Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencerahkan Foto di Word


 Kendala yang sering kita alami pada saat memasukkan foto ke halaman kerja Microsoft Word adalah gambar terlihat gelap sehingga pada saat di cetak menghasilkan objek foto yang tidak jelas. Jika foto dipakai pada saat mendaftar pekerjaan maka akan mengakibatkan penampilan kita yang ada di foto menjadi tidak terlihat menarik. Maka dari itu kita harus bisa membuat foto menjadi terlihat cerah.

Cara mencerahkan foto di Word sebenarnya cukup mudah dilakukan karena sudah ada fitur mencerahkan gambar yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Namun bagi orang yang jarang mengedit foto di Word biasanya akan kesulitan membuat foto menjadi cerah. Nah jika Anda ingin mempelajarinya maka simak baik-baik penjelasan yang diberikan di artikel ini.


Meskipun Microsoft Word dibuat untuk mengolah kata namun tetap memberikan fitur mengedit foto jadi cerah dikarenakan ada beberapa dokumen yang diketik dan dicetak mengharuskan memasukkan foto maupun gambar. Contohnya laporan Proposal dan Skripsi yang sedang dikerjakan oleh mahasiswa.


Selain itu kita juga biasa memanfaatkan Word untuk mencetak foto berbagai ukuran, nah disinilah pentingnya memahami bagaimana mencerahkan foto agar terlihat jelas. Pada pembahasan ini sudah ada tutorial yang bisa Anda pelajari, jadi jika tertarik maka silahkan luangkan waktu dalam mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Cara Mencerahkan Foto di Word


Adapun versi Microsoft Word yang digunakan bisa semua versi misalnya 2010, 2013, 2016 dan 2019. Jadi tidak perlu khawatir jika memakai versi yang berbeda dengan kami yang menggunakan Word 2013. Nah sebelum mengukuti tutorial ini pastikan sudah menyiapkan foto yang mau dicerahkan. Jika sudah maka silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

  • Pertama buka Microsoft Word yang Anda gunakan.
  • Lalu masuk di halaman kerja dan atur ukuran kertas yang mau dipakai.
  • Kemudian masukkan foto dengan klik Menu Insert > Picture.
  • Jika foto sudah dimasukkan, sekarang kita akan mencerahkan foto dengan melakukan klik pada foto lalu memilih menu Format > Corections.
Cara Mencerahkan Foto di Word
  • Silahkan pilih tingkat kecerahan yang ada pada bagian Brightness dan Contrast, nanti foto akan menjadi cerah dan terlihat lebih baik dari sebelumnya.
  •  Jika sudah maka Anda sudah dapat mencetak foto sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Membuat Foto 4x6 di Word

Dengan mengikuti tutorial di atas kini Anda sudah bisa mencerahkan foto di Microsoft Word. Jika ingin menyimpan foto tersebut ke bentuk JPEG sebaiknya lakukan screenshot pada foto karena MS Word tidak dapat menyimpan dokumen dalam bentuk format gambar.

Memperjelas Gambar di Word

Selain membuat foto menjadi cerah, kita juga bisa memperjelas gambar di Microsoft Word. Adapun tutorialnya cukup mudah dilakukan yaitu dengan melakukan klik pada foto lalu memilih menu Format > Corections > Picture Corections Options. Selanjutnya muncul jendela Format Picture di sebelah kanan.

Pada bagian Sharpen/Soften. Naikkan tingkatan Sharpness di atas 50% misalnya 60%. Nanti Anda akan melihat foto menjadi terlihat jelas. Jika dirasa masih kurang jelas maka Anda dapat menaikkan lagi sampai 100%. Jangan lupa atur Contrast dan Brightnees foto agar menjadi terlihat lebih baik.

Baca juga: Cara Mengatur Kecerahan di Windows 10

Memutar Arah Gambar di Word

Jika ingin mengatur rotasi foto yang sedang Anda edit, caranya klik foto lalu pilih Menu Format > Rotate atau rotasi yang ada pada grup Arrange. Anda bisa memutar posisi gambar menjadi vertikal dan horizontal bahkan diputar menjadi 90 derajat juga bisa. Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara mencerahkan foto di Word. Jangan lupa bagikan artikel ini agar orang lain dapat mempelajari tutorial ini. Meskipun fitur editing foto pada Word masih belum lengkap dibanding aplikasi edit foto seperti Photoshop, namun sudah bisa membantu pekerjaan kita jadi lebih mudah. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mencerahkan Foto di Word"

close