Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Foto 3x4 di Photoshop


 Photoshop merupakan aplikasi yang dapat mengedit foto misalnya membuat foto 3x4, selain itu kita juga bisa mengganti latar belakang foto menjadi merah dan biru. Kebutuhan mencetak foto ukuran 3x4 semakin meningkat dikarenakan sudah menjadi persyaratan dalam mendaftar pendidikan dan melamar pekerjaan.


Membuat foto 3x4 di Photoshop akan menjadi pembahasan utama kita dalam artikel ini. Jadi jika Anda sedang mencari tutorialnya maka silahkan simak baik-baik penjelasan yang diberikan. Sudah sering kita temukan usaha percetakan yang memakai aplikasi Adobe Photoshop untuk mengatur ukuran foto mulai dari 2x3, 3x4, 4x6 dan ukuran lainnya.

Ini dikarenakan Photoshop memiliki tool yang cukup lengkap dan tampilan antar muka yang dimiliki mudah dimengerti sehingga sangat mudah kita mengedit foto dan gambar. Saya sendiri sudah lama menggunakan aplikasi ini dan cukup nyaman memakainya.


Nah cara Resize foto 3x4 di Photoshop dapat Anda pelajari di artikel yang sedang dibaca ini. Untuk versi Photoshop yang digunakan bisa versi CC (Creative Cloud) dan CS (Creative Suite). Jadi tidak usah khawatir jika memakai versi Photohsop yang berbeda.

Cara Membuat Foto 3x4 di Photoshop


Untuk versi yang sobat-tutorial pakai yaitu Photoshop CC 2017. Anda bisa memakai versi yang lain karena tool yang dipakai dapat ditemukan di semua versi Photoshop yang ada. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda pelajari.

  • Pertama buka aplikasi Photoshop yang Anda instal di PC atau Laptop.
  • Kemudian cari dan masukkan foto dengan memilih menu File > Open. Bisa juga melakukan drag pada foto ke dalam Photoshop.
  • Setelah foto sudah berhasil dimasukkan, maka silahkan klik foto dan pilih menu Image > Image Size untuk memulai mengatur ukuran foto jadi 3x4.
Cara Membuat Foto 3x4 di Photoshop
  • Nanti muncul jendela Image Size. Atur satuan ukuran menjadi Centimeter lalu pada kolom Width isikan 2.8 cm dan Height 3.8 cm. Pada kolom Resolution atur menjadi 300 atau 500 agar foto tidak pecah dan terlihat kecil.
  • Jika sudah, klik tombol OK untuk melihat hasilnya.
Cara Membuat Foto 3x4 di Photoshop
  • Selanjutnya tentukan ukuran kertas yang mau dipakai dengan memilih menu File > New. Jangan lupa atur Color Mode menjadi CMYK agar warna foto saat dicetak menjadi sempurna.
  • Silahkan drag foto 3x4 tadi ke dalam kanvas ukuran A4. Untuk menduplikat foto menjadi banyak agar bisa di cetak sesuai kebutuhan, caranya klik layer foto dan pilih opsi Duplicate Layer. Lalu tarik layer ke area kertas kosong.
  • Selesai.

Jika ingin mengganti background foto menjadi merah atau biru, Anda terlebih dahulu menyeleksi foto menggunakan Pen Tool kemudian menekan tombol Enter lalu menghapus latar dengan memilih tombol Delete.

Baca juga: Cara Menambah Font di Photoshop

Menyimpan Foto 3x4 di Photoshop

Setelah selesai mengecilkan foto jadi 3x4 maka tahap selanjutnya adalah menyimpannya. Caranya sangat mudah dilakukan yaitu pilih menu File > Save As. Lalu pilih Save As Type jadi JPEG. Cara lainnya yaitu pilih menu File > Export > Export As. Terakhir klik tombol OK. Selesai.

Baca juga: Ukuran Banner 1x1 Meter di Photoshop

Ukuran umum pas foto yang sering digunakan

  1. Ukuran foto 4x6 yaitu 3.8x5.6 cm.
  2. Ukuran foto 3x4 yaitu 2.8x3.8 cm.
  3. Ukuran foto 2x3 yaitu 2.2x2.8 cm.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara membuat foto 3x4 di Photoshop. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika ada penjelasan di atas yang masih belum dimengerti jangan lupa berikan komentar agar bisa kami bantu. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Membuat Foto 3x4 di Photoshop"

close