Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memunculkan Sheet di Excel yang Tersembunyi


 Sheet merupakan lembar kerja yang ada di Excel, kita bisa menambahkan Sheet sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan. Namun ada sebagian pengguna Microsoft Excel yang kesulitan menampilkannya akibat tersembunyi, tentu akan merepotkan jika ingin mengerjakan dokumen hanya satu lembar kerja saja.

Cara memunculkan sheet di Excel dapat dilakukan melalui menu format, klik kanan sheet dan menggunakan Custom Views. Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan, jika Anda ingin menampilkan sheet namun masih belum tahu caranya maka sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.


Berbeda dengan Microsoft Word yang bisa memunculkan halaman dengan memilih Blank Page. Pada Excel kita tidak menemukan opsi tersebut sehingga pengguna yang masih pemula dapat kesulitan menambahkan sheet di halaman kerja. Sebenarnya Excel sudah memberikan fitur Sheet disemua versi namun ada sebagian pengguna yang mengalami kasus Sheet yang tersembunyi.


Nah pada artikel ini sobat-tutorial.com memberikan tutorial dalam menampilkan sheet di Microsoft Excel sehingga Anda tidak perlu mengerjakan tugas hanya satu halaman kerja saja. Untuk versi Excel yang dipakai bisa semua versi misalnya Excel 2007, 2013, 2016 dan 2019.

Cara Memunculkan Sheet di Excel


Seperti yang sudah dijelaskan di atas ada 3 cara dalam menampilkan sheet pada Excel yaitu melalui menu format, klik kanan sheet dan Custom Views. Ketiga cara ini akan dibahas sekaligus sehingga dapat Anda mengerti.

1. Menggunakan Menu Format

Pertama kita bisa memakai menu format yang ada di Microsoft Excel. Untuk tutorialnya bisa dipelajari sebagai berikut:

  • Pertama buka Excel dan masuk ke halaman kerja.
  • Kemudian pilih Tab Home, Pada bagian grups Cells pilih Dropdown Format.
Cara Memunculkan Sheet di Excel yang Tersembunyi
  • Lalu klik opsi Hide & Unhide. Setelah itu akan muncul opsi lainnya klik pilihan Unhide Sheet agar memunculkan Sheet yang tersembunyi.
  • Selanjutnya pilih Worksheet yang mau ditampilkan dan klik OK.
  • Selesai Anda sudah berhasil memunculkan Sheet.


Untuk mengubah nama sheet caranya klik 2x sheet dan berikan nama sesuai kemauan. Jika ingin menambah woroksheet klik kanan sheet dan pilih Insert atau bisa juga menekan ikon tambah disamping sheet.

Baca juga: Cara Membuat Struktur Organisasi di Excel

2. Melakukan Klik Kanan Sheet

Selain cara di atas kita juga bisa menampilkan kembali sheet yang hilang dengan cara melakukan klik kanan. Adapun tutorialnya dapat dipelajari berikut ini.

  • Buka file Excel yang tidak menampilkan sheet.
  • Lalu klik kanan sheet yang tampil dibagian bawah.
Cara Memunculkan Sheet di Excel yang Tersembunyi
  • Kemudian klik opsi Unhide nanti akan muncul sheet yang sebelumnya tidak tampil.
  • Jika lebih dari satu maka akan muncul jendela kecil dimana kita diharuskan memilih sheet yang mau ditampilkan.
  • Selesai.

Baca juga: Cara Membuat Simbol Ceklis di Excel

3. Menggunakan Custom Views

Cara ketiga yang bisa Anda coba adalah melalui Custom Views yang berfungsi untuk menyimpan dan memuat pengaturan tampilan halaman kerja Excel.

Untuk memakai fitur ini dalam memunculkan Sheet, kita diharuskan menyimpan worksheet yang mau dimunculkan masih terlihat agar bisa memuat Custom Views pada saat mau menampilkan sheet.

Jadi kita bagi menjadi 2 bagian dimana cara pertama menyimpan Custom View dan kedua memuat Custom View yang sudah disimpan. Untuk tutorialnya bisa dilihat sebagai berikut:

  • Pertama pastikan sheet yang mau ditampilkan masih ada.
  • Silahkan pergi ke tab View dan klik opsi Custom View.
  • Kemudian klik tombol Add dan berikan nama untuk Custom View yang mau disimpan. Klik tombol OK.
  • Setelah menyimpan Custom View selanjutnya adalah memuatnya agar suatu saat bisa kita sembunyikan. Caranya seperti biasa pergi ke tab View dan klik opsi Custom View.
  • Selanjutnya pilih Custom View yang mau Anda tampilkan dan klik tombol OK. Dengan begitu kita bisa melakukan Unhide sheet Excel sekaligus.
  • Selesai.

Memunculkan Semua Sheet di Excel

Untuk menampilkan sekaligus sheet yang ada pada file Excel, Anda bisa memakai fitur Custom Views yang bisa membantu dalam memunculkan Worksheet Anda.

Silahkan save semua sheet yang ada melaui Custom View. Ketika ingin menampilkan semuanya maka Anda bisa dengan mudah melakukanya pada Custom View yang sudah dibuat.

Mengecek Sheet Tersembunyi di Excel

Untuk mengetahui apakah masih ada sheet yang masih tersembunyi caranya cukup mudah Anda hanya perlu melakukan klik pada satu tab Sheet dibagian bawah halaman kerja.

Jika pilihan Unhide berwarna abu-abu maka sudah tidak ada sheet yang disembunyikan. Sebaliknya jika warnanya hitam maka masih ada sheet yang tersembunyi. Silahkan klik Unhide untuk memunculkannya.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara memunculkan sheet di Microsoft Excel. Semoga bisa dimengerti dengan mudah. Jika ada yang mau ditanyakan jangan lupa meninggalkan komentar agar bisa kami jawab. Jangan lupa sering mampir di blog sobat-tutoria.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Memunculkan Sheet di Excel yang Tersembunyi"

close