Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Properties di Photoshop


 Bagi Anda yang sering menggunakan Photoshop namun terkadang ada tools yang tidak ditampilkan misalnya tools Properties maka sebaiknya simak artikel dari sobat-tutorial.com karena ada tutorial yang bisa Anda pelajari agar bisa menampilkan Properties maupun tools jenis lainnya. Photoshop merupakan aplikasi desain grafis yang dipakai untuk mengedit foto maupun gambar secara profesional layaknya fotografer.


Jika ada tools yang tidak nampak maka tentu dapat menggangu pekerjaan kita, biasanya ini terjadi akibat kita tidak sengaja mengotak atik tampilan lembar kerja Photoshop. Bagi orang yang sudah lama menggunakan aplikasi buatan Adobe pasti sudah tahu cara menampilkannya namun untuk mereka yang masih pemula akan kesulitan untuk memunculkan tools Photoshop.

Untuk fungsi Properties pada Photoshop yaitu dapat mengatur objek seperti Shape dengan mengubah warna dan bentuk sesuai kebutuhan. Selain itu kita juga bisa mengatur posisi gambar dan mengeditnya. Jadi fungsi tools ini sangat penting dalam mengerjakan projek desain, sangat disayangkan jika Properties tidak dapat digunakan akibat tidak tampil pada lembar kerja.


Nah jika Anda ingin menampilkan kembali Properties pada Photoshop maka kita bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Jika belum mengetahui caranya maka sebaiknya simak tutorial ini sampai selesai.

Cara Menampilkan Properties di Photoshop


Sebelum masuk ke tutorialnya pastikan sudah menginstal Photoshop pada laptop maupun komputer yang Anda miliki. Untuk tutorial ini menggunakan Photoshop CC 2017, Anda juga bisa memakai versi yang berbeda karena pengaturannya hampir sama. Berikut langkah-langkah yang dapat dipelajari.

  • Pertama buka aplikasi Photoshop dan masuk ke lembar kerja dengan memilih ukuran kanvas yang mau Anda gunakan.
  • Jika sudah masuk ke tampilan lembar kerja, pilih tab Windows dan klik sub menu Properties. Seperti contoh gambar di bawah ini.
Cara Menampilkan Properties di Photoshop
  • Nanti jendela Properties tampil di sudut kanan yang letaknya di bawah jendela History.
  • Untuk memunculkan menu lainnya yang hilang misalnya menu 3D maka Anda hanya perlu masuk ke tab Window dan pilih sub menu 3D.
  • Selesai.

Selain Properties Anda juga bisa memunculkan Smart Guide di Photoshop yang fungsinya tidak kalah penting dalam membantu Anda mengerjakan projek.

Baca juga:

Menggunakan Properties Pada Photoshop

Setelah selesai memunculkan Properties maka Anda sudah bisa menggunakannya. Jika masih belum paham bagaimana memakai tools ini maka simak tutorial di bawah ini.

  • Terlebih dahulu tentukan objek apa yang mau Anda edit. Sebagai contoh disini saya mau mengedit objek Shape.
  • Buat objek Shape dengan memilih Rectangle Tool, Ellipse Tool dan sejenisnya.
  • Jika ingin mengubah warna atau garis silahkan klik layer Shape dan pilih ikon Properties yang ada di bawah menu History di pojok kanan atas.
  • Pada tampilan Properties pilih warna yang mau dipakai misalnya merah, biru, kuning dan sebagainya.
  • Untuk mengubah sudut objek menjadi melengkung caranya masukkan angka ke kolom Top Left Corner Radius.
  • Klik arah panah yang ada di sudut kanan untuk menutup jendela Properties agar tidak mengganggu Anda bekerja.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara menampilkan Properties di Photoshop. Semoga tutorial ini bisa dimengerti dengan mudah dan bermanfaat. Gunakan tools Properties sesuai kebutuhan Anda, jika menyukai artikel ini maka seringlah mampir ke blog sobat-tutorial.com yang menyediakan beragam tutorial menarik lainnya yang bisa dipelajari. Sekian dan terima kasih.  

Post a Comment for "Cara Menampilkan Properties di Photoshop"

close