda bisa mengubahnya melalui menu Options. Jika belum tahu caranya maka simak tutorial di bawah ini.

  • Pertama pilih menu File > Options.
  • Nanti akan tampil jendela Options. Disini pilih opsi Advanced lalu scroll ke bawah sampai menemukan Grup Display.
  • Pada bagian Grup Display klik opsi Show Measurements in units of. Silahkan ubah jadi Centimeter agar satuan ukuran yang digunakan bisa menjadi CM.
  • Klik tombol OK untuk menerapkan perubahan.
  • Jika sudah silahkan atur kembali pas foto Anda sesuai tutorial di atas.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Melingkari Tulisan di Word

Cara Print Foto 4x6 di Word

Terlebih dahulu duplikat sebanyak-banyaknya pas foto yang mau dicetak. Untuk cara print foto di Word yaitu klik tombol CTRL + P pada keyboard. Bisa juga masuk di menu File > Print. Lalu tentukan jenis printer yang mau dipakai. Jangan lupa juga atur ukuran kertas yang mau dipakai. Jika sudah pilih tombol OK untuk memulai mencetak foto. Tunggu beberapa saat sampai foto berhasil di cetak.

Akhir Kata

Itulah tutorial cara membuat foto 4x6 di Word. Semoga bisa dimengerti dan bermanfaat bagi Anda dan teman-teman lainnya. Sangat jarang orang tahu tutorial ini silahkan Anda bagikan artikel ini supaya mereka yang belum tahu bisa mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Foto 4x6 di Word"

close