Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Hilang


 Bagi Anda pengguna Windows 10 dan pernah mengalami Bluetooth yang tiba-tiba hilang maka sebaiknya simak artikel ini karena sudah ada tutorial yang dapat membantu Anda. Windows 10 merupakan sistem operasi buatan Microsoft dan sudah banyak orang menggunakannya, saya sendiri sudah memakai Windows 10 dan sudah tahu fitur yang disediakan.

Hampir sama dengan perangkat lainnya seperti Ponsel. Laptop juga memiliki fitur Bluetooth yang bisa dipakai untuk mengirim berbagai macam file sehingga memudahkan kita dalam bekerja. Untuk mengaktifkan Bluetooth bisa melalui ikon Bluetooth yang ada dipojok kanan bawah atau melalui menu Settings.


Sebenarnya Bluetooth pada laptop tidak benar-benar hilang hanya saja shortcut atau ikonnya tidak tampil sehingga kita harus memunculkannya kembali. Biasanya ini terjadi akibat kita tidak sengaja menghapus ikon Bluetooth atau hilang akibat kesalahan program. Selain itu juga dikarenakan service Bluetooth lagi error.


Nah pada pembahasan ini sobat-tutorial.com memberikan tutorial dalam mengaktifkan Bluetooth pada laptop yang sudah terinstal sistem operasi Windows 10. Jika ingin mempelajarinya maka sebaiknya luangkan waktu Anda dalam mengikuti penjelasan yang diberikan.

Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Hilang

Silahkan nyalakan terlebih dahulu laptop Anda yang sudah memakai Windows 10. Jika sudah maka silahkan ikuti tutorial dalam mengaktifkan Bluetooth di bawah ini.

  • Langkah pertama klik ikon pencarian di taskbar atau bisa menekan ikon Windows + S.
  • Pada kolom pencarian ketikkan Bluetooth.
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Hilang
  • Pilih Bluetooth and other devices settings.
  • Selanjutnya klik opsi More Bluetooth Options yang berada disamping kanan. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.
Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Hilang
  • Berikan centang pada pilihan Show the Bluetooth icon in the notification area dan klik tombol Apply untuk menerapkan pengaturan.
  • Selesai Bluetooth pada laptop Windows 10 sudah diaktifkan dan bisa dipakai.

Selain cara di atas kita juga bisa mengaktifkan Bluetooth melalui pengaturan Bluetooth and other devices settings. Jadi meskipun ikonnya tidak tampil maka kita masih bisa mengaktifkannya. Jika masih belum bisa maka kendalanya terdapat pada driver Bluetooth yang harus diinstal ulang.

Baca juga:

Mengatasi Bluetooth Hilang di Device Manager Windows 10

Penyebab Bluetooth hilang di Device Manager yaitu driver Bluetooth tidak terinstal pada saat menginstal driver pack dari sistem operasi Windows 10.

Untuk memulai menampilkannya kembali silahkan masuk ke Device Manager dengan menekan ikon Windows + R dan ketikkan devmgmt.msc. Setelah itu klik ikon Scan For Hardware Changes agar menu Bluetooth bisa dimunculkan. Jika masih belum bisa maka solusinya adalah menginstal ulang drive Bluetooth sesuai merek dan tipe laptop Anda.

Akhir Kata

Itulah pembahasan cara mengaktifkan Bluetooth di laptop Windows 10. Semoga bisa dimengerti dan bermanfaat untuk Anda dan teman-teman lainnya. Bagikan tutorial yang sudah dibuat oleh sobat-tutorial.com kepada teman Anda agar mereka bisa juga mempelajarinya. Sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 Yang Hilang"

close