Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Smart Guide di Photoshop


 Smart Guide merupakan penanda berbentuk garis yang berfungi untuk merapikan desain pada halaman kerja. Untuk Anda yang sedang menggunakan Photoshop kita bisa memunculkan fitur Smart Guide yang bisa digunakan untuk mempermudah menata antribut desain seperti gambar, teks, logo dan lainnya.


Cara menampilkan Smart Guide di Photoshop sebenarnya mudah dilakukan namun bagi orang yang masih pemula dalam memakai aplikasi ini tentu masih belum tahu, nah maka dari itu sobat-tutorial.com sudah membuatkan tutorial yang bisa dipelajari di artikel yang sedang Anda baca ini.

Smart Guide tidak hanya disediakan oleh Photoshop melainkan aplikasi desain lainnya seperti Ilustrator, Canva dan CorelDraw jadi penggunaan tools yang satu ini memang cukup penting diterapkan. Photoshop masih terus memberikan pembaruan agar para pengguna nyaman dalam mengerjakan projek desain salah satunya memberikan fitur Smart Guide yang bisa dipakai pada versi CS5 ke atas.


Jadi bagi Anda yang masih menggunakan Photoshop CS4 kebawah sebaiknya instal versi terbaru agar bisa menikmati fitur Smart Guide yang bisa memudahkan kita dalam menata atau mengatur posisi objek karena menampilkan garis bantu pada lembar kerja Photoshop.

Cara Menampilkan Smart Guide di Photoshop


Smart Guide tidak hanya dapat dipakai untuk mengatur objek namun bisa juga mempermudah kita untuk memposisikan layer satu dengan layer lainnya. Jadi manfaatnya sangat penting dalam mengerjakan desain. Untuk tutorial membuat garis bantu atau Smart Guide dapat dipelajari sebagai berikut:

  • Pertama buka aplikasi Photoshop di laptop atau PC yang Anda pakai.
  • Lalu pilih ukuran kertas sesuai kebutuhan misalnya A4, F4 dan sebagainya.
  • Setelah masuk ke halaman kerja pilih tab View > New Guide untuk memunculkan Smart Guide. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Menampilkan Smart Guide di Photoshop
  • Nanti muncul jendela kecil New Guide, disini pilih orientasi garis Guide yang mau dipakai misalnya posisi Vertikal dan Horizontal. Jangan lupa juga atur posisi Guide Lines.
  • Setelah itu Anda dapat melihat garis Smart Guide. Agar bisa menampilkan garis di tengah atau posisi lainnya gunakan Smart Tool yang fungsinya dapat mengerakkan garis dan objek lainnya.
  • Untuk membuat lebih dari satu garis Guide lakukan cara yang sama seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Selesai.

Supaya garis Guide tidak dapat dipindahkan maka kita bisa menguncinya dengan memakai perintah tab View > Lock Guides. Untuk membukanya kembali gunakan perintah yang sama.

Baca juga:

Mengubah Warna Smart Guide di Photoshop

Setelah selesai menampilkan Smart Guide namun ingin mengubah warna garisnya maka Anda bisa melakukannya dengan mengklik 2x garis Guide. Nanti muncul jendela Preferences, pilih opsi Guides, Grid & Slices.


Kemudian pada pilihan Canvas ubah warna garis sesuai kemauan misalnya warna Cyan, Light Blue, Red dan lainnya. Klik tombol OK di pojok kanan untuk melihat hasilnya.

Menghilangkan Smart Guide di Lembar Kerja Photoshop

Jika sudah tidak ingin memunculkan Smart Guide maka kita bisa menghilangkan garis bantu ini dengan menarik garis ke bagian luar halaman kerja sampai tidak terlihat sehingga garis Guide ini tidak nampak.

Cara ini hanya dapat menghilangkan satu persatu garis, jika Anda ingin sekaligus menghapus Guide yang ada di lembar kerja maka klik tab View dan pilih Clear Guides. Nanti semua garis Guide akan terhapus.

Akhir Kata

Itulah tutorial mengenai cara menampilkan Smart Guide di Photoshop. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dalam mengerjakan tugas. Jika masih ada yang mau ditanyakan jangan sungkan meninggalkan komentar. Sampai jumpa di tutorial berikutnya di blog sobat-tutoria.com. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Menampilkan Smart Guide di Photoshop"

close