Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Ruler di Excel


 Ruler merupakan salah satu tool yang ada di Microsoft Excel yang sering digunakan untuk mengatur berbagai jenis objek yang ada pada Cell seperti teks, gambar dan tabel. Sehingga penggunaan Ruler ini sangat penting dalam mengerjakan berbagai macam tugas, di Excel kadang tool ini tidak tampil sehingga membuat pengguna kesulitan mencarinya.


Cara menampilkan Ruler di Excel sebenarnya mudah untuk dilakukan, Anda bisa memunculkannya melalui opsi Customize Ribbon yang ada di jendela Excel Options. Namun sebagian orang masih belum tahu caranya, nah jika Anda salah satunya maka sebaiknya simak baik-baik artikel yang sedang dibaca ini karena sudah ada tutorial khusus yang mempelajari bagaimana memunculkan Ruler.


Penggunaan Ruler di Microsoft Excel hanya bisa digunakan pada tampilan mode Page Layout, Ruler nanti akan muncul menyerupai penggaris disamping kiri dan atas halaman kerja Excel. Ada banyak orang kantoran yang memakai Ruler dikarenakan bisa membantu merapikan data yang dibuat, Anda juga bisa menggunakannya untuk merapikan tabel dan data lainnya.

Cara Menampilkan Ruler di Excel


Pada tutorial ini menggunakan Microsoft Excel 2013, namun Anda juga bisa memakai versi Excel 2007, 2010, 2016 dan 2019 karena Ruler yang akan ditampilkan caranya sama dengan versi lainnya. Untuk langkah-langkahnya bisa dipelajari sebagai berikut.

  • Pertama buka Microsoft Excel di laptop atau PC yang Anda gunakan.
  • Lalu buka file Excel yang ingin Anda tampilkan Ruler. Bisa juga membuka file baru, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah masuk ke halaman kerja Excel. Pilih Menu File > Options.
Cara Menampilkan Ruler di Excel
  • Nanti muncul jendela Excel Options, disini pilih Menu Customize Ribbon.
  • Silahkan ubah Choose Commands From menjadi All Tabs. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Menampilkan Ruler di Excel
  • Kemudian pada bagian Tabs, pilih View > Show.
  • View merupakan salah satu Tab yang ada di Excel, setelah itu klik opsi Show maka nanti muncul Ruler.
  • Untuk menambahkannya ke Tab View agar bisa tampil di halaman kerja Excel caranya pilih Ruler dan klik tombol Add supaya bisa pindah ke kolom Customize Ribbon tabs View.
  • Jika sudah tekan tombol OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Selesai.

Selain Ruler, Anda juga dapat menampilkan toolbar di Excel lainnya melalui jendela Excel Options dengan memilih Customize Ribbon.

Baca Juga: Cara Mengatasi Excel Lemot

Menggunakan Ruler di Microsoft Excel

Jika sudah berhasil memunculkan Ruler maka Anda sudah bisa menggunakannya di Excel, untuk letak Ruler di Excel terdapat pada tab View dibagian Grup Show. Jika Ruler terkunci maka solusinya adalah halaman kerja harus masuk ke mode Page Layout karena Ruler Excel hanya bisa dipakai pada mode tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menampilkan Ruler di Microsoft Excel, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika dirasa tutorial ini membantu Anda silahkan bagikan ke teman maupun keluarga yang sering memakai Excel supaya mereka juga bisa mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menampilkan Ruler di Excel"

close