Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Warna Merah Bendera Indonesia


 Kode warna merah bendera Indonesia sering dicari oleh orang yang ingin membuat dan mencetak gambar bendera Indonesia yang nanti akan dijadikan untuk kebutuhan desain dan sebagainya. Kode warna merupakan suatu cara yang dapat dipakai dalam memilih warna tertentu yang nanti bisa diterapkan pada objek desain.

Kode Warna Merah Bendera Indonesia

Warna yang dipilih nantinya dapat ditampilkan dalam bentuk kode yang terdiri dari angka dan huruf yang mudah dibaca oleh program komputer. Selain itu juga bisa dibaca oleh software desain grafis yang dipakai dalam membuat bendera Indonesia. Terdapat 2 jenis format kode yang sering dipakai yaitu CMYK yang khusus media cetak dan RGB untuk media digital.


Nah pada pembahasan kali ini sobat-tutorial memberikan kode warna merah bendera Indonesia yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu sebaiknya baca artikel ini sampai selesai agar bisa tahu jenis kode warna merah yang dipakai oleh bendera tanah air kita yang tercinta.


Namun perlu Anda ingat bahwa kode warna hanya bisa diterapkan pada aplikasi yang menyediakan menu Color Fill atau Solid Color yang fungsinya menampilkan berbagai macam warna dengan kode warna yang bisa dimasukkan.

Kode Warna Merah Bendera Indonesia


Perlu Anda tahu warna Bendera Indonesia sudah diatur dalam UU No.24 tahun 2009 tentang bendera negara. Untuk warna merah pada bendera Indonesia mempunyai kadar RGB (Red, Green dan Blue) dengan kode warna merah #ff0505 dan warna putih memiliki kode warna #ffffff. Untuk memasukkan kode warnya bisa melalui aplikasi Photoshop, untuk caranya bisa Anda lihat sebagai berikut:

  • Pertama buka aplikasi Photoshop di PC atau laptop Anda.
  • Pilih jenis ukuran kertas yang mau dipakai misalnya A4. Kik tombol OK untuk masuk ke halaman kerja.
  • Selanjutnya buat objek Shape kotak dengan memilih Rectangle Tool yang ada pada Toolbars.
  • Kemudian klik 2x objek kotak agar menampilkan jendela Solid Color. Silahkan masukkan kode warna merah bendera Indonesia #ff0505 tanpa tanda pagar (#).
  • Nanti Shape kotak berubah menjadi merah. Klik tombol OK untuk menerapkan warna tersebut.
  • Lakukan hal yang sama untuk membuat warna putih dengan kode warna #ffffff.
  • Selesai.

Baca juga: Kode Warna Merah Background Foto

Arti Warna Bendera Merah Putih

Rasanya tidak lengkap membahas warna bendera Indonesia tanpa mengetahui arti dari dua warna yang ada. Untuk warna merah memiliki arti berani dan putih artinya suci. Warna putih memiliki makna jiwa manusia yang suci dan bersih. Sedangkan merah memiliki makna tubuh manusia yang terdapat darah merah yang mengalir.

Alasan warna bendera kita merah dan putih adalah karena mencakup pada diri kita yaitu merah darah kita dan putih tulang kita yang menjadi kesatuan dari jiwa yang bersih dan merah yang berani.

Nama lain dari bendera Indonesia adalah bendera pusaka, sang saka merah putih dan sang Dwiwarna. Pada saat pembuatan bendera merah putih untuk pertama kalinya dijahit oleh ibu Fatmawati yang merupakan istri dari presiden Soekarno.

Baca juga: Kode Warna Merah Maroon

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai kode warna merah bendera Indonesia. Semoga dapat berguna untuk Anda. Untuk kode warna yang diberikan silahkan Anda bagikan ke teman-teman lainnya yang membutuhkan. Sampai jumpa di artikel berikutnya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Kode Warna Merah Bendera Indonesia"

close